Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
30 January 2023
tischajr@ts.co.id

Proses pendaftaran pasien di fasilitas kesehatan dapat menjadi suatu hal yang menakutkan bagi sebagian orang, karena antrean faskes yang panjang, formulir yang banyak dan waktu yang lama. Hizbun Nasor mengatakan bahwa, baik buruknya proses pendaftaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur oleh masyarakat, dalam mengevaluasi kualitas pelayanan kesehatan pada faskes.

Kini, ada solusi baru yang dapat memudahkan proses pendaftaran pasien di faskes Anda, yaitu dengan pendaftaran mandiri pasien menggunakan E-Kios. E-Kios merupakan suatu sistem vending  machine informasi bagi  publik  yang  dapat diakses kapanpun pada umumnya tersedia di tempat-tempat publik.

Dalam penggunaan untuk faskes, E-Kios bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran pasien secara online serta mengecek jadwal praktek dokter. Layanan pendaftaran mandiri ini, memungkinkan pasien untuk melakukan pendaftaran tanpa harus mengantre dan melalui proses yang lebih cepat dan efisien. Tentu, ada beberapa keuntungan yang dirasakan apabila layanan ini dilakukan di faskes Anda.

Faskes Bebas Antrean dengan Sistem E-Kios

  • Waktu yang lebih efisien:

Pendaftaran mandiri pasien menggunakan E-Kios, memungkinkan pasien untuk melakukan pendaftaran tanpa harus mengantre dan mengisi formulir secara manual, sehingga dapat menghemat waktu pasien.

  • Proses yang lebih cepat:

Dengan E-Kios, pasien dapat melakukan pendaftaran tanpa harus menunggu antrian yang panjang. Nomor antrian juga akan langsung tercetak, sehingga proses pendaftaran menjadi lebih cepat.

  • Data yang akurat:

Pendaftaran mandiri pasien menggunakan E-Kios akan otomatis terkoneksi dengan sistem faskes Anda sehingga data yang diinput oleh pasien dapat diperiksa dan diperbarui secara otomatis. Setelah memahami keuntungan yang diperoleh, sangat penting untuk melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan implementasi sistem. Persiapan ini sangat penting agar sistem pendaftaran mandiri pasien menggunakan E-Kios dapat dijalankan dengan baik dan efisien serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pasien.

Setelah memahami keuntungan yang diperoleh, sangat penting untuk melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan implementasi sistem. Persiapan ini sangat penting agar sistem pendaftaran mandiri pasien menggunakan E-Kios dapat dijalankan dengan baik dan efisien serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pasien.

Baca juga Admisi Klinik Daftarkan Pasien Cepat, Hindari Tumpukan Pasien

Persiapan Penggunaan E-Kios pada Faskes

  • Persiapan infrastruktur:

Anda harus mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan seperti koneksi internet yang stabil, perangkat keras unutk mesin E-Kios seperti komputer atau laptop, dan print thermal untuk mencetak nomor antrian.

  • Pembuatan sistem E-Kios

Anda harus membuat sistem pendaftaran mandiri pasien untuk E-Kios yang sudah terintegrasi dengan sistem utama pada faskes Anda.

  • Penempatan E-Kios:

Anda harus menempatkan E-Kios di area utama faskes Anda, seperti di lobi, untuk memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran.

  • Pelatihan staff dan sosialisasi ke pasien:

Staff harus dilatih untuk dapat mengelola sistem E-Kios dengan baik dan memberikan sosialisasi kepada pasien tentang cara melakukan pendaftaran mandiri pasien menggunakan E-Kios.

Diantara list persiapan diatas, pembuatan sistem untuk E-Kios yang tepat sangat diperlukan agar dapat memenuhi kebutuhan pasien serta faskes Anda. Demi menjaga kenyamanan pasien, aplikasi HIS Trustmedis menyediakan modul E-Kios untuk faskes Anda yang mudah digunakan.

Baca Juga : Penilaian Kematangan Digital di Rumah Sakit

Kelola Antrean Faskes dengan Modul E-Kios pada Aplikasi HIS Trustmedis

Modul E-Kios sudah terintegrasi dengan modul lainnya, sehingga memudahkan pendaftaran pasien hanya dengan menggunakan nomor rekam medis saja. Apabila ada data rekam medis yang kurang sesuai, pasien dapat mengubah langsung melalui mesin E-Kios. Selain itu, jenis pasien akan dibagi seperti asuransi, BPJS, perusahaan dan umum. Sebelum melakukan pendaftaran, pasien juga dapat mengecek jadwal praktek dokter yang tersedia.

Tampilan display layar antrean faskes mesin E-Kios
Mengisi nomor rekam medis untuk data antrean faskes
Memilih jadwal dokter untuk mencetak nomor antrean faskes

Setelah menyesuaikan data rekam medis dan memilih jadwal dokter, E-Kios akan langsung mencetak nomor antrean. Sehingga, pasien hanya tinggal menunggu panggilan untuk konsultasi dokter, sesuai dengan nomor antrean yang sudah dicetak.

Tertarik mencoba modul E-Kios pada aplikasi HIS Trustmedis? Klik tombol dibawah ini, untuk mengikuti live demo aplikasi secara GRATIS.

Referensi :

Hizbun Nasor. 2018. Rancang Bangun Sistem Pelayanan Pendaftaran Pasien Rumah Sakit Berbasis Web Service Dengan Protokol Soap WSDL Dan Bantuan Alat Deteksi Sidik Jari. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang

Heru, Denny, Barlian. 2014. Rancang Bangun Sistem Administrasi Akademik Berbasis Multimedia Pada Multicliente E-Kiosk Di Lingkungan Program Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIL). Vol. 1, No. 1, April 2014, hlm. 45-49.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram