Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
12 February 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Prosedur Rawat Jalan Yang Benar

Menjalankan usaha kesehatan seperti klinik memerlukan manajemen klinik yang baik. Dari mulai rawat jalan hingga rawat inap harus dilakukan dengan prosedur yang baik. Tentunya prosedur tersebut juga harus sesuai dengan disiplin ilmu manajemen klinik yang baik. Agar klinik rekan sejawat semakin diminati dan baik, maka ikutilah panduan berikut ini. 

Pelayanan Rawat Jalan Sesuai Manajemen Rumah Sakit

Pelayanan rawat jalan harus selaras dengan manajemen rawat jalan. Untuk itu tujuan dari rawat jalan harus tercapai. Rawat jalan memiliki tujuan untuk mencapai kesembuhan. Dengan berbagai upaya pemulihan, pasien diharapkan bisa mencapai kesembuhan. Tujuan inilah yang harus ditanamkan oleh setiap tenaga medis sehingga rawat jalan dapat memberikan manfaat yang baik. 

Jenis Pelayanan Rawat Jalan Yang Sesuai

Untuk dapat mencapai pelayanan rawat jalan yang baik Anda harus mengikuti manajemen rawat jalan yang benar. pada dasarnya ada 4 pelayanan rawat jalan sesuai dengan manajemen rawat jalan. 

Baca juga : Akreditasi Klinik Wajib Diurus Segera, Ini Syarat-Syaratnya

Yang pertama adalah gawat darurat. Pelayanan gawat darurat (emergency services) yakni untuk menangani pasien yang membutuhkan pertolongan segera dan mendadak. Kedua pelayanan rawat jalan paripurna (comprehensive hospital outpatient services) yakni yang memberikan pelayanan kesehatan paripurna sesuai dengan kebutuhan pasien. Ketiga pelayanan rujukan (referral services) yakni yang hanya melayani pasien-pasien yang dirujuk oleh sarana kesehatan lain. Biasanya untuk diagnosis atau terapi, sedangkan perawatan selanjutnya tetap ditangani oleh sarana kesehatan yang merujuk; dan.Keempat pelayanan bedah jalan (ambulatory surgery services) yakni yang memberikan pelayanan bedah yang dipulangkan pada hari yang sama.

Standar Pelayanan Rawat Jalan

Sesuai dengan manajemen rawat jalan, ada standar yang harus dilakukan oleh klinik. Standar ini sesuai dengan keputusan menkes. Standar yang pertama yaitu dokter yang bekerja pada poli spesialis haruslah 100% dokter spesialis sesuai bidang. Menurut dirjen Yanmed (2006:34), penerimaan pasien rawat jalan dinamakan TPP RJ (Tempat Penerimaan Pasien Rawat Jalan). Fungsi utamanya adalah menerima pasien untuk berobat ke poliklinik yang dituju masing-masing pasien tersebut. Prosedur penerimaan pasien dapat disesuaikan dengan sistem yang dianut oleh masing masing rumah sakit. Setiap rumah sakit atau klinik biasanya mempunyai peraturan tersendiri tentang standart layanan, tetapi semuanya harus mengacu pada perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga :Tips Aman Simpan Rekam Medis Sesuai Permenkes

Feedback dari klien juga merupakan hal yang penting. Kepuasan pasien terhadap layanan rumah sakit dan klinik harus menjadi perhatian karena pada dasarnya ada landasan hukum yang mengatur hak pasien yang harus dipenuhi oleh faskes. Itulah standar pelayanan yang harus dipatuhi setiap faskes. 

Semua layanan kesehatan termasuk rawat jalan harus memiliki standar mutu yang baik. Sarana dan prasarana juga harus disediakan dengan sangat baik. Petugas medis juga harus disesuaikan jumlahnya sesuai dengan rasio. Sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal tadi untuk membuat klinik Anda semakin berkembang. Mulai dari sarana, konsultasi hingga perawatan akan menjadi lebih baik lagi. Hasilnya akan terlihat dengan banyaknya pasien yang datang kembali ke klinik atau pelayanan kesehatan Anda. 

Penggunaan SIM RS atau Klinik juga akan mendukung proses layanan pasien, yakni demi membantu proses pendaftaran, pencatatan tindakan, penyimpanan data rekam medis maupun pembayaran tagihan. SIM Trustmedis salah satu aplikasi pengelolahan manajemen faskes yang sudah mengintegrasikan layanan antar unit di faskes. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram