Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
29 March 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Alasan Mengapa Faskes Anda Harus Beralih ke Cloud Accounting

Teknologi cloud telah merevolusi kehidupan kita sehari-hari. Teknologi cloud telah menghadirkan inovasi termasuk dalam dunia bisnis kesehatan. Teknologi cloud membantu mengefisienkan dan profitabilitas bagi fasilitas kesehatan (faskes) tidak terkecuali di bidang finansial. Cloud accounting dapat meningkatkan efisiensi pembukuan faskes dan menyederhanakan administrasi keuangan. Penggunaan cloud accounting juga turut membantu kemudahan pekerjaan administrasi faskes, karena dengan cloud accounting pekerjaan administrasi keuangan akan secara otomatis terintegrasi.

Secara harfiah, cloud accounting sendiri adalah proses akuntansi dengan menggunakan perangkat lunak dengan hosting secara lokal di hard drive komputer. Cloud accounting juga bisa diartikan sebagai kegiatan akuntansi yang dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak dan hosting dari jarak jauh pada sebuah cloud. Secara sederhana, cloud accounting adalah melakukan transaksi yang dilakukan melalui media internet. Dengan menggunakan cloud accounting tidak mengharuskan pengguna untuk menginstal perangkat lunak di komputer pengguna atau memiliki server. Perangkat lunak dan aplikasinya disediakan oleh pihak ketiga yang disebut dengan remote server dan aplikasi.

Lalu mengapa faskes Anda harus segera beralih menggunakan teknologi cloud accounting? Dilansir dari laman Business Tech, berikut lima alasan mengapa faskes harus beralih ke cloud accounting. 

  1. Akses secara real-time

Dengan penghitungan cloud, Anda dapat mengakses informasi keuangan utama Anda kapan saja, dari mana saja. Saat Anda menggunakan sistem akuntansi berbasis desktop, seluruh data tersimpan pada drive lokal. Membatasi akses yang dapat Anda miliki ke informasi keuangan perusahaan. Akuntansi berbasis cloud membebaskan adanya batasan ini. Semua data dan informasi terenkripsi dan tersimpan dengan aman di server cloud. Karyawan dapat mengakses data tersebut dan bekerja dari browser web di tempat manapun yang memiliki koneksi Internet.

  1. Solusi hemat biaya dan waktu

Bekerja secara online mengurangi biaya Teknologi Informasi dan menghemat waktu. Sistem berbasis desktop membutuhkan investasi pada hardware TI juga pemeliharaan perangkat keras tersebut.  Perusahaan memerlukan server untuk menampung perangkat lunak aplikasi dan data terkait juga perlu membayar seorang ahli IT untuk memelihara server dan jaringan kantor, yang mana memerlukan biaya yang terbilang mahal. Akuntansi online beroperasi sepenuhnya dari cloud sehingga tidak memerlukan biaya mahal untuk perawatan infrastruktur IT. 

  1. Keamanan tingkat tinggi 

Jika Anda telah menggunakan akuntansi desktop, Anda akan menyadari kebutuhan untuk melakukan backup terhadap pekerjaan. Pada platform cloud, pekerjaan tersimpan secara otomatis sehingga bisa menghemat waktu dan biaya untuk prosedur pencadangan yang terkadang memberatkan. Semua informasi akuntansi Anda terenkripsi di sumbernya dan tersimpan ke cloud. Jadi satu-satunya orang yang dapat mengakses informasi rahasia adalah mereka yang memiliki hak akses. Sistem akuntansi cloud juga terus diperbarui secara otomatis meningkatkan perangkat lunak dan pembaruan yang terjadi di belakang layar, tanpa mengganggu aktivitas Anda.

  1. Berbagi data dengan mudah

Kolaborasi adalah proses yang mudah dilakukan jika perusahaan menggunakan sistem berbasis cloud. Perusahaan besar memiliki jumlah karyawan yang tidak sedikit. Dengan adanya cloud accounting ini seluruh karyawan dapat mengakses sistem yang sama, tanpa dikenakan biaya per pengguna. Sehingga, perusahaan bisa memberikan akses kepada setiap pihak yang berkepentingan dengan tidak mengkhawatirkan anggaran tambahan.

  1. Paperless

Dengan sistem akuntansi tradisional kegiatan pengolahan dokumen, entri data, dan administrasi keuangan cukup menghabiskan waktu karena harus dicetak dalam bentuk hard copy. Metode ini dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Dengan sistem akuntansi online, Anda dapat mengurangi ketergantungan pada dokumen secara signifikan. Invoice dapat terkirim melalui email langsung ke klien, menghilangkan biaya pencetakan dan perangko dan mempercepat proses pembayaran. Karena semua dokumen memiliki format digital dan tersimpan pada sistem berbasis cloud, perusahaan tidak perlu menyimpan dokumen asli sehingga menghemat ruang pengarsipan dan biaya penyimpanan.

Menjawab tantangan ini, Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia, memiliki modul Akuntansi yang membantu serta memonitor laporan keuangan dengan mudah. Modul Akuntansi Trustmedis telah terintegrasi dengan berbagai unit pelayanan di faskes Anda, sehingga pengerjaan laporan keuangan anda lebih cepat. Modul akuntansi dari Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya:

  • Menu Jurnal
  • Jurnal Kas Bank 
  • Jurnal Umum 
  • Jurnal Pembelian 
  • Jurnal Penjualan 

Menu berikutnya ialah menu Posting, yang terdiri dari:

  • Posting Jurnal
  • Unposting Jurnal
  • Closing transaksi dengan periode tahunan yang bisa dipilih

Dengan menggunakan Modul Akuntansi dari SIM Trustmedis, anda juga dapat dengan mudah melakukan pekerjaan  laporan lain seperti; Laporan Jurnal Harian, Laporan Buku Besar, Laporan Neraca percobaan, Laporan Arus kas, Laporan Persediaan, Laporan Hutang, Laporan Piutang, Laporan Perubahan Aset tetap, Laporan Perubahan Modal, Laporan Laba/Rugi, Laporan Neraca serta Catatan Atas Laporan Keuangan.

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan.

Baca juga : Dengan Cloud Server Data Pasien Tetap Aman Saat Faskes Terdampak

Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Modul Farmasi Trustmedis yang dapat menunjang pengelolaan farmasi yang terintegrasi, dapatkan aplikasi Trustmedis untuk meningkatkan manajemen faskes Anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. 

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram