Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
15 April 2020
Baskoro Aris Sansoko

Anggaran yang dibutuhkan untuk proses pelayanan klinik tentunya membutuhkan jumlah yang besar. Bahkan dalam beberapa situasi, biaya yang dikeluarkan melebihi anggaran yang dipersiapkan. Oleh karena itu, diperlukan beberapa langkah untuk mengurangi pengeluaran klinik. Saat ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengeluaran dengan menggunakan cara 4.0. Cara 4.0 ini menggunakan teknologi digital yang efektif untuk mengurangi pengeluaran klinik. Berikut ini tips mengurangi pengeluaran klinik dengan cara 4.0.

Menggunakan Aplikasi Penjadwalan Untuk Mengurangi Biaya Staff

Tips pertama yang dapat dilakukan yaitu menggunakan aplikasi penjadwalan. Aplikasi penjadwalan dapat membantu dalam proses pelaksanaan manajemen tanpa perlu menambah sumber daya manusia maupun menggunakan sistem lembur. Staff medis terlalu banyak membutuhkan hampir setengah dari anggaran pengeluaran rumah sakit.

Dengan menggunakan aplikasi penjadwalan proses pelayanan di klinik akan lebih mudah. Aplikasi penjadwalan dapat digunakan untuk memantau jumlah tempat tidur pasien, kapasitas ruang gawat darurat, status peralatan klinik dan tentunya dapat mengurangi pengeluaran klinik. Selain itu proses pemenuhan kebutuhan klinik juga dapat menggunakan aplikasi penjadwalan.

Memaksimalkan Administrasi Menggunakan Aplikasi Supaya Waktu Kerja Dokter Lebih Efisien

Tugas dokter di klinik maupun rumah sakit tidak hanya digunakan untuk merawat pasien namun juga untuk melakukan beberapa tugas administrasi yang berkaitan dengan pasien. Tugas tersebut seperti memasukkan catatan pasien ke dalam catatan kesehatan elektronik. Hal ini tentunya membuat jam kerja dokter menjadi bertambah.

Menggunakan aplikasi atau perangkat lunak digital dapat membantu pekerjaan dokter seperti memasukkan hasil tes secara cepat, mencatata resep untuk pasien serta dapat membantu dokter untuk menghindari pengujian berlebih yang tentunya membutuhkan biaya operasional tambahan untuk penggunaan alat-alat klinik.

Memperbaiki Proses dan Pengumpulan Klaim

Proses klaim asuransi yang diajukan ke klinik dapat memakan waktu yang cukup lama. Hal tersebut membutuhkan biaya operasional dalam proses pengumpulan klaim. Dengan melakukan perbaikan dalam proses pengajuan dan pengumpulan klaim secara intensif dapat memangkas biaya operasional hingga 90%. Tidak hanya itu saja, proses yang dilakukan juga dapat lebih cepat diselesaikan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan klaim asuransi otomatis yang terhubung antara perusahaan asuransi dengan klinik. Klaim asuransi otomatis dalam mengurangi biaya tenaga kerja, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional serta mengurangi redundan yang berlebihan.

Menggunakan Teknik Digital Marketing Untuk Menjangkau Lebih Banyak Pasien Baru

Digital marketing menjadi salah satu teknik marketing yang cukup banyak digunakan saat ini. Teknik marketing menggunakan teknologi digital lebih mampu menargetkan pasien dengan kondisi tertentu. Selain itu, teknik ini juga dapat menjangkau pasien lebih besar daripada teknik marketing secara manual. Digital marketing dapat digunakan untuk melakukan pemasaran online yang memiliki dampak yang lebih besar. Pasien akan lebih dimudahkan untuk melakukan akses informasi online terhadap klinik dengan teknologi digital saat ini. Selain itu biaya marketing menggunakan teknik ini lebih kecil dibandingkan menggunakan teknik marketing manual.

Mengoptimalkan Pasokan dan Perawatan Berbasis Digital untuk Hemat Pengeluaran Klinik

Tips lainnya untuk mengurangi pengeluaran klinik yaitu dengan mengoptimalkan pasokan kebutuhan klinik dan perawatan berbasis digital. Alat analisis dan perangkat lunak dapat membantu dalam proses pemenuhan pasokan inventaris klinik, mengurangi pemborosan biaya operasional serta meningkatkan alokasi sumber daya secara efisien. Alat analisis dan perangkat lunak yang dapat digunakan seperti radio nirkabel (RFID) sebagai barcode yang dapat dipindai.

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengurangi pengeluaran klinik dengan cara 4.0 menggunakan teknologi digital saat ini. Dengan menggunakan beberapa tips ini, Anda dapat memastikan pengeluaran klinik tidak melebihi dari dana yang dianggarkan.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram