Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
7 December 2020
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Peningkatan kepercayaan pasien rawat jalan di sebuah fasilitas kesehatan bukanlah hal yang bisa diremehkan. Tempat penerimaan pasien rawat jalan merupakan tempat paling awal yang dikunjungi pasien. Ditempat penerimaan pasien rawat jalan inilah terdapat beberapa permasalahan yang sering kali terjadi, seperti penumpukan pasien, proses pendaftaran pasien yang terhambat dan pasien menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan.
Saat ini, dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat, pelayanan yang berkualitas menjadi hal yang sangat diperhatikan. Tuntutan terhadap pelayanan cepat dan tepat, sudah menjadi hal yang lazim. Tidak terkecuali dengan pelayanan kesehatan di sebuah faskes. Ditempat penerimaan pasien rawat jalan inilah, pasien akan menilai faskes tersebut memiliki kualitas pelayanan yang baik atau sebaliknya. Instalasi rawat jalan di sebuah faskes merupakan bagian unit yang paling banyak melayani pasien dibandingkan dengan unit lain. Masalah yang sering ditemui dan jamak terjadi di instalasi rawat jalan faskes tidak terkecuali rumah sakit adalah kualitas layanan yang diberikan. Beberapa permasalahan yang umum terjadi adalah:

ï‚· Nomor antrian yang kurang efektif
ï‚· Komputer yang sering error
ï‚· Komplain terkait distribusi berkas pasien
ï‚· Penyimpanan berkas yang tidak teratur
ï‚· Proses pendaftaran pasien yang terhambat
ï‚· Penanganan pasien yang lambat
ï‚· Pemeriksaan penunjang laboratorium dan radiologi yang belum terintegrasi
Untuk menghindari masalah-masalah yang disebutkan di atas, Trustmedis, sebagai Aplikasi Fasilitas Kesehatan Online nomer satu di Indonesia, menyediakan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang memiliki Modul Rawat Jalan sebagai solusi. Modul Rawat Jalan Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya:
ï‚· Mampu melihat history dan riwayat pasien
ï‚· Informasi tagihan serta pembatalan pendaftaran rawat jalan
ï‚· Pencatatan tanda vital, anamnesa, Prosedur (ICD 9 CM), Diagnosa (ICD 10), Tindakan, BHP, Resep, Penunjang dan Pemberkasan Rekam Medis.
Modul Rawat Jalan Trustmedis juga telah terintegrasi dengan unit lain seperti Apotek, Rawat Inap, Penunjang Medis, Keuangan (Pembayaran) serta Akuntansi sehingga pelayanan kepada pasien lebih cepat dan efisien. Beberapa fitur lain yang terdapat di Modul Rawat Jalan SIM Trustmedis adalah:

ï‚· E-resep terhubung langsung ke farmasi

Salah satu fitur keunggulan Trustmedis pada Rawat Jalan ialah menyediakan fitur E-Resep. Dimana pihak dokter dapat menginputkan resep melalui sistem Trustmedis dan setelah itu proses penjualan obat atau alkes di apotek yang ada pada modul Farmasi dapat dilanjutkan tanpa menggunakan kertas resep. Dengan ini dokter tidak perlu menulis manual untuk resep dokter.

ï‚· Melihat Rekam Medis Pasien

Dengan Modul Rawat Jalan SIM Trustmedis, anda dapat melihat rekam medis pasien. Fitur ini digunakan untuk melihat rekam medis pasien diantaranya profil, riwayat kunjungan, alergi, penyakit, operasi, tindakan, terapi, dan penunjang medis. Dengan fitur ini dokter akan mendapatkan informasi rekam medis pasien secara rinci.

 

baca juga : Ini Dia 4 Tips Tata Kelola Klinik Di Era Digital

ï‚· SOAP History dan SOAP Template

SOAP dengan Template ini merupakan salah satu keunggulan dari aplikasi Trustmedis di dalam Modul Pelayanan. Dimana kita menyediakan SOAP template yang bisa membantu dokter untuk menginputkan Keluhan, Object Pemeriksaan, Assesment, dan Plan atau Rencana sesuai dengan Template Pemeriksaan yang disediakan.
Selain itu terdapat fitur terbaru. Ialah, history SOAP, dimana sistem akan menampilkan
seluruh riwayat SOAP yang telah disimpan pada pelayanan sebelumnya untuk pasien
tersebut. Dengan fitur ini dapat membantu mempercepat kinerja dari dokter atau perawat dalam melakukan pelayanan.

ï‚· Diagnosa (ICD 10) dan Prosedur (ICD 9 CM)

Fitur diagnosa ICD 10 dan prosedur ICD 9 CM yang ada pada aplikasi Trustmedis
menggunakan data yang mutakhir dan up to date.

ï‚· Integrasi dengan Penunjang Medis

Anda dapat mendaftarkan pasien pelayanan rawat darurat secara langsung ke berbagai layanan penunjang medis terdaftar beserta jenis pemeriksaannya tanpa ada pengisian biodata pasien kembali.

Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Coba Trustmedis sekarang, Gratis. Klik di sini atau hubungi Call Center di 0811 34 1212.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram