Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
8 March 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Perlunya Sistem Informasi Manajemen Berbasis Teknologi bagi Faskes

Kebutuhan kesehatan semakin meningkat seiring dengan Pendidikan dan akses informasi tentang kesehatan yang semakin tinggi. Untuk memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan,teknologi komputerisasi sangat dibutuhkan fasilitas kesehatan (faskes) untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan, seperti human error, redudansi data, unintegrated data, dan juga keterlambatan informasi. Kesehatan sangatlah penting bagi seseorang, untuk itu kecepatan dalam akses informasi akan sangat membantu faskes untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Teknologi Komputerisasi seperti Sistem Informasi Manajemen (SIM) mempunyai peran besar dalam pencapaian kecepatan pelayanan di suatu faskes. Peranan SIM dalam faskes antara lain?

  1. Kecepatan, misalnya kecepatan dalam penyelesaian pekerjaan administrasi rumah sakit.
  2. Akurasi, dengan SIM, pemeriksaan data transaksi cukup dengan membandingkan laporan antar unit yang dihasilkan oleh SIM dan juga dapat mencegah terjadinya duplikasi data untuk transaksi-transaksi tertentu sehingga data terjamin akurasinya. 
  3. Integrasi, bila dengan sistem manual data pasien harus dimasukkan di setiap unit, maka dengan SIM data tersebut cukup sekali dimasukkan di bagian pendaftaran saja.
  4. Peningkatan pelayanan, pengaruh SIM yang dirasakan oleh pasien adalah semakin cepat dan akuratnya pelayanan. Saat ini, pasien tidak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan administrasinya, baik rawat inap ataupun rawat jalan sebab ketika data-data tersebut dibutuhkan dapat dilihat dengan waktu yang relatif singkat dan akurat.
  5. Peningkatan efisiensi, jika kecepatan dan akurasi data meningkat, maka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan administrasi akan lebih cepat dan menghindari permintaan pemeriksaan laboratorium berulang dikarenakan kertas hasil pemeriksaan sebelumnya hilang. 
  6. Kemudahan pelaporan, proses pelaporan berbasis komputer hanya memakan waktu beberapa menit sehingga dapat lebih konsentrasi untuk menganalisa laporan tersebut.

Baca juga : Booking Online Faskes Solusi Antrian Ramai

Dari semua peranan SIM berbasis komputer tersebut, akan berpengaruh pada meningkatnya produktivitas kinerja tenaga medis dan staff administrasi di rumah sakit serta meningkatkan atau memudahkan pelayanan kesehatan. Karena itulah, faskes dirasa perlu untuk melengkapi diri dengan teknologi komputerisasi dalam sistem informasi manajemennya. Seperti yang kita tahu, pelayanan faskes terbagi menjadi dua bagian besar yaitu pelayanan medis dan pelayanan yang bersifat non-medis. 

SIstem Informasi Manajemen berbasis komputer sangat mendukung kecepatan pelayanan yang bersifat non-medis. Billing system contohnya. Dengan menggunakan SIM, pengolahan transaksi atau penagihan dapat menjamin manajemen keuangan faskes yang cepat, akurat, transparan, dan bertanggung jawab. Sistem ini akan membantu pasien mendapatkan lebih mudah informasi mengenai biaya yang harus dibayar karena daftar obat, biaya tindakan, ataupun biaya rawat inap dapat diketahui secara real time melalui layer computer. 

Tidak hanya itu, penggunaan SIM dalam pelayanan yang berbasis medis juga memberikan kemudahan. Data rekam medis contohnya. Data rekam medis, demografis serta setiap event seorang pasien di rumah sakit disimpan secara digital, sehingga memudahkan pengaksesan data sekaligus mempengaruhi kecepatan dan ketepatan pelayanan pasien. SIM juga turut memberikan kemudahan untuk menyimpan, dan memperbaharui data rekam medis pasien dengan lebih efektif dan efisien.

Kecenderungan pemanfaatan teknologi juga akan berimbas pada konsep paperless yang ditandai dengan meluruhnya peran kertas sebagai media pencatat medis. Dengan demikian, biaya pengeluaran faskes juga otomatis akan lebih ringan. Upaya pengembangan sistem informasi dalam fasilitas kesehatan juga mendongkrak mutu pelayanan. Layanan informasi faskes, registrasi antrian pasien online, informasi jadwal praktek dokter, serta kritik dan saran sangat mudah diakses oleh pasien. 

Trustmedis, sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia, menyediakan Sistem Informasi Manajemen bagi fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, praktek dokter pribadi dan juga apotek. Trustmedis adalah software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis menyediakan sistem informasi manajemen (SIM) untuk membantu memudahkan operasional faskes Anda. Trustmedis hadir memberikan solusi software klinik terbaik dan terlengkap. Dengan SIM Trustmedis, Anda akan mendapatkan kemudahan seperti:

Booking Online, dokter dan poli

Trustmedis menghadirkan fitur pendaftaran pasien dengan berbagai cara, pendaftaran online lewat web atau android, pendaftaran lewat telepon atau datang langsung. Semuanya tercatat dan terjadwal dengan baik, sehingga mudah di monitor dalam SIM Trustmedis.

Mudah monitoring keuangan

Trustmedis memberikan fitur pencatatan keuangan yang lengkap dengan standar akuntansi modern. Pasien bisa membayar dengan cash, kredit atau debet. Bahkan terdapat notifikasi pasien yang masih hutang.

Rekam Medis Elektronik

Trustmedis memiliki fitur untuk mencatat semua data rekam medis pasien, sehingga akan sangat berguna untuk peningkatan layanan kepada pasien. Bahkan jika faskes Anda memiliki cabang, bila dibutuhkan bisa saling terhubung.

Laporan Realtime dan Bisa Diakses Di mana Saja

Trustmedis menyediakan laporan yang lengkap terkait medis maupun keuangan yang bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun. Laporan ke dinkes pun menjadi mudah, karena sudah sesuai peraturan Kemenkes Republik Indonesia.

Tidak Perlu Install

Anda cukup login di server kami, maka semua modul bisa Anda nikmati. dengan keamanan setara bank dan semua data akan bisa anda ambil kapanpun.

Bisa Multi Tarif Unit Ataupun Pembayaran

Anda bisa menentukan tarif tindakan dan pelayanan per asuransi atau penjamin pembayaran pasien. Sehingga Anda tidak perlu pusing untuk monitoring pendapatan. Trustmedis memiliki sistem yang sudah terintegrasi dengan BPJS Kesehatan, hal ini dapat membantu seluruh peserta karena ada catatan rekam medis yang tersimpan dan bisa diakses oleh seluruh fasilitas kesehatan yang sudah menjadi rekanan BPJS. 

Baca juga : 4 Tips Mengelola Klinik Agar Lebih Efektif dan Efisien

Trustmedis menawarkan sejumlah keunggulan lain,seperti; aplikasi berbasis web, tak perlu lagi repot instal aplikasi karena sudah bisa langsung dapat diakses dari berbagai device. Dari sisi user interface, ada sistem validasi sehingga dapat meminimalisir human error saat memasukkan data.

Penggunaan SIM Trustmedis untuk Puskesmas juga akan mendukung proses layanan pasien, yakni demi membantupendaftaran, pelayanan, pencatatan rekam medis dan tagihan pasien. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram