Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
9 August 2022
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Rumah sakit adalah salah satu dari fasilitas kesehatan atau sering juga disebut faskes yang penting bagi masyarakat. Faskes yang satu ini menjadi tempat berobat dan berkonsultasi mengenai berbagai macam hal. Mulai dari kesehatan, hingga penyakit tertentu. Untuk mengenalkan fungsinya, sangat penting diterapkan strategi pemasaran faskes secara digital.

Strategi pemasaran memang identik dengan promosi produk atau bisnis. Namun, dalam pengelolaan rumah sakit, juga sangat penting dilakukan strategi pemasaran. Seperti dalam bidang bisnis yang mengenalkan produk, rumah sakit juga harus mengenalkan layanannya kepada masyarakat. Tapi apa pentingnya melakukan itu?

3 Alasan Pentingnya Strategi Pemasaran Rumah Sakit Secara Online

Strategi pemasaran rumah sakit dan faskes yang lainnya tidak jauh berbeda dengan strategi pemasaran pada umumnya. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan dan mengenalkan rumah sakit serta layanan yang disediakan. Namun strategi pemasaran digital yang dilakukan dalam pengelolaan rumah sakit, memiliki beberapa alasan penting untuk dilakukan selain tujuan utama tersebut.

Berikut ini adalah alasan penting mengapa strategi pemasaran faskes secara online atau digital harus dilakukan. Simaklah ulasan lengkapnya!

1. Meningkatkan Branding Rumah Sakit

Dengan penerapan strategi pemasaran digital, tentu saja pihak rumah sakit bisa memberikan informasi lengkap mengenai rumah sakit. Ketika pasien mencari informasi untuk melakukan pengobatan di rumah sakit, pasien tersebut membutuhkan informasi yang dapat mendukung keputusannya.

Penyajian informasi yang lengkap tentang rumah sakit di platform online seperti web, social media, atau youtube. Dapat memudahkan pasien dalam mencari informasi tentang rumah sakit kita. Serta meningkatkan kredibilitas dari rumah sakit itu sendiri.

2. Sebagai Upaya Penerapan Misi Preventif

Tak terpisahkan dari poin sebelumnya, dalam poin ini menjelaskan betapa pentingnya menerapkan strategi pemasaran digital pada rumah sakit. Di mana rumah sakit bisa memberikan edukasi terkait kesehatan.

Sehingga kita tidak hanya memasarkan tentang pelayanan apa saja yang ditawarkan. Tetapi juga dapat mengedukasi masyarakat sekitar bagaimana menjaga kesehatannya

Selain dari segi pasien dan dokter, dengan penerapan strategi pemasaran, komunikasi antar dokter akan dipermudah. Terutama antara dokter umum dan dokter spesialis yang menangani kasus secara bersama.

3. Sebagai Sarana Penyampaian Informasi

Promosi merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat diambil oleh rumah sakit untuk menyampaikan informasi mengenai produk, yaitu jasa pelayanan yang tersedia di rumah sakit.

Dengan memanfaatkan platform online, dapat memudahkan calon pasien untuk mencari informasi tentang rumah sakit kita dengan mudah.

 

Baca Juga : Personalisasi Layanan Kesehatan untuk Meningkatkan Efisiensi

 

Peraturan Pemasaran Rumah Sakit

Dalam penerapan strategi pemasaran faskes secara digital, tidak bisa sembarangan dan harus sesuai dengan peraturan dari Kemenkes. Ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya. Perhatikan dengan cermat!

1. Menyampaikan Informasi Mengenai Pelayanan Kesehatan

Sesuai dengan fungsi dan tugas utama rumah sakit, yaitu memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna, maka peraturan dalam penerapan strategi pemasaran faskes secara digital yang pertama ialah menyampaikan berbagai informasi pelayanan kesehatan.

Penyampaian dan pemberian informasi yang dimaksudkan ialah mengenai pelayanan yang sesuai dengan standar. Baik dalam pengobatan, pemeliharaan, maupun peningkatan kesehatan.

2. Menyampaikan Informasi yang sesuai

Targetan adalah masyarakat yang diperkirakan sebagai pasien atau pengguna layanan kesehatan yang ditawarkan. Informasi tentu saja harus disesuaikan dengan target tersebut. Selain itu, strategi pemasaran digital juga harus bisa menjawab kebutuhan dari masyarakat dalam bidang kesehatan.

Inilah Strategi Pemasaran Rumah Sakit Secara Digital yang Tepat Dilakukan!

Dalam penerapan strategi pemasaran rumah sakit secara digital, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Apa sajakah itu? Anda bisa menyimaknya pada ulasan berikut ini!

1. Mengubah Mindset Masyarakat

Mindset masyarakat mengenai pentingnya kesehatan adalah kunci wajib dalam strategi pemasaran digital untuk rumah sakit. Membuat masyarakat lebih peduli kesehatan adalah tujuan utamanya.

2. Menentukan Target

Seperti yang ada pada pembahasan sebelumnya, target sangatlah penting ditentukan. Agar Anda tidak salah dalam menyusun strategi khusus untuk menerapkan pemasaran digital.

3. Membuat Laman Website atau Aplikasi Resmi

Dalam langkah ini, Anda bisa bekerja sama dengan Trustmedis. Trustmedis adalah aplikasi yang dapat digunakan sebagai solusi dalam menerapkan strategi pemasaran faskes secara digital. Peningkatan efisiensi faskes tentu saja akan meningkat dengan lebih cepat dan mudah ketika Anda bekerjasama dengan Trustmedis.

Tak hanya untuk rumah sakit, Trustmedis juga cocok untuk faskes jenis lainnya. Seperti puskesmas, apotek, klinik, laboratorium, hingga klinik kecantikan. Dijamin Anda bisa menyebarkan informasi dengan lebih efektif. Begitu pula dalam segi pelayanan, sudah pasti Trustmedis akan memberikan Anda aplikasi yang mampu melakukan pelayanan terbaik. Salah satunya ialah otomatisasi administrasi.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Selain laman dan aplikasi resmi, Anda juga bisa memasifkan pemasaran faskes dari media sosial. Baik akun media sosial rumah sakit maupun akun dari para karyawan dan pasien yang pernah dirawat atau bahkan masih sedang dalam perawatan.

Melihat beberapa hal tentang pentingnya pemasaran fasilitas kesehatan secara digital, tentu Anda akan mulai menyadari perlunya melakukan hal tersebut. Namun, tidak semua tenaga di manajemen rumah sakit memahami bagaimana cara melakukan pemasaran seperti ini.

 

Untuk itu, kami Trustmedis hadir sebagai solusi untuk membantu Anda!

Serahkan urusan SIMRS pada rumah sakit Anda pada Trustmedis, sehingga Anda dapat fokus pada bisnis Anda

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram