Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
2 March 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Standar Akreditasi Puskesmas Untuk Mutu Pelayanan Kesehatan

Pembangunan kesehatan memang merupakan sebuah aspek penting terutama dalam kerangka pembangunan nasional. Tujuannya yaitu meningkatkan kemauan, kesadaran dan juga kemampuan hidup sehat bagi setiap orang demi mewujudkan derajat kesehatan masyarakat agar jauh lebih optimal. Beberapa Standart Akreditasi diterapkan untuk menilai faskes sesuai kategorinya seperti akreditasi puskesmas ataupun rumah sakit.

Puskesmas & Mutu Pelayanan

Selain itu, agar Puskesmas bisa menjalankan fungsinya dengan baik tentu saja memerlukan adanya pengelolaan organisasi. Baik itu yang meliputi proses pelayanan, kinerja pelayanan hingga menggunakan sumber daya sehingga fungsinya dapat bekerja secara optimal.

Semua hal ini tentu sangat berhubungan dengan standar akreditasi Puskesmas agar dapat meningkatkan mutu kinerja yang berkesinambungan. Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal apabila dikelola dengan baik melalui kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan. Masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan memenuhi kebutuhan mereka sehingga peningkatan mutu, manajemen risiko, dan keselamatan pasien tetap dijaga dalam pengelolaan Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif. Perbaikan mutu dilakukan dengan peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di puskesmas yang dapat diketahui dari hasil akreditasi. Akreditasi sangat perlu karena dilakukan oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan sesuai mekanisme akreditasi. Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali, demikian juga akreditasi merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

Untuk itu, mengenai hal ini maka berikut ini dapat Anda lihat seperti langsung ulasannya mengenai akreditasi Puskesmas untuk mutu pelayanan kesehatan.

Tujuan Akreditasi Puskesmas

Untuk dapat menjamin bahwa peningkatan kinerja, perbaikan mutu hingga penerapan manajemen risiko yang terlaksanakan dengan berkesinambungan pada Puskesmas. Dalam hal tersebut tentu saja memerlukan adanya penilaian oleh pihak-pihak eksternal, yang mana dengan menggunakan standar yang telah ada yakni melalui mekanisme akreditasi.

Untuk itu, jika berbicara mengenai tujuan utama dari akreditasi Puskesmas ini yaitu merupakan untuk pembinaan dalam meningkatkan lagi mutu kinerja. Selain itu, akreditasi tersebut tentu saja bukan hanya sekedar penilaian sehingga mendapatkan sertifikasi akreditasi. Melainkan dengan adanya akreditasi klinik atau Puskesmas ini dapat menjadikan sebagai sistem manajemen mutu.

Kemudian dapat pula menjadi sebagai sistem penyelenggaraan pelayanan hingga pada program serta penerapan manajemen risiko. Akreditasi Puskesmas disebutkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, sebagai salah satu arah kebijakan peningkatan akses pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas yaitu pengembangan dan penerapan akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan dasar milik pemerintah dan swasta. Ditargetkan pada tahun 2019 lalu terdapat 5.600 jumlah kecamatan yang memiliki minimal satu Puskesmas yang tersertifikasi akreditasi.

Standar Akreditasi Puskesmas

Pada dasarnya standar Akreditasi Puskesmas ini terdiri dari 3 bagian dan juga 9 bab yang wajib ketahui oleh para dokter serta pemilik rumah sakit atau klinik, yang mana terdiri dari:

Standar Administrasi dan Manajemen

  • Pada bab I meliputi PPP atau Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas.
  • Bab II meliputi KMP atau Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas.
  • Bab III PMP atau Peningkatan Mutu Puskesmas.

Baca juga : Memahami Permenkes Tentang Puskesmas

Standar Program Puskesmas

Berikutnya ada juga standar program Puskesmas yang terdiri dari beberapa bab yang harus ketahui, antara lain:

  • Pada Bab IV terdiri dari PPBS atau Program Puskesmas yang Berorientasi Sasaran.
  • Pada Bab V terdiri pula dari KMPP atau Kepemimpinan dan Manajemen Program Puskesmas.
  • Bab VI  meliputi Sasaran Kinerja dan MDG’s atau singkatannya yaitu SKM.

Standar Pelayanan Puskesmas

Yang terakhir yaitu standar Pelayanan Puskesmas dan terdiri dari beberapa bab, antara lainnya seperti:

  • Bab VII yang meliputi LKBP atau Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien.
  • Bab VIII akan meliputi pula tentang MPLK atau Manajemen Penunjang layanan Klinis
  • Dan terakhir Bab IX mengenai PMKP atau Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien.

Penggunaan SIMPUS Online Trustmedis untuk Puskesmas juga akan mendukung proses layanan pasien, yakni demi membantupendaftaran, pelayanan, pencatatan rekam medis dan tagihan pasien. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Bagaimana apakah rekan-rekan sudah mengerti mengenai akreditasi Puskesmas tersebut dan sudah jelas? Semoga informasi yang telah terjelaskan tersebut dapat bermanfaat bagi rekan sejawat semua sehingga dapat lebih paham dan mengerti.

Baca Juga : 8 Tahap Manajemen Stok Obat di Puskesmas

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram