Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
27 May 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Apa Itu Modul Inventory? Dan Apa Manfaat Jika Faskes Menggunakan Modul Inventory?

Seperti apa Modul Inventory dari trustmedis? Dan apa manfaat bagi faskes jika menggunakan Modul Inventory Trustmedis? Mungkin pertanyaan ini ada di benak Anda. Inventaris selalu berubah secara konstan mengikuti perkembangan dari bisnis Anda. Sepanjang hari, penjualan, pengembalian, penerimaan baru - bahkan kerusakan dan pencurian, mempengaruhi tingkat inventaris di faskes Anda. Meskipun menakutkan, manajemen inventaris dan kontrol inventaris yang efektif adalah pekerjaan paling penting dalam bisnis yang sukses. Mengelola inventaris secara efektif semakin sulit karena skala bisnis Anda dan jumlah inventaris yang Anda tangani akan terus meningkat. 

Memanfaatkan teknologi dapat mempermudah Anda dan karyawan Anda dalam mengelola inventaris. Inilah sebabnya mengapa sistem manajemen inventaris seperti Trustmedis sangat berharga bagi bisnis faskes Anda. Kali ini kami akan memberikan panduan semua yang perlu Anda ketahui tentang sistem manajemen inventaris. Kami juga akan menjelaskan fitur utama yang dibutuhkan sistem untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan dalam menjalankan pekerjaan inventaris agar lebih efektif.

Baca juga : Naikkan Pendapatan Klinik Dengan Ini

Manajemen inventaris dan pengendalian inventaris yang efektif adalah satu hal yang sama - dan definisinya cukup sederhana untuk dipahami. Manajemen inventaris mengacu pada proses di mana Anda melacak jumlah produk yang Anda miliki. Saat melacak dan mengontrol inventaris fisik Anda secara efektif, Anda akan tahu berapa banyak dari setiap item yang Anda miliki, kapan Anda mungkin kehabisan produk dan apakah Anda harus mengisi kembali item tersebut untuk terus menjualnya. Dan sebagai pemilik bisnis yang sibuk, Anda harus dapat melakukan semua ini dengan cepat. Ini memungkinkan Anda membuat keputusan pembelian yang baik dengan cepat dan mudah. Di sinilah memiliki sistem manajemen inventaris yang benar juga berperan.

Berikut adalah 5 manfaat jika Anda menggunakan Modul Inventory dari Trustmedis.

  1. Investasikan yang lebih baik

Agar sukses, Anda perlu menginvestasikan uang Anda secara bijak dengan membeli jumlah yang tepat dari setiap produk - cukup untuk menjaga penjualan tetap berjalan dan mencegah kehabisan stok, tetapi tidak terlalu banyak sehingga beberapa item hanya duduk di rak dan meningkatkan biaya penyimpanan. Menjaga laporan inventaris yang akurat membantu Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi produk yang bergerak lambat sehingga Anda dapat menandai dan membersihkannya untuk membebaskan uang tunai untuk diinvestasikan dalam produk baru, pemasaran, dan lainnya.

  1. Laporan yang lebih akurat

Laporan produk yang akurat menghasilkan nilai biaya persediaan yang akurat, yang penting untuk ketepatan beberapa laporan keuangan jika Anda menggunakan akuntansi biaya penjualan. Metode ini mengaitkan biaya, yang berasal langsung dari nilai aset produk dengan setiap penjualan. Itu membuat nilai biaya yang benar menjadi penting bagi neraca Anda, serta biaya penjualan dan laporan laba rugi Anda, yang menjadi dasar banyak keputusan manajemen.

  1. Deteksi masalah dini

Jika Anda mengawasi dengan cermat tingkat inventaris Anda, Anda akan segera menemukan masalah alih-alih berbulan-bulan kemudian selama hitungan siklus tahunan ketika perbedaan tersebut mungkin telah menghabiskan banyak uang. Mungkin salah satu langkah dalam proses gudang Anda terlewatkan. Mungkin ada kesalahan dalam rumus titik penyusunan ulang Anda. Atau salah satu staf penjualan Anda membuat kesalahan dalam pesanan penjualan. Anda perlu tahu sekarang. Jalan terbaik, dengan terus-menerus mendamaikan penjualan dan pembelian melalui sistem manajemen inventaris yang dijaga ketat.

  1. Mencegah pencurian dan kerugian

Dari pencurian hingga kehilangan hingga kerusakan, produk bisa hilang dengan berbagai cara. Tetapi jika Anda mengelola tingkat inventaris yang akurat, Anda dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat. Dan sementara tidak ada yang ingin berpikir bahwa staf mereka mungkin mencuri dari mereka, ada baiknya untuk tetap waspada. Menunjukkan kepada staf Anda bahwa Anda menyimpan inventaris yang akurat adalah pencegah pencurian yang ampuh.

  1. Mengurangi biaya gudang

Ketika laporan inventaris Anda memberitahu Anda apa yang Anda miliki dalam stok, proses keluar masuk barang berjalan lebih efisien. Staff gudang Anda tidak perlu berkeliling mencari barang inventaris yang hilang karena Anda tahu persis kapan barang itu dijual dan dikirim. Ini memungkinkan Anda untuk memproses lebih banyak penjualan dalam jumlah waktu yang sama dengan staf yang sama - atau menyeimbangkan sumber daya Anda secara berbeda. Tingkat persediaan yang akurat dapat menjaga bisnis Anda tetap ramping. 

Modul inventory Trustmedis memudahkan pemilik faskes mengetahui sejauh mana ketersediaan barang yang dimiliki. Pada modul inventory terdapat dua fitur, yakni transaksi dan laporan. Fitur transaksi terdiri dari stok barang, opname, terima barang, pemakaian barang, mutasi inventory, order mutasi inventory, penghapusan barang dan kartu stok inventory. Sedangkan pada fitur laporan terdapat laporan terima barang, laporan opname, laporan mutasi barang, laporan kartu stok barang, laporan stok barang, laporan order mutasi, laporan persediaan barang, laporan terima mutasi dan laporan pemakaian barang.

Secara garis besar, modul inventory digunakan untuk melihat persediaan stok barang keperluan dari faskes Anda. Sehingga Anda dengan mudah dapat memantau persediaan stok barang yang ada di faskes Anda tanpa perlu khawatir. Dengan menggunakan Modul Inventory Trustmedis, Anda dapat mengelola stok dengan lebih efisien, menggunakan data-data untuk membuat keputusan yang efektif, dan bisa mengamati secara real-time pergerakan stok barang. Anda dapat mencoba langsung secara mudah.

Baca juga : Manajemen Laboratorium Rumah Sakit

Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Dapatkan aplikasi Trustmedis untuk meningkatkan manajemen faskes Anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Coba Gratis Aplikasi[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram