Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
21 December 2020
chanafi@trustmedis.co.id

Salah satu tolak ukur penilaian terhadap kualitas fasilitas kesehatan (faskes) adalah kesan pertama terhadap pelayanan faskes itu sendiri. Kesan pasien terhadap aspek pelayanan kesehatan sebuah faskes sangat berdampak terhadap kredibilitas faskes. Untuk itu, faskes harus selalu mencari cara untuk selalu meningkatkan kualitas faskes. Ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan kualitas faskes. Berikut 7 aspek penting agar kualitas faskes Anda meningkat.

Keamanan

Yang dimaksud dengan keamanan adalah terhindarnya pasien dari cidera yang tidak disengaja. Ketidaksengajaan ini bisa muncul dari kegagalan rencana tercapai sesuai yang dikehendaki atau menggunakan rencana yang keliru untuk mencapai tujuan. Maka dari itu pastikan tenaga ahli yang bekerja ditempat anda benar-benar mempunyai kompetensi yang memadai dibidangya.

baca juga : Dengan Cloud Server Data Pasien Tetap Aman Saat Faskes Terdampak Kebakaran

 

Efektif

Efektif berarti pelayanan yang faskes berikan didasarkan pada bukti-bukti ilmiah. Semua unsur pelayanan mulai dari pemeriksaan, obat yang diresepkan, nutrisi yang direkomendasikan, hingga terapi yang dijalani harus dapat dijelaskan sesuai bukti-bukti yang ada.

Terpusat pada Pasien

Pelayanan pada pasien juga harus memperhatikan aspek saling menghargai dan tindakan yang responsive. Faskes harus membuat pasien merasa dihargai, menerima empati, dan terjawab kebutuhannya. Pelayanan juga harus memusatkan pasien untuk berbagi informasi dan menentukan pilihan.

Tepat Waktu

Palayanan yang diberikan tidak berbelit-belit sehingga memakan banyak waktu bagi pihak pasien. Jauh lebih baik jika pasien tidak menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal ini juga berfungsi untuk mencegah jatuh nya korban jiwa dikarenakan kelalaian waktu oleh pihak rumah sakit. Alur pelayanan hendaknya dibuat selancar mungkin sehingga pasien bisa segera menerima pelayanan dan tenaga kesehatan juga tidak kehilangan waktu.

Efisien

Faskes yang efisien adalah yang menggunakan sumber daya untuk hasil terbaik dengan biaya termurah. Untuk membuat faskes menjadi lebih efisien, meneliti alokasi sumber daya dan mengurangi biaya administrasi sangatlah penting.Gunakan layanan yang solutif dan efesien, sehingga menguntungkan bagi dua pihak baik dokter maupun pasien.

 

Dapatkan Promo Akhir Tahun : Year End Promo – HIS PRO Trustmedis

Kesetaraan

Yang dimaksud dengan kesetaraan adalah faskes mampu diakses oleh siapa saja. Adanya perlakuan yang sama bagi pasien tanpa melihat latar belakang gender, etnis, lokasi geografis, dan status ekonomi. Sehingga pelayanan dapat maksimal dan pasien merasa dihargai. Semakin luas lapisan masyarakat yang mampu mengakses faskes, maka semakin baik kualitas faskes tersebut.

Sistem yang terintegrasi

Dalam perkembangan dunia digital, inovasi untuk mendukung kemajuan faskes adalah penting. Performa kualitas sistem dan layanan faskes harus terus meningkat terkait penguatan citra merek atau brand image. Saat ini mayoritas faskes terlihat belum menerapkan sistem informasi manajemen (SIM) yang belum terintegrasi. 

Sesuai dengan tuntutan pasar layanan kesehatan, sebuah klinik dinilai perlu untuk mengintegrasikan sistem online, termasuk dengan telah dimulainya era BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang bersifat nasional. Untuk mengatasi permasalahan sistem dan layanan faskes khususnya terkait koordinasi sumber daya faskes yang cukup rumit, Trustmedis adalah solusinya. 

Trustmedis sebagai aplikasi fasilitas kesehatan online nomor satu di Indonesia, memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis merupakan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) dengan tiga jenis pelayanan yakni e-Doctor, e-Clinic, dan e-Hospital. 

Selain itu, terdapat modul rawat inap, rawat jalan, IGD, farmasi, penunjang medis, administrator, keuangan, human resource management (HRM), costumer relationship management (CRM), bank darah, instalasi gizi, manajemen, inventori, dan akuntansi. Trustmedis memiliki sistem yang sudah terintegrasi dengan BPJS Kesehatan, hal ini dapat membantu seluruh peserta karena ada catatan rekam medis yang tersimpan dan bisa diakses oleh seluruh fasilitas kesehatan yang sudah menjadi rekanan BPJS. 

Trustmedis menawarkan sejumlah keunggulan antara lain, aplikasi berbasis web, menggunakan software development model Hierarichal Model View Controller (HMVC), bisa membuat Application Programming Interface (API). Dari sisi user interface, ada sistem validasi sehingga dapat meminimalisir human error saat memasukkan data.

Dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, faskes akan mendapatkan kemudahan. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik.

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram