Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
9 March 2022
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Pelayanan Kesehatan Melalui Aplikasi Pasien

Aplikasi pasien, atau aplikasi kesehatan adalah program aplikasi yang menawarkan jasa yang berhubungan dengan kesehatan dan dapat di akses melalui telepon genggam dan komputer. Aplikasi kesehatan biasanya dapat diakses dengan mudah dan dimana saja, terdapat banyak jenis aplikasi kesehatan. Beberapa di buat untuk membantu konsumen untuk membuat pilihan sehat sehari-hari dengan menawarkan pilihan, seperti fitness atau nutrisi.

 

Ada juga yang menjadi perantara antara dokter dan pasien, seperti aplikasi untuk diabetes yang secara otomatis mengirim informasi glukosa ke dokter mereka dan ada juga yang mengkombinasi antara mobile health (mHealth) dengan Electronic Medical Record (ERM).

 

Terdapat 318.000 aplikasi kesehatan yang tersedia di app store di seluruh dunia, dengan lebih dari 200 aplikasi kesehatan baru ditambahkan setiap harinya.  (IQVIA. The Growing Value of Digital Health. 07 November 2017)

 

Penggunaan telemedisin meningkat 443% semenjak Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur Jenderal WHO, mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi tgl 30 Januari 2020 lalu.

 

COVID-19 memaksa semua orang melakukan segalanya dari rumah, Work From Home (WFH), dan bergantung pada internet & teknologi. Layanan kesehatan, seperti rumah sakit, tidak mempunyai pilihan selain mengandalkan teknologi untuk mengoptimalkan pelayanan dan mengurangi penyebaran antara dokter dan pasien.

 

Penggunaan teknologi untuk di bidang kesehatan telah diaplikasikan sejak lama. Tetapi, ada beberapa alasan yang mendasari kenapa penggunaan teknologi tidak begitu digunakan, yaitu:

  • Sisi keuangan yang tidak memadai
  • Pihak layanan kesehatan menolak menggunakan teknologi
  • Jaringan yang tidak stabil
  • Membutuhkan perawatan yang lebih
  • SDM terbatas

 

Berdasarkan riset JAMA Network Open, walaupun setengah penduduk di Amerika mau melakukan video visit dengan dokter mereka untuk kegiatan non-emergency tetapi mereka masih memilih untuk datang langsung. Ini dikarenakan pasien masih menyukai pengobatan dan bertemu dengan dokter mereka secara langsung.

 

Chronic Disease Prevention Alliance of Canada mengatakan, setidaknya, 60% orang mempunyai satu penyakit kronis dan 80% ada bakat untuk mempunyai. Mengutip situs Medscape, terhitung dari bulan Maret 2020, 55% penduduk Amerika telah melakukan video visit sebanyak satu kali atau lebih. 53% penduduk Amerika lebih memilih untuk datang langsung saat pengobatan, 20.9% memilih video visit, dan 26.2% tidak mempunyai pilihan. Rata-rata mereka yang memilih video visit adalah masih muda, mampu, dan memiliki pendidikan yang bagus.

Jenis-Jenis Aplikasi Kesehatan

Aplikasi kesehatan dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • General Health & Wellness Apps: Aplikasi kesehatan untuk melacak nutrisi & membantu kita untuk menghitung kalori, mengetahui pola tidur kita, dan stress-management.
  • Aplikasi Telemedisin: Digunakan untuk pasien yang ingin berobat secara virtual.
  • Health Management Apps: Aplikasi jenis ini mempunyai 3 kegunaan. Ditujukan untuk layanan kesehatan untuk membagi dan melaporkan personal data medis, membantu melacak konsumsi obat—obatan, dan membantu individual untuk memantau kondisi pengguna, seperti penyakit jantung, diabetes, kehamilan, mental health, dan sebagainya.

 

Selain mendapatkan hasil yang cepat, ada faktor-faktor yang mempengaruhi pasien untuk beralih menggunakan aplikasi kesehatan.  Lalu, apa saja?

  • Bagi pasien dan pelayanan kesehatan, diharapkan aplikasi Kesehatan dapat mengurangi biaya kesehatan secara menyeluruh.
  • Memperbaiki efisiensi & kecepatan layanan kesehatan
  • Memudahkan pengumpulan informasi untuk layanan kesehatan
  • Meningkatkan kenyamanan pasien

Doctugo dari Trustmedis

Doctugo adalah aplikasi dari HIS Trustmedis yang dibentuk pada bulan Mei 2021 untuk membantu pelayanan Faskes lebih optimal dan juga terintegrasi dengan SIM RS/Klinik Trustmedis. Mempunyai tujuan untuk membantu dan mensukseskan program pemerintah dalam digitalisasi kesehatan.

 

Aplikasi ini dikususkan untuk pasien, untuk pasien yang ingin mencobanya harus mengunduh aplikasi Doctugo di tempat Faskes yang digunakan. Alasan dibentuknya Doctugo ada 2, yaitu:

 

Permasalahan yang dihadapi oleh tenaga kesehatan:
  • Adanya aturan pemerintah yang melarang melakukan promosi
  • Kesulitan me-manage keuangan
  • Informasi data medis yang tidak sesuai
  • Manajemen waktu yang kacau

 

Bagaimana dengan yang dihadapi oleh pasien?
  • Susah mencari dokter terdekat
  • Lupa membawa catatan data medis
  • Tidak punya uang tunai
  • Tidak ada biaya untuk berobat
  • Waktu tunggu yang lama

 

Trustmedis sangat memahami kebutuhan Faskes saat ini yang sesuai dengan perkembangan teknologi demi pelayanan pasien yang lebih baik dan kesejahteraan tenaga kesehatan, maka Trustmedis menyediakan update gratis untuk mitra setiap ada pembaharuan.

Baca juga: Doctugo Bantu Faskes Raih Kepuasan dan Kepercayaan Pasien[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram