Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
19 May 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Resume Medis Rawat Jalan Untuk Penanganan Pasien Berkelanjutan

Berdirinya sebuah bangunan pelayanan kesehatan seperti rumah sakit haruslah memiliki resume medis rawat jalan. Resume medis ini ada pada rekam medis untuk pasien yang tengah menjalani rawat jalan secara berkelanjutan. Di dalam resume medis tersebut berisi tentang diagnosis yang penting dan alergi pada obat-obatan. Selain itu juga tentang riwayat operasi maupun tindakan pada pasien serta riwayat rawat inap. 

Semua informasi tersebut haruslah ada dalam resume medis. Dengan begitu, petugas medis atau dokter bisa memberikan tindakan yang sesuai. Karena sudah ada pedomannya yang ada di dalam resume tersebut.

Resume Medis Rawat Jalan Untuk Penanganan Pasien Yang Berkelanjutan

Keberadaan resume medis ini nantinya adalah untuk bisa menjalankan penanganan pasien secara berkelanjutan. Jika resume medis rawat jalan tidak ada, maka riwayat medis rawat jalan yang sebelumnya memiliki risiko. Yakni tidak bisa terinformasi secara baik untuk dokter yang selanjutnya.  

Semakin panjang keberadaan riwayat medis, maka akan semakin besar risiko informasi yang tidak tersampaikan. Hal ini karena petugas kesehatan atau dokter tidak memiliki waktu banyak untuk membaca secara detail dan teliti. Apalagi semua catatan medis dari dokter yang sebelumnya sangat panjang.

Jika pun nantinya ada penerapan anamnesa riwayat penyakit terlebih dahulu, hal ini memiliki potensi dari pihak pasien yang bisa saja lupa. Dengan begitu, semakin panjang riwayat penyakitnya, maka semakin besar pula risiko untuk terlupa. Oleh karena itulah, keberadaan resume medis rawat jalan ini bisa menjadi penolong. Dokter bisa mengetahui riwayat klinis dari pasien yang bersangkutan.

Pelaksanaan Resume Medis Rawat Jalan

Di dalam pelaksanaan resume medis rawat jalan ini, peletakan resume adalah di bagian halaman depan rekam medis. Perawat yang bertugas akan melakukan pengisian resume yang sesuai dengan catatan medis. Di mana catatan medis tersebut adalah dari dokter yang menangani pasien. 

Untuk mengisikan resume adalah saat pasien sudah benar-benar menjalani rawat jalan secara berkelanjutan. Untuk urusan tentang batasannya yang berkelanjutan, hal tersebut tergantung pada kebijakan masing-masing rumah sakit. Ada yang menetapkan ketentuan setelah tiga kali berkunjung, maka pasien berarti sudah menjalani rawat jalan yang berkelanjutan. 

Sedangkan untuk format dari resume medis rawat jalan ini terdiri dari beberapa tabel. Pada bagian paling atas harus mengisikan data berupa nama pasien, nomor MR, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Lalu untuk tabelnya terdiri dari enam tabel. 

Tabel pertama berisi tentang tanggal dan diagnosa rawat jalan. Tabel kedua berisi tentang tanggal dan alergi. Tabel ketiga berisi tentang tanggal dan operasi atau tindakan. Tabel keempat berisi tentang tanggal dan diagnosa rawat inap. Tabel kelima berisi tentang imunisasi dan beberapa tanggal pelaksanaannya. Serta tabel keenam berisi tentang obat-obatan yang terdiri dari tanggal mulai, nama obat, dosis, frekuensi, dan tanggal selesai.

Baca juga : Prosedur Rawat Jalan yang Benar

Namun saat ini sudah tersedia aplikasi untuk pengisian rekam medis yang membuat pekerjaan tenaga medis lebih mudah. Jadi, Anda tidak perlu lagi membuat tabel-tabel sendiri dan mengisikannya secara manual. Layanan rekam medis dalam SIM RS mempermudah data sharing antar penyedia layanan kesehatan. Sistem tersebut berguna bagi layanan kesehatan rujukan atau layanan kesehatan yang memiliki jejaring. Tidak hanya itu, dengan layanan cloud, biaya infrastruktur dapat ditekan dan data sharing dapat dilakukan dengan mudah antar fasilitas kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Untuk itu SIM Trustmedis dengan teknologi cloud base bisa menjadi pilihan faskes dalam pengelolaan data rekam medis. Data pasien yang tersimpan dalam layanan cloud dapat diakses secara mobile, kapanpun, dan di manapun oleh pihak berwenang, serta jumlah data yang dapat tersimpan lebih besar dibandingkan rekam medis berbasis kertas. Cloud Trustmedis dalam hal ini bekerja sama dengan Biznet Gio selaku cloud server.

SIM Trustmedis telah menyediakan sistem pengamanan yang mencakup prosedur dan sistem pencegahan dan penanggulangan terhadap ancaman dan serangan yang menimbulkan gangguan, kegagalan, dan kerugian. Kejadian serangan siber (cyber attack) diminimalisir dengan peningkatan cyber security. Keamanan data juga dilakukan dengan membatasi akses untuk memperoleh informasi data pasien. Hal ini berkaitan dengan siapa saja yang boleh mengakses data dan rekam medis pasien.

Berikut adalah beberapa kelebihan jika menggunakan SIM Trustmedis berbasis cloud:

  • Mengurangi sumber daya

Dalam dunia kesehatan pengunaan cloud trustmedis sebagian besar untuk mendukung operasional, administarsi dan sumberdaya manusia. Bermigrasi ke cloud computing berarti mengizinkan teknologi ini untuk membantu membuat jadwal dan memudahkan manajemen untuk melakukan inventaris juga hal-hal pendukung lainnya.

  • Meningkatkan layanan kepada pasien

Cloud trustmedis akan mengurangi interaksi tatap muka hingga 70% sehingga pasien tidak perlu menunggu kedatangan dokter sampai mengurangi istirahat mereka. Hal ini dapat dilakukan karena cloud computing mengintegrasikan perawatan konvensional dengan virtual. Salah satunya dengan menyimpan data rekam medis pasien di cloud computing sehingga dengan mudah dapat diakses oleh dokter atau perawat dari mana dan kapan saja bahkan perangkat apa saja selama terhubung dengan internet dan memiliki akses.

  • Meningkatkan keamanan terutama terkait data rekam medis pasien

Seiring dengan perkembangan cloud computing terus berbenah. bahkan keamanan ini menjamin cloud merupakan tempat yang aman untuk menyimpan berbagai data sensitive termasuk rekam media pasien yang hanya boleh diakses oleh petugas media dan pasien. Walau dapat diakses dari mana dan kapan saja tetapi hanya yang memiliki akses yang dapat melihat atau mengunduh data rekam medis tersebut sehingga keamanan benar-benar terjamin.

Itulah pentingnya resume medis rawat jalan untuk melaksanakan penanganan yang berkelanjutan. Dan untuk pengisian resume, barulah bisa saat pasien sudah menjalani rawat jalan secara berkelanjutan. Di mana dengan mengisikan pada lembar dengan format khusus.

Baca juga : Lakukan Hal Ini Agar Manajemen Klinik Anda Lebih Optimal

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap.Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini [/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram