Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
15 June 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Bagaimana Penerapan Rekam Medis Elektronik Mempengaruhi Dokter dan Staf?

Selama beberapa tahun terakhir, sistem rekam medis elektronik di rumah sakit dan fasilitas kesehatan (faskes) lainnya terus berkembang. Ini adalah salah satu manfaat digitalisasi layanan kesehatan termasuk meningkatkan partisipasi pasien, koordinasi perawatan dan diagnostik, serta penghematan biaya yang substansial. Dengan sistem rekam medis elektronik yang terstruktur dengan baik, penyedia layanan kesehatan sangat merasakan peningkatan perawatan pasien dan hasil klinis yang lebih positif. Namun, perbaikan dalam diagnosis yang akurat dan perawatan pasien bukan satu-satunya perhatian bagi administrator rumah sakit. Menghindari kelelahan dokter dan meningkatkan retensi staf juga menjadi perhatian utama. Rekam medis elektronik yang baik, terbukti sangat berpengaruh terhadap dokter dan juga staf faskes.

Ketika sistem rekam medis elektronik tidak terstruktur dengan benar dan disesuaikan agar sesuai dengan alur kerja penyedia layanan kesehatan, manfaatnya dapat berkurang secara signifikan, bahkan menjadi defisit. Dokter yang menggunakan sistem rekam medis elektronik yang kurang berkembang menghadapi persyaratan dokumentasi yang sangat besar, login dan hambatan navigasi yang memakan waktu, dan penurunan tajam dalam interaksi tatap muka dengan pasien. Perawat dan staf vital lainnya seringkali memiliki peran ganda dalam memecahkan berbagai masalah klinis, administrasi, teknologi, dan keuangan setiap hari. Memikul beban kerja sendiri yang harusnya dilakukan lebih dari satu orang, mengakibatkan frustasi dan ketidakpuasan kerja. Beberapa staf akhirnya mencari pekerjaan di tempat lain atau meninggalkan industri perawatan kesehatan sama sekali. 

Penerapan rekam medis elektronik yang dijalankan dengan baik dapat memiliki efek sebaliknya dengan mengurangi beban kerja staf, mengotomatiskan proses yang membebani, dan menghilangkan hambatan komunikasi. Dengan adanya strategi manajemen tenaga kerja, staf akan bekerja lebih efisien dan mencapai keseimbangan kerja bahkan kehidupan yang lebih baik. Sistem rekam medis elektronik yang intuitif untuk digunakan, bekerja pada banyak perangkat, dan mencerminkan alur kerja fasilitas membantu memelihara dan bahkan bisa dibilang “memanjakan” dokter maupun staf faskes. 

Baca juga : Percayakan Keamanan data rekam medis dengan menggunakan cloud server

Seperti yang kita tahu, pekerjaan administrative selalu memakan banyak waktu. Dokter misalnya, sebelum penerapan sistem rekam medis elektronik, dokter menghabiskan sebagian besar waktu mereka hanya untuk mengisi dan memproses formulir. Transisi dari pencatatan berbasis kertas ke sistem elektronik dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan membebaskan waktu dokter dan juga staf untuk lebih fokus pada perawatan pasien. Oleh karena itu, ketika sistem rekam medis elektronik direncanakan dan dijalankan dengan benar, hal ini akan mendukung dokter dan mengurangi beban tugas sehari-hari mereka, merampingkan pekerjaan dan juga kemampuan mereka untuk mengakses dan memasukkan data, berbagi informasi dengan cepat dengan departemen rumah sakit lain, dan pada akhirnya menghabiskan lebih banyak pasien yang tertangani.

Layanan rekam medis elektronik berbasis cloud merupakan salah satu model baru yang mampu membantu faskes lebih berhemat. Dengan rekam medis elektronik berbasis cloud, faskes tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan seperti biaya tambahan untuk pembelian server, install berbagai macam aplikasi pendukung, pemeliharaan yang mahal, serta teknisi untuk perawatan server yang juga memakan biaya yang tidak sedikit. Untuk mendukung penyimpanan rekam medis berbasis cloud, Trustmedis memiliki pelayanan yang bernama on Cloud. Layanan Cloud Trustmedis aman dan mudah digunakan, bahkan untuk fasilitas kesehatan yang besar sekalipun. Dengan layanan Cloud Trustmedis, faskes akan dengan mudah untuk melakukan data sharing antar penyedia layanan kesehatan.

Layanan rekam medis elektronik berbasis cloud Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya mampu melihat history dan riwayat pasien, penggabungan, peminjaman, pengembalian dan Notifikasi keluar masuk rekam medis yang tertampil di TV. Fitur yang lain ialah pembuatan surat bebas narkoba, buta warna, lahir, mati, resume medis, rujukan, sehat, sakit, visum dll. Selain itu, rekam medis elektronik berbasis cloud Trustmedis juga memiliki fitur lain seperti; mencetak laporan RL, BOR, Barber Johnson, STP, TOI, ALOS, kematian, penyakit terbanyak, registrasi pasien, rujukan masuk, pasien lama baru, kunjungan lama baru, kasus lama baru, pindah kamar, sensus harian, demografi dan laporan pembuatan surat.

Baca juga : Definisi Rekam Medis Elektronik Menurut PMK 24 Tahun 2022

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap.Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram