Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
16 September 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

5 Alasan Teknologi Cloud Computing Menarik Untuk Manajemen Klinik

Tujuan utama klinik kesehatan adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara luas, yang dapat membantu menurunkan biaya keuangan dengan menjalankan sistem manajemen perawatan kesehatan. Saat ini, banyak klinik yang masih memiliki sistem manajemen lama yang tidak dapat berkomunikasi satu sama lain atau belum terintegrasi. Hal ini tentu saja mengurangi kemampuan untuk menyediakan akses informasi yang akurat dan tepat waktu kepada dokter, yang membantu mereka membuat keputusan klinis yang lebih tepat. Tidak hanya itu, sistem manajemen klinik lama memerlukan biaya yang cukup tinggi hanya untuk penyimpanan data penting termasuk data rekam medis pasien.

Munculnya teknologi cloud computing, mampu membantu klinik kesehatan untuk mengambil langkah praktis dengan memanfaatkan data kesehatan mereka serta memecahkan beberapa masalah besar dalam manajemen klinik kesehatan saat ini. Mengapa teknologi cloud computing begitu menarik bagi industri perawatan kesehatan, dan bagaimana hal itu mendukung upaya untuk meningkatkan perawatan jangka panjang individu dan mengurangi biaya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 alasan mengapa teknologi cloud computing sangat penting diterapkan dalam sistem manajemen klinik.

  1. Kolaborasi dan akses ke data klinis

Dengan Sistmen Informasi Manajemen (SIM) berbasis cloud, seperti Trustmedis, data klinis dapat dengan mudah dibagikan antar unit. Dengan begitu setiap unit dapat mengirimkan data dengan cepat dan aman di seluruh sistem klinik, menyerap dan memindahkan berbagai sumber data ke cloud, tanpa mengesampingkan keamanan data, persyaratan kepatuhan, privasi, dan juga peraturan. Dengan SIM berbasis cloud, data menjadi terpusat, dapat diakses secara real-time di mana saja dan kapan saja serta meningkatkan kolaborasi untuk membantu meningkatkan pengambilan keputusan klinis.

  1. Mengurangi biaya penyimpanan data

Klinik kesehatan harus menyimpan data dalam sistem rekam medis elektronik, portal pasien, aplikasi seluler, dan banyak lagi. SIM berbasis cloud memungkinkan organisasi perawatan kesehatan untuk menyimpan semua data yang kaya dari secara terpusat, serta menghindari biaya tambahan untuk pemeliharaaan jaringan fisik dan server. Hal ini memungkinkan secara signifikan mengurangi biaya overhead yang terkait dengan perangkat keras. Solusi SIM berbasis Cloud menghilangkan kebutuhan mahal untuk administrator sistem internal dan memungkinkan tim TI internal untuk fokus pada proyek bisnis yang lebih strategis.

  1. Memungkinkan sistem TI yang hemat biaya

Klinik kesehatan terus bergulat dengan anggaran yang ketat, memaksa mereka untuk berinvestasi dalam kegiatan sehari-hari yang membatasi kemampuan untuk berinovasi. Manfaat utama cloud bagi klinik kesehatan adalah pengurangan total biaya kepemilikan bagi penggunanya. Solusi SIM klinik berbasis cloud berjalan pada model berlangganan, yang berarti klinik kesehatan dapat menghemat uang dengan tidak membeli sistem dan peralatan lokal yang mahal. Memanfaatkan layanan end to end memberikan model biaya yang dapat diprediksi yang berarti visibilitas yang lebih baik dari biaya operasional bulanan.

  1. Memastikan keamanan data

Privasi dan keamanan data perawatan kesehatan adalah yang terpenting. Kekhawatiran umum saat mempertimbangkan untuk pindah ke cloud adalah seberapa aman data saya? Manajemen konvensional memiliki tantangannya sendiri, seperti kehilangan data klinis karena kegagalan peralatan, persyaratan peningkatan perangkat lunak, dan retensi personel TI yang terlatih dalam keamanan data. Penerapan SIM Trustmedis hadir dengan keamanan yang siap pakai, patuh dan tangguh untuk memastikan keamanan dan ketahanan data perawatan kesehatan penting, dan mematuhi pedoman dari kemenkes.

  1. Mencapai interoperabilitas yang lebih luas 

Organisasi perawatan kesehatan membutuhkan pandangan lengkap tentang catatan perawatan kesehatan. Secara historis ini telah berfokus pada interoperabilitas data. Tetapi ke depan, klinik perlu memperluas pendekatan ini untuk memasukkan interoperabilitas semantik dan sintaksis, untuk memastikan arti dan penggunaan standar umum dan bahasa yang digunakan. Dengan platform teknologi di SIM Trustmedis, klinik kesehatan dapat membuat solusi yang dibuat khusus yang memberikan pandangan yang lebih jelas tentang catatan perawatan kesehatan dengan lebih praktis dan juga ekonomis.

Baca juga : Cara mengembangkan klinik dengan aplikasi booking online

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram