Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
26 February 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

3 Sektor Penting dalam Manajemen Klinik Pratama

Saat ini, mengelola klinik bukanlah hal yang sepele. Anda membutuhkan manajemen klinik pratama yang tepat. Ya, jika klinik pratama yang akan dikelola sudah ada, selanjutnya anda harus menjalankannya dengan sistem manajemen yang sesuai agar berkembang dengan baik dan efektif. Berikut adalah hal-hal yang dapat anda jadikan sebagai acuan manajemen klinik anda:

  • Sumber Daya Manusia

Posisi SDM dalam hal ini sangatlah penting. Sebagaimana yang anda tahu bahwa manusia adalah investasi terbesar. Agar klinik berkembang pesat sesuai tujuan, visi, juga misi yang sudah anda rumuskan, maka anda butuh tenaga manusia handal. Handal maksudnya paham akan hak dan kewajiban, juga melaksanakan tugas sesuai job desc. Namun, mengendalikan SDM juga bukan perkara mudah. SDM yang buruk punya potensi besar untuk menghancurkan klinik anda. 

Anda memerlukan strategi dalam mengendalikan SDM. Strategi untuk mengajak mereka bersama-sama mencapai tujuan. Yang harus anda tanamkan adalah SDM anda juga ingin berkembang. Meskipun SDM yang anda miliki adalah tenaga dengan skill minim (pas-pasan), tetaplah mencoba mempertahankannya jika memang mereka bertanggung jawab. Ingat, SDM dapat anda jadikan sebagai indikator kepuasan pasien. 

  • Sistem klinik dan SOP

Agar anda dan tim dapat bekerja dengan sangat maksimal, maka anda juga butuh sistem yang bagus dalam mengelola klinik. Tim anda bukanlah anak kecil yang dapat dipukul atau dibentak. Pikiran mereka sudah matang dalam segala hal. Maka, anda hanya perlu menyajikan sistem terbaik untuk dijalankan bersama. Berilah SOP yang clear kepada tim. Dengan demikian, mereka akan memahami pekerjaan mereka baik harian, mingguan, hingga tahunan. SOP tersebut juga dapat membantu anda mengetahui apakah mereka memang bertanggung jawab atau tidak. 

Selain itu, anda juga dapat menerapkan budaya klinik seperti kekeluargaan, saling menghormati, disiplin, dan masih banyak lagi. Anda dapat menciptakan budaya baik lainnya. Budaya tersebut akan berdampak baik untuk kemajuan klinik anda. Maka, anda harus serius dengan SOP dan budaya klinik anda. 

Baca juga : Tingkatkan Jumlah Kunjungan Pasien dengan Layanan Booking Online

  • Marketing

Manajemen klinik pratama selanjutnya yakni marketing. Jika anda dapat mendatangkan suatu profit, maka klinik anda dapat dikatakan berhasil/sukses. Bentuk profit ini beragam seperti barang, uang, atau profit lainnya. Agar anda mendapatkan profit, maka anda harus melakukan pemasaran dengan baik. Yang dimaksud dengan pemasaran atau marketing di sini adalah promosi klinik yang mana dapat berupa collecting, selling, publik relation, dan juga lainnya. Ingat, promosi ini juga sangat mempengaruhi perkembangan klinik, maka anda harus cerdas dalam menyetting strategi marketing anda. 

  • Keuangan

Opsi selanjutnya untuk mengatur manajemen yakni keuangan. Dalam bidang apapun, jika tanpa adanya keuangan, maka kebangkrutan dapat menghampiri kapan saja. Maka, perencanaan keuangan sangat diperlukan. Jika perencanaanya bagus, maka klinik akan berkembang bagus. Namun, jika perencanaanya buruk, klinik bisa saja gulung tikar. Keuangan yang bagus/baik merupakan keuangan yang dapat mengalokasikan semua anggarannya sesuai dengan strategi marketing. 

Itulah beberapa hal penting yang perlu anda lakukan terkait manajemen klinik pratama. Tentu perlu juga inovasi beberapa sektor untuk lebih maksimal dan setiap klinik tidaklah sama persis perlakuannya.

Penggunaan SIM Klinik juga akan mendukung proses layanan pasien lebih cepat dan efisien. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram