Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
23 June 2020
chanafi@trustmedis.co.id

Faskes yang "bermutu" adalah salah satu predikat yang cukup penting sebab berpengaruh ke dalam performa faskes di masa yang akan datang, khususnya di era revolusi industri 4.0. Masa depan faskes mendatang akan semakin kompetitif, hal itu disebabkan oleh  era digitalisasi. Era digitalisasi identik ditandai dengan kehidupan masyarakat yang semakin mudah untuk mengakses informasi, dan komunikasi. Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat kehidupan masyarakat tidak lepas dari alat komunikasi seperti HP,tablet,laptop,dan jaringan internet. Oleh karena itu,perkembangan teknologi ini sangat bermanfaat untuk menunjang kinerja faskes.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, Jumat (19/06/2020), jumlah Rumah Sakit di seluruh Indonesia adalah sebanyak 2919 unit. Adapun jumlah tersebut terdiri dari 2390 unit RS Umum, 353 unit RSIA, dan 176 unit RS swasta/lainnya. Sebagai informasi, pada tahun 2010 jumlah Rumah Sakit di Indonesia hanya mencapai 1632 unit. Dengan demikian, dalam waktu 10 tahun terakhir pertambahan Rumah Sakit di Indonesia naik mencapai 44 persen. Pertambahan jumlah rumah sakit ini, akan berpengaruh terhadap pemerataan layanan kesehatan serta tingkat pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Bagaimana Agar Faskes Anda “Bermutu”?

Cepat atau lambat persaingan faskes yang lebih kompetitif akan terjadi apabila tidak dilakukan inovasi. Di era digitalisasi, faskes perlu memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya agar lebih siap bersaing. Lalu, bagaimana caranya agar faskes Anda bermutu di era digitalisasi? Yuk, intip “4 Jurus Jitu Menjadi Faskes Bermutu”:

1. Health Information System (HIS)

Faskes yang bermutu menggunakan Health Information System (HIS). Trustmedis Health Information System (HIS) adalah aplikasi yang disediakan untuk fasilitas kesehatan di Indonesia dalam mengelola manajemen operasional sehari-hari. Manfaat lainnya adalah kecepatan penyelesaian dalam pekerjaan administrasi faskes seperti pengadaan stok obat atau expired bisa termonitor secara realtime, dan tidak perlu beli sistem antrian karena menyediakan fitur booking online.

2. Kemudahan Layanan Kesehatan

Penggunaan telemedis sebagai sarana konsultasi kesehatan jarak jauh atau online. Pandemi Covid-19, menimbulkan dampak yang signifikan bagi berbagai macam bisnis, tak terkecuali faskes. Faskes telah kehilangan banyak pemasukan yang disebabkan oleh penurunan dratis kunjungan pasien. Hal tersebut dikarenakan, tingkat penularan virus yang tinggi terjadi dirumah sakit sehingga pasien maupun masyarakat enggan berkunjung. Telemedis menawarkan banyak kemudahan seperti dapat diakses lewat HP, tablet, maupun laptop. Selain faskes tidak kehilangan pemasukan dan pasien, pasien maupun masyarakat pun dapat berobat dengan mudah dan aman. Sehingga keduanya sama-sama diuntungkan. Telemedis mendukung upaya Kemenkes untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memberikan aplikasi Telemedis secara gratis untuk seluruh faskes di Indonesia

3. Penggunaan Electronic Medical Record (EMR)

Secara administratif, Electronic Medical Record (EMR) bermanfaat sebagai gudang penyimpanan informasi layanan kesehatan pasien secara elektronik. Keuntungan penerapan Electronic Medical Record (EMR) bagi faskes adalah peningkatan produktivitas, seperti meminimalisir masalah yang sering terjadi di faskes . Adapun masalah yang sering terjadi adalah hilangnya rekam medis, memerlukan tempat penyimpanan yang besar, dan rumitnya mencari rekam medis yang masih menggunakan kertas.

4. Keamanan Data

Faskes harus menghormati dan melindungi data-data pribadi pasien. Faskes wajib memastikan keamanan layanannya untuk mencegah akses yang illegal sehingga meminimalisir penyalahgunaan data pribadi pasien. Menurut Direktur Utama RSUD dr Soetomo, dr Joni Wahyuhadi dalam dialog bersama Bhirawa Online, Selasa (17/03/2020) telah terjadi kebobolan data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di sosial media. Pihaknya sedang melakukan tracking pelaku penyebaran data pribadi pasien. Trustmedis telah bekerja sama dengan Biznet Gio yang telah terpercaya memiliki berbagai sertifikasi tentang keamanan dan privasi data, sehingga Trustmedis terpercaya dalam keamanan data.

Beberapa jurus jitu menuju faskes bermutu diatas, semoga dapat memberikan insight untuk faskes agar lebih baik kedepannya dan siap bersaing dengan faskes lainnya di era digitalisasi. Apakah faskes Anda ingin “Bermutu”? Klik link demo untuk melakukan permintaan demo.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram