Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
11 May 2020
Baskoro Aris Sansoko

Manajemen inventaris faskes memiliki peran penting dalam industri kesehatan; terlebih mengingat bahwa nyawa manusia dipertaruhkan dalam industri ini. Inventaris yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah untuk faskes cepat atau lambat.

Masalah yang dapat timbul ketika manajemen inventaris tidak dikelola dengan baik misalnya dari sisi farmasi faskes, yaitu kekurangan stok obat-obatan, kelebihan stok obat-obatan, kegagalan memeriksa tanggal kadaluarsa, hingga kehilangan atau pencurian obat-obatan. Berkaitan dengan obat-obatan pula, salah satu masalah yang sering muncul adalah pengaturan penyimpanan obat-obatan yang tidak rapi.

Selain itu, manajemen inventaris yang buruk juga berdampak buruk pada pengelolaan alat-alat faskes. Sebagaimana yang telah diketahui, ada alat-alat faskes yang sekali pakai dan ada yang bisa digunakan berulang kali. Tanpa ada manajemen inventaris yang baik, alat-alat ini bisa tidak tercatat penggunaannya dan terjadi kerugian. Selain itu, beberapa alat yang membutuhkan perbaikan rutin bisa terlupakan.

Pentingnya Manajemen Inventaris yang Rapi

Peralatan dan obat-obatan di faskes tidaklah murah. Walaupun barangnya kecil, tetapi biaya yang dikeluarkan untuk memilikinya terhitung tinggi. Bahkan peralatan dan obat-obatan tersebut dinilai sebagai bagian dari investasi faskes yang diproyeksikan dapat membawa keuntungan di masa depan. Oleh karena itu, aset faskes perlu dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan kerugian dari masalah-masalah di atas.

Manajemen inventaris yang baik dapat memberikan pengetahuan secar ajelas kapan stok sudah mulai menipis dan kapan overstock bisa terjadi. Tidak hanya itu, manajemen inventaris yang baik akan mencatat dan membuat pemiliknya tahu kapan suatu aset atau obat-obatan kadaluarsa atau alat butuh perbaikan.

Selain itu, pencatatan rinci dalam manajemen inventaris yang baik akan memastikan tidak ada aset yang dicuri atau hilang tiba-tiba. Mengingat bahwa ada beberapa peralatan di faskes yang berukuran kecil namun memiliki harga yang sangat mahal ketika dijual di luar. Beruntungnya, alat-alat ini memiliki serial number yang tentu bisa ditelusuri apabila digunakan di tempat lain. Namun penelusuran ini dapat dilakukan jika faskes Anda memiliki sistem manajemen inventaris faskes yang rapi.

Kelebihan Aplikasi Manajemen Inventaris Faskes

Salah satu solusi yang dapat Anda gunakan untuk manajemen inventaris faskes secara rapi adalah aplikasi Health Information System. Beberapa aplikasi HIS memiliki modul yang ditujukan untuk mengelola inventaris faskes Anda. Salah satunya adalah modul Inventory yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi HIS Trustmedis.

Melalui modul ini Anda dapat melakukan pendataan stok barang, pelabelan, dan inventarisasi. Selain itu Anda juga bisa menatat penerimaan barang, mutasi, atau order mutasi ke semua depo. Tentunya juga Anda bisa mencetak kartu stok dan laporan persediaan barang secara praktis hanya dengan klik.

Dengan menggunakan modul Inventory di aplikasi HIS Trustmedis, Anda dapat mengelola stok dengan lebih efisien, menggunakan data-data untuk membuat keputusan yang efektif, dan bisa mengamati secara real-time pergerakan stok barang.

Anda dapat mencoba langsung secara mudah. Klik link ini untuk memasuki halaman demo! Dapatkan juga promo spesial Ramadhan Trustmedis #Percaya (Percepat Pelayanan) dengan potongan harga 20% untuk langganan paket Pro dan Enterprise. Peroleh juga komisi 20% khusus untuk yang sudah berlangganan apabila berhasil ajak rekan sejawat gunakan Trustmedis. Khusus bulan Mei, tunggu apalagi!

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram