Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
22 March 2021
chanafi@trustmedis.co.id

SIM Trustmedis Membantu Manajemen Fasilitas Kesehatan Lebih Berkembang

Data baru dihasilkan setiap kali dokter memeriksa pasien. Hal tersebut juga berkontribusi pada volume catatan digital yang berkembang pesat dan dikumpulkan oleh penyedia layanan setiap hari. Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang digunakan fasilitas kesehatan (faskes) bertanggung jawab untuk menangani data yang tak jarang berjumlah besar ini. Namun apakah SIM yang digunakan faskes benar-benar mensupport dalam perawatan kesehatan untuk memajukan manajemen operasi fasilitas kesehatan dan juga pelayanan kepada pasien?

SIM pada faskes digunakan bertujuan untuk mengembangkan faskes agar pekerjaan dan pelayanan faskes lebih efektif dan efisien. SIM yang digunakan sebuah faskes sangat berpengaruh terhadap industri perawatan kesehatan itu sendiri. SIM faskes sejatinya digunakan untuk proses mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mendistribusikan informasi dengan cara yang paling optimal. Proses tersebut memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan kesuksesan faskes. 

Dalam industri perawatan kesehatan, teknologi semakin maju sebagai tanggapan atas pergeseran di mana-mana dan menuju pencatatan secara elektronik, serta pengenalan perangkat lunak manajemen catatan elektronik. Saat ini, catatan medis elektronik (EMR) dan catatan kesehatan elektronik (EHR) ditambahkan ke database setiap hari. Dokumen kertas seperti bagan medis dan catatan medis sudah digantikan dengan pencatatan secara digital. Dengan demikian, penggunaan SIM faskes juga turut menekan pengeluaran faskes dan juga meningkatkan pendapatan faskes.

Atas kebutuhan inilah Trustmedis hadir menjadi solusi. Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia menyediakan layanan Sistem Informasi Manajemen (SIM) faskes berbasis cloud yang memungkinkan Anda beroperasi secara instan melalui gadget yang anda gunakan setiap hari seperti smart phone, tablet, maupun computer. Dengan demikian Anda dapat mengakses SIM trustmedis dimanapun dan kapanpun tanpa menginstal aplikasi terlebih dahulu. Anda hanya perlu log in di server kami dan Anda bisa langsung merasakan kemudahan pengelolaan faskes.

Meski demikian, keamanan data Anda akan tetap terjamin. Enkripsi keamanan server setingkat Bank yang kami miliki, akan melindungi bisnis Anda dari pelanggaran keamanan. SIM Trustmedis hadir untuk membantu faskes berkembang demi pelayanan kesehatan yang prima dengan menghubungkan pasien dan fasilitas kesehatan melalui software layanan kesehatan yang aman. SIM Trustmedis menyediakan modul yang akan membantu pekerjaan dan pelayanan kepada pasien menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut adalah modul yang bisa anda dapatkan di SIM Trustmedis.

Modul front Office

Modul front office SIM Trustmedis memungkinkan Anda untuk melakukan monitoring data real-time dari kunjungan pasien, layanan yang diberikan, dan juga grafik pendapatan. SIM Trustmedis juga telah bridging dengan BPJS VClaim untuk pencetakan SEP dan juga bridging dengan BPJS PCare untuk rujukan pasien ke faskes lanjutan. Modul front office SIM trustmedis terdiri dari: 

  • Rawat Jalan. Melakukan input tindakan, resep, dan layanan pendukung.
  • Rawat Inap. Menginput tindakan, resep, layanan pendukung, dan mengatur perubahan ruangan.
  • Rawat Darurat. Menginput tindakan, resep dan layanan pendukung.
  • Medical Check-up. Melakukan layanan, menginput tindakan, melihat hasil penilaian MCU, mencetak hasil dan sertifikat MCU.
  • Laboratorium. Menginput tindakan, layanan pendukung, menentukan dan mempercepat hasil laboratorium.
  • Radiologi. Menginput tindakan, layanan pendukung, menentukan dan mempercepat hasil radiologi.
  • Kasir. Melakukan pembayaran dan penginputan piutang atas pelayanan yang dilakukan.
  • Hemodialisa. Menginput tindakan, resep dan layanan pendukung.
  • Patologi Anatomi. Menginput tindakan, resep dan layanan pendukung.
  • Bedah Sentral. Menginput tindakan, resep, layanan pendukung dan melakukan tindakan operasi.
  • Gizi. Penyediaan bahan makanan, penjadwalan jam pengiriman makanan, cetak label makanan, dan kirim makanan.
  • Farmasi. Melakukan penjualan obat, memeriksa pembelian stok obat dan laporan penjualan farmasi.
  • Antrian. Mengelola dan memanggil antrian poli dan administrasi.
  • Ambulance. Menghitung biaya sewa Ambulance.
  • Rekam Medis. Menyimpan file eMR, membuat surat RM, melihat unit eMR perlu laporan seperti laporan rekapitulasi, penghitungan ruangan, dll.
  • Bank Darah. Melakukan pemesanan darah, crossmatch dan pemberian darah kepada pasien.
  • Pendaftaran. Pendaftaran pasien baru di semua unit/ poli pada fasilitas kesehatan.
  • Asuhan Keperawatan. Asesmen dan diagnosis keperawatan.
  • Remunerasi. Mengatur dan membayar jasa tenaga kesehatan.

Modul Back Office

  • Dashboard Back Office - Keuangan. Ringkasan keuangan yang dapat disesuaikan dengan instan dan real-time. Dalam modul ini terdapat fitur-fitur seperti:
  1. Memantau pengeluaran
  2. Laporan bisnis dan keuangan
  3. Proses bisnis operasional menyeluruh
  • Aset. Lihat jumlah penyimpanan aset secara real-time, buat catatan aset dan sesuaikan item asset. Dalam modul ini terdapat fitur-fitur seperti:
  1. Riwayat transaksi pelanggan dan pemasok
  2. Laporan penjualan dan pembelian
  • Akuntansi. Buat bagan akun, buku besar, entri jurnal dan hasilkan laporan. Dalam modul ini terdapat fitur-fitur seperti:
  1. Bagan akun fleksibel
  2. Memantau saldo
  3. Banyak mata uang
  • Faktur Keuangan. Membuat faktur secara cepat dengan 11 template yang sudah tersedia. Dalam modul ini terdapat fitur-fitur seperti:
  1. Lampiran bukti transaksi
  2. Melacak biaya tak terbayar
  3. Pembayaran daring
  4. Template faktur
  5. Penganggaran
  6. Perhitungan pajak otomatis
  • Pengelolaan Inventory. Lihat jumlah penyimpanan secara real-time, buat catatan inventaris, dan sesuaikan item inventaris. Dalam modul ini terdapat fitur-fitur seperti:
  1. Riwayat transaksi pelanggan dan pemasok
  2. Laporan penjualan dan pembelian
  • Dashboard Backoffice - Kepegawaian. Ringkasan kepegawaian yang dapat disesuaikan dengan instan dan real-time. Dalam modul ini terdapat fitur-fitur seperti:
  1. Administrasi Kepegawaian
  2. Tinjauan Kinerja
  • Penggajian. Proses penggajian dan transfer gaji secara remote dan praktis. Dalam modul ini terdapat fitur-fitur seperti:
  1. Payroll & THR calculation
  2. Mixed Tax & BPJS Calculation
  3. Reimbursement
  4. Employee Benefit
  5. Weekly Payroll Calculation
  6. Employee Loan Management
  7. Tax System
  8. Accounting System
  • Kepegawaian. Pencatatan administrasi kepegawaian. Dalam modul ini terdapat fitur-fitur seperti:
  1. Time management features
  2. Employee Directory
  3. Recruitment
  • Pencatatan Waktu & Kehadiran. Lacak kehadiran karyawan untuk meningkatkan produktivitas. Dalam modul ini terdapat fitur yang terintegrasi dengan fingerprint.

 

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. 

Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes Anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Baca juga : Dengan Cloud Server Data Pasien Tetap Aman Saat Faskes Terdampak

Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Modul Farmasi Trustmedis yang dapat menunjang pengelolaan farmasi yang terintegrasi, dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes Anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. 

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram