Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
13 July 2020
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Klinik yang berada dalam keadaan stagnasi dapat membuat bisnis menjadi tidak berkembang. Hal tersebut dapat terjadi akibat kreativitas dan inovasi yang tidak berkembang sehingga mengakibatkan kondisi klinik stagnan. Masalah kondisi klinik stagnan merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengusaha.

Pengertian kondisi klinik stagnan adalah kondisi di mana bisnis klinik atau usaha berada dalam fase tetap di satu tempat tidak mengalami kerugian tetapi juga tidak berkembang. Bisnis stagnan bisa dialami oleh semua pelaku bisnis baik skala kecil hingga yang sudah memiliki usaha yang besar sekalipun. Kondisi seperti ini jika tidak segera diperbaiki, maka semakin lama dapat mengganggu kesehatan bisnis klinik itu sendiri. Sehingga bisnis akan tertinggal jauh, kompetitor yang kian melesat, dan konsumen yang beralih pada kompetitor.

Bagaimana langkah yang harus ditempuh agar klinik tidak stagnan? simak beberapa tips di bawah ini : 

Evaluasi Penyebab Kondisi Klinik Stagnan

Melakukan review dan evaluasi terhadap semua kegiatan usaha dalam satu bulan terakhir. Apakah dalam periode tersebut ada kesalahan kebijakan yang diambil? Atau apakah ada bagian dalam klinik yang tidak sehat? Pastikan bahwa semua proses telah berjalan sesuai standar operasional.

Review strategi pemasaran

Mereview strategi pemasaran, apakah masih relevan dengan kondisi saat ini atau harus diperbarui. Untuk itu, sikapi persaingan bisnis dengan cara yang positif, yaitu dengan menciptakan ide-ide baru yang inovatif untuk mengembangkan bisnis. Penyebab lainnya adalah market sudah maksimal sehingga pendapatan cenderung stagnan. Untuk menjangkau market yang lebih luas, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuka cabang baru.

Beberapa masalah yang sering menjadi penyebab klinik stagnan di antaranya adalah adanya pesaing atau kompetitor yang lebih baik. Jika seorang pebisnis tidak mampu berkompetisi, maka bisnis yang dijalankan akan cenderung stagnan, atau bahkan mengalami kemunduran.

Kaji ulang sistem

Mengkaji ulang sistem yang diterapkan dalam bisnis. Apakah sistem yang diterapkan masih applicable atau tidak. Apakah sistem tersebut mendukung adanya inovasi, dan bagaimana efektivitas dan efisiensi sistem tersebut. Dalam perkembangan dunia digital, inovasi untuk mendukung kemajuan klinik adalah penting. Performa kualitas sistem dan layanan klinik harus terus meningkat terkait penguatan citra merek atau brand image.

Saat ini mayoritas klinik terlihat belum menerapkan sistem elektronik kesehatan (E-Health) untuk meningkatkan kualitas layanannya. Sesuai dengan tuntutan pasar layanan kesehatan, sebuah klinik dinilai perlu untuk mengintegrasikan sistem online, termasuk dengan telah dimulainya era BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang bersifat nasional.

Untuk mengatasi permasalahan sistem dan layanan klinik khususnya terkait koordinasi sumber daya klinik yang cukup rumit, Trustmedis adalah solusinya. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan

Trustmedis

Trustmedis merupakan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) dengan tiga jenis pelayanan yakni e-Doctor, e-Clinic, dan e-Hospital. Selain itu, terdapat modul rawat inap, rawat jalan, IGD, farmasi, penunjang medis, administrator, keuangan, human resource management (HRM), costumer relationship management (CRM), bank darah, instalasi gizi, manajemen, inventori, dan akuntansi.

Trustmedis memiliki sistem yang sudah terintegrasi dengan BPJS Kesehatan, hal ini dapat membantu seluruh peserta karena ada catatan rekam medis yang tersimpan dan bisa diakses oleh seluruh fasilitas kesehatan yang sudah menjadi rekanan BPJS. Trustmedis menawarkan sejumlah keunggulan antara lain, aplikasi berbasis web, menggunakan software development model Hierarichal Model View Controller (HMVC), bisa membuat Application Programming Interface (API). Dari sisi user interface, ada sistem validasi sehingga dapat meminimalisir human error saat memasukkan data.

Dapatkan aplikasi trusmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen klinik anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, klinik akan mendapatkan sekali kemudahan. Dengan menggunakan Trustmedis secara gratis ini, anda sudah bisa mendapatkan Modul Dashboard, Modul Admisi, Modul Antrian, Modul Rekam Medis, Modul Rawat Jalan, Modul Farmasi, Modul Keuangan, Modul Kepegawaian dan juga Modul BPJS P-Care.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram