Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
29 January 2021
chanafi@trustmedis.co.id

6 Manfaat Menggunakan SIM Berbasis Web di Masa Pandemi

Sejak pemerintah mengumumkan status pandemi awal maret tahun lalu, himbauan untuk pembatasan jumlah kuota kunjungan ke faskes demi menghindari kerumunan telah dikeluarkan. Tentu ini membuat sebagian besar pelaku bisnis kesehatan tidak terkecuali Klinik khawatir akan terjadinya penurunan omzet. Namun demikian, bukan berarti tidak ada jalan keluar untuk mengatasi hal ini bagi pelaku bisnis. Penggunaan teknologi aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis web, dianggap mampu menjadi solusi dalam menjalankan aktivitas Klinik ditengah pandemi.

Teknologi SIM berbasis web, dapat memudahkan semua unit untuk berinteraksi dalam kondisi apapun selama terdapat koneksi internet. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, SIM berbasis web menjadi sangat popular dikalangan faskes baik rumah sakit, klinik, maupun praktek dokter pribadi mengalahkan aplikasi desktop. Faktor utamanya adalah SIM berbasis web memiliki portabilitas yang tinggi, sehingga pengguna tidak perlu lagi menginstal perangkat tambahan, dan tidak perlu ketergantungan lagi dengan vendor.

Dilansir dari laman Businesstech, berikut adalah 6 manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan SIM berbasis web.

  1. Transaksi keuangan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja

Melakukan transaksi keuangan secara langsung di bank saat ini sangat riskan dan beresiko cukup besar untuk terpapar virus Corona. Untungnya, saat ini Anda tidak perlu pergi ke bank hanya untuk menampilkan ringkasan rekonsiliasi bank, karena aplikasi akuntansi berbasis web dapat melakukannya untuk Anda. Tim keuangan Anda juga tidak perlu repot pergi ke kantor hanya untuk menemukan dokumen-dokumen penting seperti faktur, kontrak, atau laporan keuangan. 

Dengan menggunakan SIM berbasis web, semuanya dapat disimpan secara terpusat dalam cloud storage yang ada dalam SIM berbasis web. Anda bahkan dapat membuat berbagai laporan seperti laba rugi, arus kas, perubahan modal, dan neraca hanya dalam hitungan detik. Anda pun dapat memproses pengajuan dana dari berbagai departemen atau cabang bisnis Anda dari rumah. Semua transaksi dan kegiatan akuntansi dapat dipantau secara real time dari mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan gadget yang Anda gunakan sehari-hari.

baca juga : Tips Aman Simpan Rekam Medis Sesuai Permenkes

  1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

SIM berbasis web sangat berguna disituasi seperti saat ini untuk memastikan bahwa karyawan Anda tetap bekerja secara produktif. Anda dapat melcak jumlah jam kerja karyawan hingga jumlah jam lembur. Selain itu, dengan SIM berbasis web Anda juga dapat mamantau dengan mudah payslip sesuai dengan jam kerja karyawan. 

SIM berbasis web juga memungkinkan Anda untuk memantau kegiatan faskes, seperti aktifitas pendaftaran pasien, berapa banyak pasien yang berkunjung dan berobat ke faskes. Dengan hal ini Anda dapat mengetahui pemasukan faskes secara langsung setiap harinya dan mengetahui perkembangan bisnis faskes yang Anda jalankan.

  1. Kolaborasi tiap unit kerja menjadi lebih efisien

Penggunaan SIM berbasis web memudahkan seluruh unit kerja untuk saling berkolaborasi. Karyawan antar unit pun juga dapat saling berbagai informasi melalui sistem ini. Mereka tidak perlu bertemu secara langsung untuk mengonfirmasi sesuatu, karena mereka dapat mengeceknya sendiri melalui data yang diinput secara real-time. Anda dapat membagikan informasi ke tiap unit yang Anda inginkan. Orang yang diberikan akses akan mendapatkan notifikasi mengenai perubahan atau pembaruan apapun yang ada di sistem.

  1. Mempercepat pengambilan tindakan

Karena Anda memiliki akses cepat ke seluruh operasional bisnis Anda, maka Anda dapat mengetahui apa yang terjadi di setiap departemen atau proses bisnis faskes Anda. Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijak berdasarkan pada data yang Anda lihat.  Misalnya, data aset menunjukkan bahwa biaya pengeluaran terbesar ada pada aset tertentu di perusahaan Anda, sementara penghasilan yang didapatkan dari penggunaan aset tersebut tidak lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Maka, Anda dapat menunda atau mengurangi pembelian aset tersebut di masa depan, atau mungkin menggantinya dengan aset lain yang fungsinya lebih menguntungkan.

  1. Menjaga Keamanan Data

Web-based server memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan desktop atau local server, sehingga aman ketika digunakan oleh pengguna secara bersamaan. Menyimpan data Anda dalam sistem berbasis web juga lebih aman dibandingkan menyimpannya di desktop di mana data tersebar dalam beberapa database. Risiko kehilangan dan kerusakan data pada sistem berbasis web juga lebih minim dibandingkan dengan hard drive. 

Anda dapat menentukan pengguna yang dapat mengakses data-data tertentu, sehingga orang yang tidak diberikan hak akses tidak akan dapat membukanya. Dan karena sistem berbasis web dikelola oleh administrator khusus, maka berbagai kesalahan dan gangguan dapat diantisipasi dan diperbaiki dengan segera. Penggunaan penyimpanan data web-based server atau yang popular dengan cloud server, menghindarkan hilangnya data atau kerusakan data akibat bencana alam.

  1. Seluruh aktivitas bisnis terkendali dengan baik

Dengan menggunakan SIM berbasis web, seluruh proses bisnis akan dapat tetap berjalan dan terkelola dengan baik. Anda bahkan mungkin tidak dapat melihat perbedaan besar antara bekerja di kantor dan bekerja dari rumah, karena semua aktivitas bisnis tetap berjalan dengan normal. Dari transaksi harian hingga penggajian karyawan, semuanya dapat dikelola dengan mudah menggunakan sistem. Anda dan seluruh karyawan juga dapat lebih fokus melakukan pekerjaan yang lebih berarti, karena pekerjaan administratif dapat disederhanakan (tidak dilakukan secara manual). Dan pada akhirnya, Anda akan dapat dengan lebih mudah menjaga stabilitas penghasilan bisnis Anda.

Trustmedis adalah aplikasi kesehatan online berbasis web yang dapat memberikan kemudahan dalam mengelola manajemen klinik. Selain itu, Trustmedis dapat membantu karyawan dalam bekerja agar mendapatkan kinerja yang lebih optimal. Dari sisi user interface, ada sistem validasi sehingga dapat meminimalisir human error saat memasukkan data. Dari segi pengaturan standar sistem, tersedia data master dan bisa dilakukan oleh rumah sakit sehingga tidak ketergantungan dengan vendor.

Dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, faskes akan mendapatkan kemudahan. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik.

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram