Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
24 June 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda

Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan penagihan. Beberapa kesalahan umum yang dilakukan manajemen faskes saat memilih sistem manajemen keuangan adalah kurang memperhatikan faktor-faktor penting seperti biaya dan perangkat lunak yang digunakan. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana mendefinisikan apa itu software atau sistem manajemen keuangan dan memilih mana yang terbaik dari yang terbaik.

Apa itu sistem manajemen keuangan?

Sistem manajemen keuangan adalah software atau sistem yang digunakan untuk mengotomatisasi proses penagihan medis, klaim asuransi, pembayaran pasien, serta fungsi vital keuangan lainnya. Software ini dapat terdiri dari program desktop (diinstal di komputer Anda), software berbasis web ataupun kombinasi antar keduanya. Penting untuk mengetahui jenis apa yang kita perlukan sebelum melakukan pembelian karena akan sangat memengaruhi harga dan fungsionalitas. Beberapa sistem sangat mendasar dan memerlukan input manual dari staf/dokter, sementara yang lain akan secara otomatis menghitung apa yang perlu ditagih serta memberikan pengingat kapan hal-hal perlu terjadi seperti tagihan jatuh tempo dll.

Berikut adalah sistem manajemen keuangan faskes terbaik

Trustmedis, adalah sistem informasi manajemen faskes online terbaik di Indonesia. Trustmedis memiliki modul keuangan yang akan membantu manajemen keuangan faskes Anda lebih kaurat dan optimal. Modul keuangan dari Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya: 

  • kasir terpusat untuk semua pelayanan, review semua tagihan, termasuk kartu pasien, biaya naik kelas dan biaya non layanan. 
  • Melayani pembayaran cash, kredit, debit dan transfer. Termasuk penerimaan deposit, refund dan penerapan diskon. 
  • Cetak tagihan secara rinci atau terpisah, per unit atau tindakan. Bisa menggabungkan rincian tagihan beberapa pasien. 
  • Pelunasan hutang piutang pasien dengan mudah dan cepat disertai notifikasi. 
  • Perhitungan jasa dokter secara otomatis dan pembayarannya. 
  • Tukar faktur, pelunasan hutang vendor, pengajuan dan pelunasan klaim asuransi, reimburse dan mencetak semua laporan uang masuk dan keluar secara lengkap per periode, per unit, per aktifitas yang bisa di export ke excell dan PDF

Modul keuangan Trustmedis juga memiliki beberapa fitur seperti: 

  • Kasir Sentral

Fitur ini digunakan untuk transaksi pembayaran tagihan pasien umum (non bpjs, non asuransi, non jamkesda, non perusahaan) baik pasien terdaftar maupun non pasien (pasien bebas) dengan berbagai cara pembayaran (cash, debit, kredit, transfer). Selain itu didalam fitur ini terdapat fungsi untuk pembayaran biaya non layanan (surat sehat, surat keterangan bebas narkoba, surat kelahiran, dan seterusnya) beserta perubahan penjamin pembayaran dari umum ke asuransi, perusahaan, jamkesda, dan bpjs.

  • Kasir Tagihan

Fitur ini digunakan untuk transaksi pembayaran tagihan pasien non umum (bpjs, asuransi, jamkesda, perusahaan) dengan metode pengajuan piutang (klaim) khusus pasien terdaftar.

Selain itu di dalam fitur ini terdapat fungsi untuk pembayaran biaya naik kelas (khusus pasien rawat inap penjamin BPJS) beserta perubahan penjamin pasien.

  • Laporan BPJS

Fitur ini memudahkan anda untuk mencetak laporan BPJS per periode waktu tertentu secara otomatis tanpa ada penghitungan manual kembali. Dengan pemanfaatan fitur ini anda dapat mengatur aliran kas faskes yang anda miliki lebih tepat guna dan efektif.

Trustmedis adalah software atau aplikasi berbasis web yang akan memudahkan Anda untuk mengakses darimana dan kapan saja tanpa perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu. Selain itu, penyimpanan data Trustmedis menggunakanan sitem berbasis cloud, sehingga Anda tidak perlu lagi menyediakan ruangan server khusus untuk menyimpan data pasien maupun data penting lainnya. Hal ini otomatis akan menghemat biaya pemeliharaan server yang tidak murah.

Baca juga : Bagaimanakah Sebenarnya Wujud Rumah Sakit yang Ideal ?

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Coba Gratis Aplikasi[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram