Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
22 March 2022
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Kondisi Digitalisasi Layanan Kesehatan di Indonesia

Pandemi COVID-19 tidak hanya membuat layanan kesehatan dan nakes di Indonesia kewalahan, tetapi juga membuat masyarakat umum untuk sadar tentang pentingnya digitalisasi kesehatan. Dengan digitalisasi kesehatan diharapkan dapat membantu baik nakes dan pasien untuk:

  • Mempermudah pasien atau pengguna Faskes mencapai dan mengakses layanan kesehatan.
  • Membantu perkembangan kesehatan di Indonesia agar semakin merata.
  • Mengurangi penyebaran
  • Memprioritaskan waktu.

 

Jika hasil yang akan di dapat semakin bagus, maka dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas Faskes. Di era dimana segala hal dapat dilakukan secara virtual dan digital, penggunaan teknologi untuk kesehatan sebenarnya telah dilakukan.

Seperti yang sering terjadi di masyarakat umum, banyak orang telah menggunakan smartwatch dan wristwatch untuk mengukur detak jantung, seberapa banyak langkah yang telah di ambil dalam sehari, suhu badan, kualitas tidur, dan lain-lain. Penggunaan teknologi untuk di bidang kesehatan telah diaplikasikan sejak lama.

Beberapa alasan mengapa penggunaan teknologi tidak begitu digunakan, seperti:

  • Sisi keuangan yang tidak memadai
  • Pihak layanan kesehatan menolak menggunakan teknologi
  • Jaringan yang tidak stabil
  • Membutuhkan perawatan yang lebih
  • SDM terbatas

 

Mengutip dari situs WHO mengatakan jika setiap negara dan stakeholders wajib untuk membuat program eHealth yang sesuai dengan prioritas  dan sumber daya kesehatan negara mereka dan membuat sebuah pedoman untuk memantau dan mengevaluasi implementasi dan progres dari eHealth.

 

Menurut WHO, lebih dari 120 negara anggota, yang terdiri dari negara berpenghasilan menengah dan menengah ke bawah telah memperbaiki strategi dan kebijakan tersebut.

 

World Health Organization (WHO) sendiri sedang memanfaatkan tenaga dan kemampuan teknologi digital dan inovasi kesehatan untuk mencapai kesehatan dan kesejahteraan dalam skala global.

 

Baca juga: Pentingnya Mengintegrasikan Semua Unit di Klinik Anda

 

Pemerintah Indonesia Mendukung Digitalisasi Layanan Kesehatan 

 

Pemerintah berusaha untuk memperbaiki layanan kesehatan dengan mempermudah akses dan memperkuat digitalisasi pelayanan kesehatan. Seperti dari segi penyediaan infrastruktur, teknologi penunjang, dan literasi digital. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan jika digitalisasi kesehatan adalah keputusan tepat untuk mempercepat adopsi teknologi dan solusi kesehatan digital. Namun, untuk mempercepat program digitalisasi kesehatan di Indonesia mempunyai kendala. Seperti sarana dan prasarana yang tidak memadai.

Kemenkes telah membentuk tiga proyek utama tentang pemanfaatan teknologi digital, yaitu:

  • Integrasi dan pengembangan sistem data kesehatan
  • Pengembangan sistem aplikasi pelayanan
  • Pengembangan ekosistem teknologi

 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan jika perluasan digitalisasi layanan kesehatan harus dapat menarik perhatian masyarakat untuk ikut dalam kepesertaan program JKN.

 

Dalam rangka mempercepat/mendukung rencana pemerintah, Trustmedis sebagai penyedia software SIM di Indonesia menawarkan solusi bagi Faskes yang ingin beralih dari konvensional ke digital. Seperti pencatatan rekam medis eletronik, booking online, pencatatan laporan keuangan secara elektronik, dan lain-lain. Yang mana dapat memudahkan dan meningkatkan efisiensi Faskes Anda.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram