Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
18 May 2020
Baskoro Aris Sansoko

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Bagi dokter-dokter pribadi, klinik tempat mereka jalankan praktik adalah bisnis mereka. Bahkan ketika fokus utama bagi Anda sebagai dokter adalah kesehatan pasien sebagai hasil dari pelayanan kesehatan yang Anda berikan, klinik tetap harus berjalan efisien dan efektif agar bisa melayani pasien secara optimal. Oleh karena itu, evaluasi bisnis klinik secara rutin sangatlah penting. Kebiasaan itu akan bantu klinik Anda berada dalam jalan kesuksesan.

Saat melakukan evaluasi bisnis klinik, Anda perlu melihat sejumlah faktor yang penting dalam menentukan kesuksesan praktik klinik Anda. Faktor-faktor ini dapat menjelaskan kesuksesan klinik Anda baik dari sisi finansial maupaun dari sisi kesejahteraan pasien di klinik Anda.

Evaluasi Bisnis Klinik dari Sisi Efisiensi Manajemen dan Kegiatan Operasional

Pengelolaan manajemen dan kegiatan operasional adalah tulang punggung dari bisnis klinik Anda. Semakin efisien ia berjalan, semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk lakukan pekerjaan dan semakin murah biaya yang harus dikeluarkan.

Aspek ini dapat Anda evaluasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini. Apakah klinik Anda sudah memiliki sistem kerja yang efisien? Evaluasi terhadap pertanyaan ini dapat dilihat dari bagaimana tenaga kerja di klinik menjalankan tugasnya: apakah sudah dalam cara yang paling efisien atau ada hal-hal lain yang masih terbuang sia-sia.

Pertanyaan berikutnya: apa tanggung jawab dari staf di front desk? Lalu apakah pasien sudah memiliki panduan yang jelas dari pintu depan ke ruang pemeriksaan terutama untuk menemui siapa saja yang diperlukan? Anda juga perlu sempatkan untuk meninjau teknologi yang digunakan dalam manajemen dan operasional klinik Anda.

Evaluasi Stabilitas Keuangan Klinik Anda

Dokter-dokter yang menjalankan bisnis klinik tentu menguasai titik-titik perdagangan untuk keperluan klinik mereka dan memiliki hasrat yang tulus untuk fokus penuhi kebutuhan pasien. Walaupun demikian, bisnis klinik tetaplah bisnis dan harus memiliki keuangan yang stabil untuk menjamin kesuksesannya.

Oleh karena itu, evaluasi keuangan bisnis klinik Anda adalah kebutuhan. Hal ini dibutuhkan untuk memperoleh gambaran utuh letak dan posisi bisnis klinik Anda dan tentunya penting untuk menentukan arah klinik di masa depan. Anda dan sebagian tim Anda yang berfokus pada penanganan keuangan perlu mempelajari bagaimana cara terbaik untuk mengelola reimbursement, arus kas, gaji, dan anggaran. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan menguasai tiga istilah keuangan klinik di link ini.

 

Baca Juga : Bagaimana Mengurangi Kelelahan Dokter dengan HIS Trustmedis

 

 

Evaluasi Komunikasi Klinik Anda dengan Pasien dan dengan Internal

Evaluasi bisnis klinik tidaklah lengkap tanpa mengevaluasi secara dekat dan teliti mengenai proses komunikasi dan efektivitasnya; baik komunikasi secara internal maupun dengan pasien. Keterlibatan pasien dalam komunikasi ini sangatlah penting untuk bisnis klinik Anda.

Anda perlu menyediakan cara yang aman dan nyaman bagi pasien dan pekerja sehingga komunikasi yang baik terjalin. Komunikasi baik ini akan membantu pasien memperoleh jawaban atas pertanyaannya dan berbuah dalam kesehatan yang lebih baik bagi pasien.

Evaluasi Aksesibilitas terhadap Data Pasien Klinik Anda

Salah satu hal yang perlu Anda tanyakan dalam hal ini adalah apakah klinik Anda telah memanfaatkan secara maksimal teknologi yang mudahkan Anda akses data pasien? Teknologi yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi Health Information System, salah satunya dari Trustmedis, yang bisa Anda coba gratis dengan klik link berikut ini.

Pengelolaan data pasien yang efisien membuat Anda dapat mengakses data pasien semudah mengusap jari. Rekam medis setiap pasien dapat dilihat secara rinci termasuk juga siapa saja yang telah berikan pelayanan untuknya. Informasi ini penting untuk dapat mengoptimalkan layanan secara terkoordinasi. Lewat pengelolaan data pasien yang efisien, Anda dapat melihat rekam medis, meminta tes laboratorium, peresepan elektronik, dan hal-hal lainnya langsung dari satu layar.

 

Baca Juga : Tingkatkan Omset Klinik Hingga Ratusan Juta Rupiah[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram