Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
5 May 2020
Baskoro Aris Sansoko

Rekam medis pasien merupakan salah satu catatan penting yang perlu dibuat untuk menunjukkan hasil pemeriksaan dan diagnosis kondisi pasien. Cetak laporan pasien berisikan data berupa data diri pasien, alur masuk dan pemeriksaan pasien, dokter yang menangani pasien, riwayat penyakit yang dimiliki pasien serta hasil pemeriksaan pasien. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269/MENKES/PER/III/2008, rekam medis merupakan berkas catatan yang berisikan tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan serta pelayanan lain yang diberikan kepada pasien.

Umumnya cara ini dibuat secara manual oleh perawat atau dokter. Namun cara ini memakan cukup banyak waktu sehingga kurang efektif dan efisien. Salah satu cara yang mudah dan cepat untuk mencatat laporan medis pasien yaitu menggunakan aplikasi yang membantu proses pembuatan dan pencetakan laporan medis pasien.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan dan pencetakan laporan medis pasien adalah aplikasi dari Trustmedis. Aplikasi Trustmedis ini memiliki modul rekam medis yang dapat digunakan untuk membuat serta mencetak laporan medis pasien. Cara menggunakan modul rekam medis ini sangat mudah serta efisien dan tidak memakan banyak waktu. Selain itu data pasien akan langsung disimpan dalam sistem sehingga tidak akan hilang.

Selain itu data pasien yang dibuat lebih akurat dan minim dari kesalahan saat memasukkan data. Modul rekam medis ini tentunya sangat membantu supaya hasil laporan pasien akurat dan efisiensi waktu perawat atau dokter untuk membuat laporan medis pasien.

Cetak Laporan Pasien Menggunakan Modul Rekam Medis Pasien

Cara membuat laporan medis pasien dengan modul rekam medis Trustmedis sangat mudah. Langkah pertama yaitu dengan terlebih dahulu membuka aplikasi modul rekam medis. Di halaman utama, Anda tinggal menekan pilihan menu hamburger atau yang berlogo tiga garis. Setelah itu akan muncul tampilan berbagai pilihan modul aplikasi. Anda perlu memilih pilihan modul rekam medis.

Setelah itu pilih menu Front Office kemudian pilih “Surat Resume Medis”. Lalu klik tombol “tambah” yang berfungsi untuk menambahkan data pasien pada form. Setelah itu akan muncul tampilan form yang berisikan data-data pasien yang perlu diisi. Untuk menambahkan pasien, Anda dapat mencari nama pasien dengan memasukan nomor rawat pasien atau nama pasien di kolom cari pasien.

Setelah nama pasien berhasil ditemukan dan ditambahkan dalam form, isi data-data yang berkaitan dengan pasien dalam form tersebut. Form surat resume medis pasien berisikan tanggal surat, nomor surat, nama pasien, tanggal lahir pasien, alamat tempat tinggal pasien, penunjang medis, obat, hasil resume, serta dokter yang menangani. Data-data tersebut perlu diisi dengan benar dan detail.

Kemudian setelah semua data telah diisi dengan benar, klik tombol Simpan dan Cetak. Setelah itu, secara otomatis laporan medis pasien akan tersimpan dalam sistem dan langsung dicetak. Di dalam aplikasi modul rekam medis, terdapat beberapa tool yang dapat digunakan untuk proses pengisian data pasien dalam form surat rekam medis. Tool tersebut seperti refresh, tambah, edit, hapus cetak, dan info/help yang dapat digunakan untuk membuka jendela bantuan form.

Dengan berbagai tool yang memudahkan dalam proses pembuatan data rekam medis pasien, proses pengisian akan lebih cepat diselesaikan dan minim dari kesalahan pencatatan. Data juga akan langsung disimpan dan tidak akan hilang. Untuk mendapatkan modul rekam medis dari Trustmedis, silahkan langsung menghubungi Trustmedis di kanal yang tersedia.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram