Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
22 May 2020
Baskoro Aris Sansoko

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Kenali Target Pasar Anda dengan Data Pasien

Pada lingkungan sektor layanan kesehatan hari ini, adalah hal yang menantang bagi faskes untuk menentukan titik letak peluang berada. Hal ini berakar dari sedikitnya akses faskes pada data-data yang bernilai dan kemampuan untuk melakukan analisis pada kumpulan data yang ada, termasuk data pasien untuk kenali target pasar.

Inti dari mengenali peluang bagi faskes adalah mengenali terlebih dahulu kebutuhan-kebutuhan pasien. Tidak sekadar pasien, kebutuhan pasien yang harus diketahui adalah pasien dari wilayah geografis, segmentasi, atau lini tertentu.

Sayangnya, banyak faskes hari ini belum memiliki kemampuan analisis data untuk menggali wawasan dari data-data ini. Seringkali hal ini disebabkan oleh silo data pasien dalam faskes Anda. Silo data adalah masing-masing departemen atau unit di faskes Anda memiliki data masing-masing dan tidak terintegrasi. Hal ini mengurangi efisiensi dan bisa jadi sumber kerumitan di masa depan.

Oleh karena itu, Anda perlu kembali memperhatikan data pasien untuk kenali target pasar Anda. Dengan demikian, faskes Anda mampu susun keputusan-keputusan terbaik sesuai dengan kebutuhan pasien.

Data Geografis Pasien untuk Kenali Target Pasar Faskes Anda

Salah satu cara paling kuat untuk mengenali peluang pertumbuhan dalam faskes Anda adalah dengan memanfaatkan kelebihan dari data pasien dari sisi geografis. Hal ini membuat Anda perlu untuk mengenali demografi, psikografi, dan clinical propensity dari pasien di wilayah tertentu.

Informasi ini kemudian perlu untuk Anda mereferensikan secara silang informasi tersebut dengan informasi-informasi mengenai lanskap kompetisi dan dinamika pelayanan kesehatan. Setelah Anda melakukan analisis ini, Anda dapat menentukan lokasi-lokasi panas yang memiliki permintaan tinggi akan adanya pelayanan kesehatan dan dapat memanfaatkan hal ini sebagai peluang untuk faskes Anda tumbuh.

Lebih baik lagi apabila Anda mampu untuk melihat bagaimana kompetitor Anda dalam kondisi geografis tersebut. Lihatlah kondisi-kondisi klinis apa yang kompetitor di area yang sama sudah unggul. Hal ini bisa Anda hindari selagi Anda mencari wilayah fokus yang menjadi peluang terbaik untuk faskes Anda. Anda juga bisa mendapatkan analisis lebih tajam apabila memiliki data tentang diagnosis atau prosedur yang banyak digunakan, lokasi pelayanan, dan bagaimana pasien membayar perawatan.

 

Baca Juga : Hal-Hal Penting dalam Manajemen Pelayanan Pasien Rawat Inap

 

 

Optimalkan dan Pusatkan Data Pasien Faskes Anda

Apabila dinamika dalam lanskap sektor layanan kesehatan tidak begitu dipahami sebelum melaksanakan strategi untuk membuka peluang pasar baru, strategi faskes Anda bisa saja salah arah. Transparansi data dalam hal ini menjadi fundamental untuk meraih kesuksesan dalam melakukan kampanye pemasaran.

Faskes Anda dapat memperoleh pandangan menyeluruh atau bird’s eye view pada data yang ada. Hanya saja untuk mewujudkannya, Anda harus mengatur data-data pasien secara terpusat. Data terpusat adalah lawan dari silo data. Silo data, yang banyak terjadi di faskes, membuat data-data pasien tidak mudah diakses pada satu sumber.

Setelah Anda menghilangkan silo data pada faskes Anda, analis dapat lebih jelas memeriksa kecenderungan pasien dan tren pelayanan yang diberikan. Hal ini dapat dilakukan melalui penelusuran secara terpandu ataupun eksplorasi yang sifatnya ad-hoc. Cara-cara ini melibatkan proses pemecahan aktivitas pasien berdasarkan lokasi geografis secara tersegmentasi.

 

Baca Juga : Sekarang Zamannya Kartu Pasien Digital

 

Hal ini membuat faskes Anda mampu melihat dan menjawab pertanyaan seperti “Kemana faskes kita harus fokus untuk menumbuhkan market share?”. Pertanyaan lainnya juga seperti “Unit pelayanan apakah yang memberikan peluang lebih banyak untuk pertumbuhan faskes?”. Kemudian pada saat eksekusi rencana, data-data yang sudah terpusat dan teroptimalisasi ini bisa membuat tim pengembangan bisnis mampu menghasilkan audiens yang terarah untuk memperoleh ROI yang tinggi melalui strategi yang terkoordinasi dan berbasis data.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram