Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
24 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Kenaikan jumlah pasien yang positif terkena virus corona semakin membuat masyarakat khawatir dan resah dengan wabah virus corona. Hingga 19 Maret 2020 total pasien yang sudah dinyatakan positif terkena virus corona berjumlah 309 orang. Jumlah ini terus mengalami peningkatan yang signifikan sejak tanggal 2 Maret 2020. Saat ini pemerintah Indonesia terus memantau terhadap orang-orang yang menjadi suspect virus corona.

Namun tidak semua orang dapat menjadi suspect corona. Perlu diingat bahwa virus corona mempunyai gejala yang sama dengan gejala flu biasa. Oleh karena itu, tidak semua orang yang mengalami gejala seperti batuk, flu dan demam dapat dijadikan sebagai suspect corona. Total terdapat 3 kriteria seseorang dapat dikatakan sebagai suspect virus corona. Lalu apa saja 3 kriteria tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Orang yang mempunyai gejala sakit seperti batuk dan demam serta mempunyai riwayat perjalanan dari Cina

Kriteria pertama adalah mengalami gejala sakit seperti batuk, demam dan flu serta memiliki riwayat perjalanan dari negara Cina. Dengan kriteria ini maka orang tersebut dapat dijadikan sebagai suspect virus corona. Kemudian orang tersebut harus menjalani prosedur pemeriksaan untuk mengetahui hasilnya.

2. Orang yang mempunyai gejala sakit seperti batuk dan memiliki riwayat dari negara yang sudah terjangkit virus corona

Kriteria kedua yaitu orang tersebut memiliki gejala sakit dan memiliki riwayat perjalanan dari negara yang terjangkit virus corona. Negara-negara terjangkit virus corona tersebut seperti Italia, Iran, Korea Selatan, Singapura, dan Jepangadalah contohnya. Orang tersebut harus menjalani pemeriksaan sebagai suspect corona untuk mengetahui hasilnya.

3. Orang yang tidak memiliki gejala sakit tetapi mempunyai riwayat perjalanan dari negara yang terjangkit virus corona atau melakukan kontak dengan orang yang sudah positif terkena virus corona

Kemudian kriteria ketiga seseorang dapat dikatakan sebagai suspect corona yaitu orang tersebut memiliki riwayat perjalanan dari negara yang terjangkit virus corona atau melakukan kontak dengan pasien yang positif terkena virus corona. Meskipun orang tersebut tidak memiliki gejala sakit seperti batuk, flu dan demam namun orang tersebut tetap dapat dikatakan sebagai suspect corona. Riwayat perjalanan dari negara terjangkit virus corona serta pernah melakukan kontak dengan pasien positif virus corona menjadi faktor untuk orang tersebut menjadi suspect corona dan harus menjalani pemeriksaan.

Ketiga kriteria tersebut menjadi standar penilaian untuk menjadikan seseorang sebagai suspect corona dan harus menjalani pemeriksaan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat perjalanan dari negara yang terjangkit virus corona atau melakukan kontak fisik dengan pasien positif virus corona maka lebih baik segera periksakan diri Anda.

Dengan memeriksakan diri sesegera mungkin maka Anda dapat mendapatkan hasil pemeriksaan lebih cepat. Selain itu Anda dapat segera mendapatkan penanganan jika ditemukan gejala virus corona. Selain itu Anda juga dapat mengantisipasi penyebaran virus corona kepada orang lain. Jika Anda menemui orang yang memenuhi kriteria tersebut maka Anda bisa segera mengajaknya ke rumah sakit rujukan untuk segera  mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Mari bersama melawan wabah virus corona.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram