Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
15 June 2022
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Memang sudah bukan rahasia umum lagi jika digitalisasi termasuk di bidang kesehatan sedang gencar-gencarnya dilakukan. Bahkan, sebelum pandemi, sudah banyak fasilitas kesehatan termasuk rumah sakit dan klinik mengusung upaya digitalisasi. Nah, digitalisasi fasilitas kesehatan ini sangat penting untuk digencarkan apalagi di era serba digital seperti sekarang.

Adanya digitalisasi faskes memberikan dampak positif dan manfaat bahkan untuk semua pihak. Tidak hanya untuk pemilik klinik saja. Melainkan semua masyarakat yang terlibat atau membutuhkan fasilitas kesehatan juga merasakan dampak positifnya.

Pentingnya Digitalisasi Fasilitas Kesehatan

Selain alasan kenapa harus dilakukan digitalisasi faskes yang sudah disinggung di atas, berikut akan dijelaskan dengan lebih terperinci terkait pentingnya digitalisasi fasilitas kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Komunikasi Antar Dokter Menjadi Lebih Mudah

Komunikasi menjadi salah satu bagian penting dalam menjalankan layanan kesehatan supaya berjalan maksimal. Pasalnya, percepatan komunikasi bisa membuat kebutuhan fasilitas kesehatan masyarakat dapat ditangani dengan lebih mudah dan cepat.

Nah, supaya hal tersebut dapat terwujud, maka salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melibatkan digitalisasi faskes. Dengan adanya komunikasi yang lebih mudah dan cepat, maka akan sangat membantu klinik atau rumah sakit ketika memiliki pasien yang membutuhkan lebih dari satu dokter spesialis.

Dengan begitu, pengobatan pun bisa dilakukan dengan baik dan hasilnya tentu lebih maksimal sehingga bisa membantu masyarakat dengan maksimal pula.

2. Komunikasi Dokter dengan Pasien Bisa Dilakukan dengan Lebih Mudah

Selain komunikasi antara dokter dengan dokter, adanya digitalisasi faskes ini juga bisa memudahkan komunikasi antara dokter dengan pasien. Kenapa demikian? Hal tersebut disebabkan karena digitalisasi dapat memudahkan para pasien untuk menyimpan maupun melihat riwayat pengobatan yang dilakukan.

Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan rekaman riwayat kesehatan pasien ketika file fisik tidak dibawa saat dibutuhkan oleh pihak dokter. Dalam hal ini, sebagai pasien maka Anda bisa menjadi lebih mudah dalam menyimpan file-file perawatan medis secara digital dengan layanan cloud.

Itu sebabnya Anda bisa membagikannya dengan pihak dokter sehingga ketika diperlukan pemeriksaan lebih lanjut, tidak ditemukan lagi tragedi miss komunikasi yang dapat memberikan dampak fatal.

 

Baca juga : Menilik Potensi Digital Health Bagi Layanan Kesehatan di Indonesia

 

3. Informasi Dapat Diakses Secara Real Time pada Fasilitas Kesehatan Digital

Adanya digitalisasi fasilitas kesehatan juga memberikan kemudahan lain yang tidak kalah pentingnya dengan kemudahan-kemudahan di atas. Salah satunya adalah terkait akses informasi kesehatan yang bisa dilakukan secara real time.

Banyak smartphone yang kini sudah bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mengetahui kondisi kesehatan secara real time. Seperti mengetahui detak jantung, saturasi oksigen, dan lain sebagainya. Nah, ketika layanan-layanan seperti itu terintegrasi dengan sistem data kesehatan secara online, maka akan lebih mudah juga untuk para dokter melacak kondisi pasiennya.

Oleh sebab itu, dengan adanya digitalisasi ini juga dapat membuat pihak pemilik fasilitas kesehatan bisa mendapatkan informasi dengan lebih cepat. Dengan begitu, penanganan juga bisa lebih optimal dan tidak terlambat sehingga berdampak baik bagi pasien. Salah satu dampaknya adalah penanganan atau tindakan sigap dari dokter sehingga pasien bisa terhindar dari kondisi darurat yang bisa saja membahayakan nyawa.

4. Otomatisasi Tugas dari Bidang Administrasi

Administrasi kesehatan memang menjadi salah satu permasalahan yang masih belum bisa diselesaikan di beberapa negara di dunia. Kesibukan terkait administrasi justru dapat memperlambat pelayanan kesehatan yang seharusnya harus diterima oleh masyarakat.

Nah, melalui digitalisasi, maka semua tugas administrasi dapat dijalankan secara otomatis. Dokter yang semula harus diributkan dengan data administrasi konvensional, kini sudah bisa lebih fokus dengan merawat pasien akibat adanya optimalisasi tugas administratif.

Semua data atau kebutuhan administrasi dari pasien umumnya terintegrasi dengan sistem digitalisasi fasilitas kesehatan. Kondisi tersebut dapat membuat pihak rumah sakit atau klinik tidak lagi disibukkan dengan urusan administrasi yang membutuhkan waktu lama.

Bagi Anda yang sedang mengupayakan digitalisasi faskes, itu berarti Anda sudah mengambil langkah paling tepat dalam upaya membantu masyarakat dan memajukan faskes. Sementara bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendukung digitalisasi faskes yang tepat, maka kami punya solusinya. Anda bisa menggunakan layanan kami di Trustmedis sebagai solusi yang membantu digitalisasi faskes Anda.

Semua kebutuhan seperti manajemen faskes, kemudahan pelayanan, hingga operasional faskes yang lebih tertata, bisa Anda peroleh ketika menggunakan Trustmedis sebagai bagian dari digitalisasi faskes.

Trustmedis, Solusi Pendukung Digitalisasi Fasilitas Kesehatan Terbaik untuk Anda

Trustmedis membantu Anda untuk mewujudkan manajemen fasilitas kesehatan digital yang optimal. Kami juga siap membantu digitalisasi fasilitas kesehatan termasuk klinik yang Anda miliki supaya bisa lebih berkembang.

Faskes yang melibatkan Trustmedis akan mendapatkan banyak keuntungan sebab proses pelayanan bisa menjadi lebih terstruktur dan cepat. Bahkan, pihak masyarakat sebagai pasien pun akan merasakan kenyamanan dalam menggunakan faskes yang melibatkan digitalisasi menggunakan Trustmedis.

Itulah beberapa pembahasan terkait bagaimana pentingnya digitalisasi fasilitas kesehatan terbaik untuk Anda. Jangan lupa gunakan layanan kami di Trustmedis, untuk mendukung digitalisasi klinik atau faskes yang sedang Anda upayakan.

 

Baca Juga : 5 Tren Teknologi yang Membentuk Spesialisasi Medis[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram