Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
18 January 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Pandemi virus Covid-19 dari sejak awal tahun 2020 lalu tentu saja memberikan dampak yang cukup signifikan bagi fasilitas kesehatan tidak terkecuali klinik. Pandemi Covid-19 juga turut menyebabkan banyak klinik di seluruh dunia mengalami kesulitan baik secara manajemen maupun keuangan. Hal inilah yang turut mempengaruhi kinerja karyawan. Lalu bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawan ? Bagaimana tips untuk meningkatkan kinerja karyawan di saat pandemi seperti ini? Berikut Trustmedis sajikan 5 cara untuk meningkatkan kinerja karyawan klinik Anda.

Sejak dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO, berbagai strategi telah diterapkan oleh pemerintah untuk menanggulangi virus Covid-19 ini. Namun sayangnya, penyebaran yang kian masif, menjadi satu alasan mengapa masih terjadi lonjakan korban positif. Tenaga medis sebagai garis terdepan dalam menghadapi Covid-19, rawan untuk demotivasi atau semangat kerja yang menurun akibat kelelahan. Peningkatan kinerja karyawan faskes di tengah pandemi sangat diperlukan.

Selain semangat kerja yang menurun, kondisi yang kini lebih terbatas untuk bergerak, juga pasti membuat setiap faskes menyusun ulang sistem bekerja yang ada. Hal ini perlu dilakukan, untuk dapat beradaptasi dengan kondisi pandemi yang ada saat ini.  Demotivasi pada masa pandemi ini khususnya menjadi tantangan baru bagi semua pihak, baik manajemen maupun HR. 

Meskipun terasa berat, HR harus tetap bisa menjaga kondisi kerja kondusif bagi semua pihak. Berikut adalah 5 cara meningkatkan kinerja karyawan faskes ditengah pandemi. Selain dapat mengembalikan semangat bekerja, beberapa cara ini juga bisa mengangkat produktivitas karyawan faskes.

  1. Memberikan Tujuan dan Fungsi Peran yang Jelas

Perubahan posisi atau peran di tengah pandemi ini sangat mungkin terjadi. Untuk itu, berikanlah gambaran mengenai fungsi serta tujuan pada masing-masing peran di dalam tim Anda. Selain itu, hal yang tidak kalah penting ialah memastikan masing-masing tim Anda sudah berada di posisi yang sesuai dengan kemampuannya. Sehingga, pekerjaan pun dapat terselesaikan lebih efektif karena masing-masing tim sudah menguasai bidang pekerjaan yang dilakukannya.

baca juga :Tak Takut Bencana, RM Tetap Aman dengan Cloud Server

  1. Memberikan Kepercayaan

Pembatasan jarak yang berlaku saat ini, tidak jarang membuat kita sesekali harus bekerja melalui jarak jauh. Untuk itu, pentingnya kepercayaan terhadap tim yang bekerja perlu dibangun. Berikanlah kepercayaan penuh sambil tetap mengawasi kinerja tim dengan baik. Melalui kepercayaan yang kita berikan, tentunya tim akan lebih bersemangat lagi untuk bekerja karena merasa diberi kepercayaan penuh.

  1. Memberikan Insentif Berupa Pujian, Reward, atau Bonus

Melakukan pekerjaan di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah untuk sebagian orang. Terkadang mereka perlu mengorbankan waktu bahkan kesehatan untuk tetap bekerja. Untuk itu, berikanlah apresiasi sesering mungkin terhadap kinerja tim yang sudah baik. Sederhananya, berikanlah pujian ketika tim sudah mencapai target yang diberikan. Bahkan jika memungkinkan, jangan lupa untuk memberikan mereka reward serta bonus supaya mereka tetap semangat dalam bekerja di tengah pandemi yang tengah melanda.

  1. Evaluasi Secara Berkala dan Open Terhadap Masukan

Evaluasi penting dilakukan untuk melihat perkembangan faskes atau menilai baik buruknya kinerja karyawan. Untuk itu, lakukanlah secara berkala supaya jika ada masalah yang timbul dapat segera dicari solusinya. Jangan lupa untuk selalu mendengarkan berbagai masukan dari tim yang bekerja, demi terciptanya lingkungan kerja yang lebih baik dan tidak saling merugikan antar pihak.

  1. Gunakan aplikasi untuk memonitor dan mengevaluasi progress pekerjaan

Di era digital seperti saat ini, pengembangan sistem berbasis aplikasi untuk monitoring dan mengevalusi progress pekerjaan dirasa sangat perlu. Selain untuk efektifitas, monitoring kinerja menyeluruh dan bisa dilihat secara realtime akan sangat membantu keefesienan kerja faskes. Sistem Informasi Manajamen (SIM) dapat membantu klinik dalam hal ini. 

Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia, menghadirkan SIM Klinik yang dapat membantu dan mengotomatisasi perkerjaan di Klinik dan juga mengintegrasikan setiap unit agar operasional klinik Anda berjalan lebih efektif dan juga efisien. SIM Trustmedis juga memiliki modul dashboard yang dapat membantu untuk memonitor kinerja keseluruhan klinik secara realtime.

Modul dashboard dari Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya menampilkan kinerja oprasional secara informatif, dalam periode harian, bulanan dan tahunan. Tidak hanya itu, Modul dashboard Trustmedis juga dapat menampilkan statistik pendaftaran, pelayanan pasien dan pendapatan dari semua unit, sekaligus mencetak laporan pendaftaran, pelayanan dan pendapatan dari semua unit.

Fitur-fitur yang terdapat dalam modul dashboard Trustmedis antara lain:

  • Keseluruhan Kinerja

Dashboard Kinerja digunakan oleh pihak manajemen untuk mengetahui kinerja suatu faskes yang terimplementasi website SIM Trustmedis.

  • Pendapatan Unit

Dalam rangka mempermudah pihak faskes dalam melakukan pendataan, Trustmedis menyediakan modul dashboard yang nantinya bisa mempermudah faskes dalam mengola pendapatan setiap unitnya.

  • Data Rawat Jalan

Dashboard Data Rawat Jalan Digunakan oleh pihak manajemen untuk mengetahui data rawat jalan secara statistik di faskes yang terimplementasi website SIM Trustmedis

  • Data Rawat Darurat

Dashboard Data Rawat Darurat digunakan oleh pihak manajemen untuk mengetahui data rawat darurat secara statistik di faskes yang terimplementasi website SIM Trustmedis.

Dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, faskes akan mendapatkan kemudahan. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik.

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram