Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
19 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Semakin hari, pandemi virus corona semakin merebak di berbagai negara penjuru dunia. Mengatasi fenomena ini pemerintah pun menunjuk klinik maupun rumah sakit untuk pemeriksaan pasien suspect virus corona. Salah satunya adalah dengan menyediakan screening corona. Selain itu juga disiapkan ruang tunggu yang nyaman sebelum proses pemeriksaan lebih lanjut. Lalu, hal apa saja yang harus disiapkan di ruang tunggu ini? Berikut di antaranya.

Thermal Scanner

Hal dan peralatan pertama yang wajib ada untuk screening corona adalah thermal scanner. Alat ini digunakan untuk melihat dan mendeteksi tubuh seseorang. Untuk jenisnya sendiri ada dua, yakni thermal gun dan thermal scanner. Thermal gun dapat digunakan memeriksa suhu tubuh perorangan. Namun, alat ini tidak dilengkapi dengan kamera. Akan tetapi keunggulannya adalah mudah dibawa ke mana saja, inilah yang menjadi alasan peralatan ini banyak digunakan di tempat umum seperti bandara.

Thermal scanner yang kedua adalah dilengkapi dengan kamera. Keunggulannya adalah, alat ini bisa digunakan dalam mengecek seluruh tubuh. Bahkan dapat digunakan untuk memindai suhu panas tubuh walaupun tanpa termometer. Awalnya, thermal scanner dengan kamera ini digunakan untuk wabah SARS di tahun 2002 dan 2003 lalu. Kini, alat ini juga digunakan dalam mendeteksi virus corona.

Kursi Roda

Kursi merupakan benda penting yang ada di ruang tunggu. Begitu pula dengan kursi roda yang dapat digunakan untuk keperluan yang urgent. Hal ini karena tidak semua pasien mampu berjalan dengan baik. Kondisi yang lemah, terkadang membuat seseorang tersebut harus dibawa ke ruang pemeriksaan dengan menggunakan kursi roda.

Akan tetapi, penting pula bagi pihak klinik maupun rumah sakit untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke kursi roda tersebut sebelum dan setelah digunakan. Tujuannya untuk meminimalisir penyebaran virus corona dari pasien suspect yang menggunakan kursi roda tersebut.

Cairan Disinfektan dan Antiseptik

Selanjutnya, pihak klinik maupun rumah sakit yang menjadi rujukan pemeriksaan pasien corona wajib menyediakan cairan disinfektan maupun antiseptik. Meskipun memiliki fungsi yang sama dalam mencegah virus corona, sebenarnya cairan disinfektan dan atiseptik ini berbeda. Khususnya dalam kandungan kimia yang digunakan dan takarannya.

Melansir dari laman Health Line, antiseptik biasa digunakan untuk manusia dan di area tubuh. Sedangkan penggunaan disinfektan untuk benda mati misalnya gagang pintu, tangga, meja, kursi, dan sebagainya. Kedua jenis tersebut memang memiliki kandungan kimia sama yakni biosida atau yang disebut dengan hidrogen peroksida. Namun, untuk antiseptik memiliki kadar konsentrasi yang cukup rendah sehingga nyaman dan aman digunakan untuk kulit.

Masker

Hal yang harus ada dan wajib dipersiapkan di ruang tunggu untuk screening corona adalah masker. Masker digunakan untuk menghindari kontak langsung dengan pasien yang menjadi suspect. Sebab, virus corona bisa menyebar dengan cepat melalui percikan air liur yang terhirup di sekitarnya. Terutama saat batuk, berbicara, hingga bersin. Masker yang dapat digunakan ini ada dua jenis yakni masker bedah yang banyak dijual dan masker khusus jenis N95. Namun, untuk masker jenis kedua ini harganya cukup mahal.

Untuk mengenakan masker tersebut ada beberapa cara yang baik dan benar untuk Anda coba. Misalnya cucilah tangan sampai bersih. Lalu tempatkan pada area mulut dengan tepat. Di sini pihak klinik atau rumah sakit yang menjadi rujukan untuk screening juga perlu untuk menyediakan tempat sampah khusus untuk menampung masker-masker yang tidak digunakan.

Setidaknya, itulah beberapa alat dan hal yang harus ada di ruang tunggu untuk pasien screening virus corona di setiap klinik dan rumah sakit yang menjadi rujukan pemeriksaan virus corona. Semoga bermanfaat.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram