Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
18 August 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Fokus Pengembangan Klinik Hanya Dengan Satu Aplikasi

Berapa banyak ide yang Anda miliki untuk pengembangan klinik Anda? Mungkin ada lebih dari satu ide yang akan Anda lakukan demi pengembangan klinik. Namun tunggu dulu, jika ada cara yang mudah untuk pengembangan klinik, mengapa Anda harus pusing memikirkan ide mana yang harus lebih dulu Anda lakukan. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mudah untuk mengembangkan klinik hanya dengan satu aplikasi. Mungkin cara ini masih terdengar aneh bagi beberapa orang, namun nyatanya, beberapa survey di Amerika mengatakan bahwa penggunakaan satu aplikasi manajemen yang terintregasi mampu mendongkrak performa dan membuat klinik lebih berkembang.

Efisiensi industri kesehatan sangat terhambat oleh krisis operasional, birokrasi di mana-mana, dan praktik manajemen usang yang terlalu membebani tenaga medis. Akibatnya, harga layanan kesehatan meningkat, jumlah orang yang memiliki akses ke layanan kesehatan yang terjangkau berkurang, sementara kualitas layanan juga menurun karena kelelahan karyawan dan lingkungan kerja yang tidak efektif. Oleh karena itu, ada kebutuhan, atau bahkan tujuan akhir, untuk meningkatkan produktivitas serta pengembangan klinik. Tanggung jawab tersebut tentu saja berada di tangan manajemen dan personel medis. Bersamaan dengan teknologi dunia kesehatan yang semakin berkembang, ada solusi terbaik untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut hanya dengan satu aplikasi.

Penerapan aplikasi sistem informasi manajemen (SIM) klinik yang andal seperti SIM Klinik Trustmedis, dapat mengatasi beberapa masalah yang disebutkan dan meningkatkan efisiensi. Pengotomatisan proses manajemen rutin serta penyimpanan semua informasi medis yang dilakukan SIM Klinik Trustmedis, membantu karyamawan klinik untuk menangani tugas sehari-hari dengan lebih efektif, sehingga pelayanan terhadap pasien akan lebih cepat dan tepat. Saat ini pasien ingin mendapatkan pelayanan medis yang profesional serta pelayanan yang berkualitas. SIM klinik Trustmedis dapat membantu meningkatkan tingkat layanan pelanggan seperti:

Booking Online dan Rekam Medis Elektronik

Salah satu bagian integral dari setiap bagian SIM Klinik Trustmedis pada dasarnya adalah sistem yang mengotomatiskan semua kasus penggunaan yang relevan dengan pasien yang berinteraksi dengan berbagai jenis spesialis medis di dalam klinik. Sistem menyimpan informasi sebanyak mungkin tentang pasien - mulai dari data pribadi, asuransi, dan rincian keuangan hingga riwayat kesehatan keluarga yang dapat menyarankan pendekatan pengobatan yang lebih baik kepada dokter. Ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk fasilitas kesehatan untuk berbagi informasi tentang rekam medis pasien yang telah berkonsultasi dengan institusi yang berbeda. Oleh karena itu, integrasi dengan database yang mengadopsi teknologi cloud computing memberikan manfaat yang sangat layak untuk hampir semua fasilitas medis.

Proses Penagihan dan Pembayaran

Semua layanan yang disediakan harus dipilih sekaligus dan juga jumlah pembayaran pengunjung harus dihitung secara otomatis dalam program saat membuat janji. Seharusnya jumlah pembayaran sudah diketahui saat pasien memilih layanan tertentu di meja resepsionis. SIM Klinik Trustmedis secara otomatis melacak hutang atau pembayaran di depan pasien. Fitur dalam SIM Klinik Trustmedis mampu menandai pasien yang sudah membayar layanan atau yang harus membayar. SIM Klinik Trustmedis juga dapat mencetak termasuk daftar semua layanan yang diberikan dan jumlah pembayaran untuk periode yang diperlukan.

Manajemen Laboratorium 

Penggunaan SIM Klinik Trustmedis dapat menyimpan catatannya sendiri serta membuat rencana sesuai dengan standar internasional, menyimpan hasil semua hasil laboratorium dalam bentuk elektronik serta BHP yang digunakan. Tidak hanya itu, SIM Klinik Trustmedis juga dapat melakukan penjadwalan pemeriksaan laboratorium agar dapat dilakukan secara efektif dan efisien sekaligus dapat mencetak semua laporan pemeriksaan.

Makin Mudah Kelola Fakses

Baca juga : Rekam Medis Elektronik untuk Praktik Dokter Pribadi

Manajemen Persediaan

Modul manajemen inventaris SIM Klinik Trustmedis membantu melacak aliran bahan, menghitung barang di gudang secara otomatis, dan mengelola pengadaan. SIM Klinik Trustmedis juga memungkinkan penghapusan bahan yang diperlukan secara otomatis selama prosedur.

Keuangan

Otomatisasi akuntansi keuangan membantu mengalokasikan dana dengan mudah, akurat, dan teratur untuk semua departemen klinik. Proses ini dapat dipantau oleh pengguna yang berwenang. Modul akuntansi SIM Klinik Trustmedis menciptakan sistem terpadu dengan otomatisasi siklus penuh operasi fasilitas medis dari penerimaan ke laboratorium. Juga, mekanisme pembentukan laporan keuangan gabungan oleh departemen, karyawan, atau layanan telah diintegrasikan.

Integrasi BPJS

SIM Klinik Trustmedis memberikan kemudahan dalam validasi data proses Virtual klaim (Vclaim) BPJS. Dengan Modul BPJS Vclaim, proses klaim BPJS lebih mudah dan cepat. Hanya dengan satu kali klik, maka semua data klaim BPJS tervalidasi. Modul BPJS Vclaim dari Trustmedis memiliki kelebihan, diantaranya: 

  • Mencetak SEP. Pihak Faskes bisa dengan mudah melakukan pencetakkan SEP BPJS.
  • Laporan Penerbit Rujukan SEP. Fitur ini memudahkan anda untuk mencetak laporan penerbit SEP BPJS Vclaim secara otomatis dari sistem.
  • Laporan Penerbitan SEP. Fitur ini memudahkan anda untuk mencetak laporan penerbitan SEP di faskes yang anda miliki.
  • Laporan Klaim INACGBS. Fitur ini memudahkan anda untuk mencetak laporan klaim INACGBS.

Baca juga : Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar

Gunakan SIM Trustmedis sekarang juga. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap.Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram