Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
7 June 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Memahami Permenkes Tentang Puskesmas

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sangat mudah dijangkau. Hampir setiap kecamatan terdapat fasilitas kesehatan ini. Dalam penyelenggaraan puskesmas ini, ada permenkes tentang puskesmas tersendiri. Aturan di permenkes tersebut dipatuhi agar proses pelayanan kesehatan di puskesmas tidak melenceng dari peraturan yang ada. 

Mengenal Puskesmas

Puskesmas merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk meningkatkan penyelenggaraan layanan kesehatan masyarakat di tingkat pertama. Biasanya pelayanan di puskesmas ini lebih mementingkan upaya promotif dan juga preventif untuk menjangkau level kesehatan masyarakat dengan baik. Puskesmas ini juga memiliki beberapa kebijakan yang berguna untuk mencapai level pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. 

Biasanya setiap puskesmas mempunyai ijin tersendiri dalam proses penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Izin ini didapat dari pemerintah daerah yang berlaku sekitar 5 tahun saja. Tetapi, perpanjangan ijin ini masih bisa dilakukan. Puskesmas juga memiliki akreditasi berkali setiap 3 tahun sekali. Akreditasi puskesmas ini merupakan suatu bentuk pengakuan yang diberikan oleh suatu lembaga independen yang disetujui oleh Menteri Kesehatan. Ini menandakan bahwa Puskesmas tersebut sudah memenuhi beberapa standar pelayanan kesehatan yang telah ada. 

Prinsip Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

Ada berbagai prinsip sederhana dalam penyelenggaraan kesehatan di Permenkes tentang puskesmas. Inilah beberapa prinsip yang harus Anda ketahui. 

  • Memiliki Pardigma Sehat 

Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan pertama untuk masyarakat, Puskesmas mendorong seluruh pihak untuk berkomitmen secara baik di dalam upaya pencegahan dan pengurangan resiko buruk terhadap kesehatan masyarakat, individu, dan kelompok dengan baik. 

  • Bertanggung Jawab terhadap Wilayah 

Puskesmas sebagai layanan kesehatan untuk masyarakat bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di wilayahnya. Selain itu, pihak pengelola Puskesmas juga bertanggung jawab pada pembangunan kesehatan bagi masyarakat di area kerjanya. 

  • Hidup Sehat dan Mandiri 

Tak hanya itu saja, sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang baik, Puskesmas mendorong kemandirian masyarakat. Puskesmas ini mampu membuat masyarakat hidup lebih sehat lagi. 

  • Padu dan Tersinambung 

Tak hanya itu saja, Puskesmas mampu mengkombinasikan pelayanan padu dan berkesinambungan melalui lintas sektor dan program sehingga manajemen pelayanan puskesmas lebih baik. Prinsip penyelenggaraan Puskesmas ini mengambil prinsip dasar di permenkes tentang Puskesmas yang sudah ada. 

Mendirikan Puskesmas

Berdasarkan permenkes yang ada, setiap kecamatan hanya memiliki satu Puskesmas saja kecuali suatu wilayah yang memiliki kebutuhan pelayanan tingkat tinggi, jumlah penduduk padat, dan aksesibilitas masyarakat. Maka pendirian puskesmas bisa lebih dari 1 di setiap kecamatan. Untuk mendirikan suatu Puskesmas, maka Anda harus memperhatikan kaidah di permenkes tentang Puskesmas yang ada. Jangan sampai pendirian puskesmas ini keluar dari peraturan yang ada. Biasanya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu lokasi, prasarana kesehatan, bangunan, peralatan kesehatan, tenaga kesehatan, farmasi, dan laborat. Persyaratan tersebut harus dikelola dengan baik untuk memenuhi indikator kepuasan pasien.

Penggunaan SIMPUS Online Trustmedis juga akan mendukung proses layanan pasien, yakni demi membantu proses pengadaan obat, manajemen stok, pemusnahan hingga transaksi obat. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Baca Juga : 4 Titik Perbaikan untuk Pelayanan Puskesmas

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram