Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
28 December 2020
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Laporan keuangan merupakan laporan yang menunjukan kondisi finansial bisnis Anda pada suatu periode tertentu. Melalui laporan keuangan, Anda dapat memantau perkembangan bisnis Anda tidak terkecuali bisnis fasilitas kesehatan (faskes). Namun di era digital seperti sekarang, Anda sudah bisa me-monitor laporan keungan anda secara realtime.  Monitor laporan keungan secara real time juga akan berdampak terhadap produktifitas bisnis faskes yang anda jalankan. Karena dengan monitor laporan keuangan secara real time anda dapat mengetahui dengan cepat bagaimana faskes Anda berjalan dan juga mengevaluasi hal-hal yang menghambat bisnis faskes.

Monitor laporan keuangan harus dilakukan dengan cermat mengingat laporan keuangan memegang peranan penting dalam mengukur, menjabarkan, serta memberikan kepastian tentang informasi keuangan pada faskes Anda. Tujuan laporan keuangan sendiri salah satunya adalah untuk menyiapkan laporan yang akurat dan diharapkan dapat membantu para pembuat keputusan dalam menentukan kebijakan paling tepat.

Tujuan laporan keuangan memanglah jelas, namun bukan berarti pengerjaan laporan keuangan merupakan hal yang mudah. Dalam pengerjaan laporan keuangan masih sering terjadi sejumlah masalah. Masalah dalam pengerjaan laporan keuangan biasanya terjadi karena pengabaian atau ketidak tahuan. Hal ini tentu saja akan berdampak besar terhadap faskes Anda. Beberapa masalah yang sering terjadi dalam pengerjaan laporan keuangan adalah:

Penyimpanan bukti transaksi

Tidak sedikit akuntan yang kurang teliti dalam menyimpan bukti transaksi atau kuitansi pengeluaran. Padahal, kegagalan tersebut dapat menimbulkan permasalahan pajak, akuntansi, dan arus kas perusahaan. Meski terdengar sepele, bukti transaksi sangat penting bagi kegiatan akuntansi Anda. Kuitansi dan nota berguna untuk mempermudah proses audit dan perpajakan.

Piutang perusahaan

Untuk menjalankan bisnis faskes, Anda harus teliti untuk melacak piutang bisnis. Ketika Anda mengeluarkan invoice, piutang akan tercatat dan pasien berhutang pada anda. Proses penghitungan peitung harus jelas agar bisnis Anda berjalan lancar. Namun hingga saat ini masih perhitungan piutang masih sering terjadi kesalahan. Masalah piutang harus dikerjakan dengan akuratagar tidak menyebabkan kerugian finansial pada bisnis faskes Anda.

baca juga : Dengan Cloud Server Data Pasien Tetap Aman Saat Faskes Terdampak Kebakaran

 

Anggap remeh laporan keuangan

Satu hal yang paling penting, jangan pernah anggap remeh laporan keuangan. Bagi Sebagian perusahaan pengerjaan akuntansi mungkin hanya dilihat sebagai proses pencatatan data keungan perusahaan. Padahal akuntansi memiliki peran lebih besar, laporan keuangan menyajikan informasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Menentukan strategi pengembangan bisnis berdasarkan laporan keuangan dapat memperbesar potensi pengembangan bisnis Anda.

Perhitungan yang tidak akurat

Keakuratan perhitungan dalam membuat laporan keuangan menjadi hal paling penting dalam proses akuntansi. Akuntansi memberikan informasi finansial perusahaan Anda, sehingga ketidakakuratan data tentu akan merugikan Anda. Kesalahan berhitung mungkin saja terjadi saat akuntan terburu-buru atau sedang lelah sehingga tidak mampu mendeteksi kesalahan berhitung yang terjadi. Jika kesalahan tersebut tidak diketahui dalam kurun waktu yang cukup lama, maka akan memicu permasalahan yang jauh lebih kompleks. 

Kesalahan pada penulisan

Masalah akuntansi satu ini mungkin terjadi jika Anda masih menggunakan pencatatan manual. Misalnya Anda ingin menuliskan Rp1.000.000, namun salah penulisan hingga menjadi Rp10.000.000. Tentu saja kesalahan penulisan desimal ini akan sangat berpengaruh pada laporan keuangan Anda. Oleh karena itu, Anda harus sangat memperhatikan penulisan desimal agar tidak mengulang kesalahan yang dapat menyebabkan kesalahan data dalam laporan keuangan.

Hindari sejumlah masalah akuntansi yang sering terjadi seperti di atas untuk menghasilkan laporan keuangan yang tepat, akurat dan efisien. Untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan yang dapat menyebabkan masalah akuntansi, Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia, memiliki modul Akuntansi yang membantu pembatan serta memonitor laporan keungan dengan mudah.

Modul Akuntansi Trustmedis

Modul Akuntansi Trustmedis telah terintegrasi dengan berbagai unit pelayanan di faskes Anda, sehingga pengerjaan laporan keuangan anda lebih cepat. Modul akuntansi dari Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya:

  • Menu Jurnal
  • Jurnal Kas Bank 
  • Jurnal Umum 
  • Jurnal Pembelian 
  • Jurnal Penjualan 
  • Auto Jurnal dari semua transaksi pelayanan.

Menu berikutnya ialah menu Posting diantaranya:

  • Posting Jurnal
  • Unposting Jurnal
  • Closing transaksi dengan periode tahunan yang bisa dipilih

Dengan menggunakan Modul Akuntansi dari SIM Trustmedis, Anda tidak hanya dapat melakukan monitor laporan keuangan, namun laporan lain seperti: Laporan Jurnal Harian, Laporan Buku Besar, Laporan Neraca percobaan, Laporan Arus kas, Laporan Persediaan, Laporan Hutang, Laporan Piutang, Laporan Perubahan Aset tetap, Laporan Perubahan Modal, Laporan Laba/Rugi, Laporan Neraca serta Catatan Atas Laporan Keuangan.

Dapatkan Promo Akhir Tahun : Year End Promo – HIS PRO Trustmedis

Dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, faskes akan mendapatkan kemudahan. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik.

Coba Gratis Aplikasi[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram