Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
10 May 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

5 Cara Menjaga Tenaga Kesehatan Agar Tetap Fokus dan Produktif

Tahun 2020 adalah tahun yang cukup meresahkan bagi setiap individu termasuk tenaga kesehatan. Virus Corona telah memaksa kita untuk melakukan transformasi luar biasa. PHK dan penutupan bisnis juga turut menjadi bagian sulit yang tak terelakkan. Perubahan yang berlangsung cepat tak jarang membuat kita kita dan pekerja mengalami stress yang tentu saja mempengaruhi produktivitas kerja. 

Dalam bisnis kesehatan, tenaga medis adalah garis terdepan dalam menghadapi Covid-19. Banyaknya pasien yang harus ditangani membuat tenaga medis rawan untuk demotivasi atau semangat kerja yang menurun akibat kelelahan. Peningkatan kinerja karyawan faskes di tengah pandemi sangat diperlukan. Sebagai seorang pemimpin tim, tentu Anda harus mendorong karyawan atau anggota tim Anda untuk kembali bekerja secara optimal di masa pandemi yang sangat transformasional ini. 

Kebutuhan individu dan organisasi tentu berubah, dengan merelevansikan kebutuhan ini maka bisnis akan mampu sustain. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah lima strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan semangat karyawan di perusahaan agar tetap produktif dan fokus di masa pandemi Covid-19:

1. Prioritaskan Masalah Kesehatan Tenaga Kesehatan

Kesehatan adalah hal utama yang harus diprioritaskan saat ini. Dukunglah kesehatan karyawan Anda baik itu kesehatan tubuh maupun mental. Patrick Porter, pakar ilmu saraf kepada Business News Daily mengatakan saat karyawan merasa kebutuhan mereka terpenuhi dan bahwa atasan mereka memahaminya, karyawan akan merasa lebih berkomitmen terhadap perusahaan dan lebih positif serta fokus pada pekerjaan mereka

2. Bangun Komunikasi yang Terbuka dengan Tenaga Kesehatan

Komunikasi adalah elemen kunci karyawan bekerja secara produktif dengan semangat kerja yang tinggi. Pandemi mengakibatkan pertemuan langsung berkurang dan beralih ke virtual, pastikan komunikasi Anda dan tim berjalan baik dan berikan feedback secara cepat dan cermat sehingga tim merasa dipahami.

3. Apresiasi Hal Sekecil Apapun

Setiap karyawan telah menghadapi masa sulit baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari organisasi dalam waktu satu tahun terakhir ini. Penting bagi setiap pemimpin untuk memberikan apresiasi setiap pencapaian mereka. Hal ini akan membantu meningkatkan moral karyawan. Ingat keberhasilan bisnis adalah upaya semua karyawan, beritahu karyawan Anda bahwa mereka semua adalah bagian penting dari keberhasilan itu. Ingatkan peran penting mereka dalam membantu perusahaan mencapai tujuan. Pengakuan yang Anda berikan dapat berfungsi sebagai motivasi untuk tetap produktif dan terlibat.

4. Evaluasi Secara Berkala dan Open Terhadap Masukan

Evaluasi penting dilakukan untuk melihat perkembangan faskes atau menilai baik buruknya kinerja karyawan. Untuk itu, lakukanlah secara berkala untuk mengantisipasi masalah yang timbul dan dapat segera mendapatkan solusi. Jangan lupa untuk selalu mendengarkan berbagai masukan dari tim yang bekerja, demi terciptanya lingkungan kerja yang lebih baik dan tidak saling merugikan antar pihak.

  1. Gunakan aplikasi untuk memonitor dan mengevaluasi progress pekerjaan

Di era digital seperti saat ini, pengembangan sistem berbasis aplikasi untuk monitoring dan mengevaluasi progress pekerjaan dirasa sangat perlu. Selain untuk efektifitas, monitoring kinerja menyeluruh dan bisa dilihat secara realtime akan sangat membantu keefisienan kerja fasilitas kesehatan (faskes). Sistem Informasi Manajemen (SIM) dapat membantu klinik dalam hal ini. 

Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia, menghadirkan SIM bagi bisnis faskes yang dapat membantu dan mengotomatisasi pekerjaan di Klinik dan juga mengintegrasikan setiap unit agar operasional klinik Anda berjalan lebih efektif dan juga efisien. SIM Trustmedis memiliki modul kepegawaian yang berfungsi untuk pengelolaan data karyawan menjadi lebih optimal, dan aktivitas kinerja termonitor dengan baik.

Modul kepegawaian dari SIM Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya; Dalam modul Kepegawaian terdapat Kebutuhan Karyawan, Mutasi dan Promosi, Pensiun dan PHK, Riwayat pekerjaan, Riwayat Pelatihan, dan masih banyak yang lainnya yang bisa Anda gunakan seperti:

  • History Karyawan. Pihak faskes akan mudah melakukan pendataan dan melihat history karyawan melalui modul kepegawaian ini.
  • Laporan Mutasi Promosi. Dalam rangka mempermudah faskes untuk pendataan karyawan, dengan adanya fitur laporan mutasi promosi maka akan mempermudah dalam pendataan proses mutasi promosi setiap karyawan.
  • STR. Fitur STR atau Surat Tanda Registrasi dalam modul kepegawaian. Modul ini akan mempermudah faskes dalam melakukan pendataan registrasi kepegawaian.
  • SIK – SIP. Fitur SIK – SIP dalam modul kepegawaian. Modul ini akan mempermudah faskes dalam melakukan pendataan surat izin kerja dan surat ijin praktik kepegawaian.

Baca juga : Aplikasi Klinik Online Terbaik

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap.Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram