Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
10 March 2020
chanafi@trustmedis.co.id

Tanda sebuah klinik berkembang dapat diukur dari pertumbuhan jumlah pasien yang jalani pengobatan. Peningkatan jumlah pasien ini akan berdampak langsung pada panjang antrian di klinik. Apabila tidak diikuti dengan peningkatan kualitas layanan, permasalahan antrian klinik mungkin sekali terjadi.

Antrian panjang dan waktu tunggu pasien sangat lama sering berujung pada komplain dan kepuasan pasien yang lebih rendah. Saat antrian menumpuk di ruangan, ruangan serasa menjadi lebih sumpek dan bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya penularan penyakit.

Tenaga pelayanan dan medis yang harus bekerja dalam mobilitas tinggi melihat kondisi ruangan seperti itu menjadi lebih tertekan dan tidak tenang. Lingkungan kerja seperti ini tidak hanya buruk untuk kesehatan mental para manusia yang kita harus juga, pun meningkatkan kemungkinan terjadinya kesalahan dan kecelakaan kerja.

Antrian klinik yang panjang ini terjadi karena jumlah pasien yang datang tidak bisa diprediksi. Ketika unit pelayanan tidak bisa memprediksi banyaknya pasien yang datang, unit pelayanan tidak mampu tentukan banyaknya tenaga pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Melebihi kebutuhan tidak efektif dari sisi biaya, pun tidak menjamin terjaganya produktivitas sebagaimana yang dijelaskan dalam hukum manajemen the law of diminishing return. Kurang dari kebutuhan adalah yang sering terjadi, membuat tenaga pelayanan berpotensi kewalahan dan menjadi penyebab banyak kesalahan berikutnya.

Aplikasi Antrian Klinik Hadir Sebagai Solusi Antrian Macet

Adanya aplikasi antrian klinik yang terintegrasi mampu membuat antrean menjadi lebih efisien. Melalui sistem admisi yang terintegrasi, pasien dapat mengambil nomor antrean dari rumah melalui situs, aplikasi, atau telepon dan mengerti kapan ia harus datang ke klinik. Pasien juga dapat mengakses informasi proses antrean untuk memperoleh layanan yang dia kehendaki dari kanal informasi yang tersedia.

Melalui sistem yang terintegrasi ini, pasien dapat memperkirakan pada pukul berapa ia perlu tiba di klinik dan menunggu langsung sebagai jarak aman. Hal ini membuat pasien merasa tidak perlu untuk tergesa datang ke unit layanan. Ketergesaan itu dipicu saat pasien tidak memiliki akses yang jelas pada informasi antreinnya.

Dampaknya, ruang di unit layanan tidak jadi dipenuhi pasien. Kondisi ini membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Kondisi pikiran para tenaga pelayanan pun menjadi lebih tenang. Pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cermat, lebih terhindar dari kesalahan, dan meminimalisasi risiko kecelakaan dalam lingkungan kerja.

Antrian Klinik Lancar, Manajemen Tenang

Melalui aplikasi antrian klinik online, data-data pasien yang antre telah masuk dan terkumpul terlebih dahulu. Berdasarkan data inilah, manajemen mampu memperkirakan dengan lebih tepat kapasitas tenaga pelayanan yang diperlukan.

Tidak hanya berapa jumlah tenaga yang perlu disiapkan, melalui data ini manajemen juga dapat memetakan pada pos apa jumlah pasiennya lebih banyak dan pos apa jumlah pasiennya lebih sedikit. Hasil dari pemetaan yang strategis ini adalah pelayanan pada pasien yang semakin efisien, waktu tunggu pasien memendek, dan masalah antrean pun teratasi.

Selain itu, data dari sistem ini tentu terhubung dengan data rekam medis pasien. Data ini dapat digunakan dalam manajemen operasional. Melalui data rekam medis pasien dan data admisi, dapat dilihat alat-alat dan obat-obat apa saja yang memperoleh permintaan lebih tinggi dalam periode waktu tertentu. Informasi ini bisa menjadi pertimbangan menentukan apa saja yang perlu diadakan terutama agar mampu berikan pelayanan dalam waktu lebih cepat.

Waktu antri lebih cepat dan masalah antrin teratasi dengan aplikasi klinik online. Pertanyaan-pertanyaan tentang cara kerja dan penerapan sistem secara menyeluruh pun tidak terlewat dari benak Anda. Pertanyaan-pertanyaan Anda dapat terjawab dengan menghubungi kami, Trustmedis, penyedia layanan Simklinik yang bisa Anda andalkan. Silakan hubungi kami melalui kanal yang tersedia, kami siap berikan jawaban terbaik untuk Anda. Klik request demo gratis untuk langsung rasakan kemudahan gunakan aplikasi klinik.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram