Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
28 June 2022
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Tantangan Apoteker di Industri Farmasi Modern

Tantangan apoteker di industri farmasi modern ini semakin banyak, mengingat ilmu teknologi dan kesehatan yang tidak pernah berhenti berkembang. Hal ini memang tidak mudah dilakukan oleh para apoteker, apalagi jika sudah bergelut di dunia ini dalam waktu yang lama.

Biasanya mereka lebih nyaman dengan cara-cara manual dibandingkan harus mengikuti perkembangan zaman, dan jika salah satunya Anda, lebih baik belajar dan mulailah ‘update’ akan hal terbaru. Untuk itu, berikut kami akan memberi ulasan penting seputar permasalahan yang sering dihadapi apoteker di dunia farmasi serta solusi terbaiknya!

Apoteker adalah sebuah profesi yang dikenal sebagai peracik obat dan tentunya memberi andil cukup besar dalam bidang medis serta mampu menjelaskan mengenai obat-obatan kepada para pasien. Bahkan seorang apoteker juga harus mendalami ranah kosmetik disamping obat-obatan.

Mengapa apoteker perlu update skill?

Bagi Anda seorang apoteker, hal ini tentu menjadi aktivitas sehari-hari, bahkan sudah terbiasa dan mahir dalam menghitung stok fisik obat-obatan secara manual. Namun, sadarkah Anda bahwa pekerjaan tersebut akan memerlukan banyak waktu?

Padahal dengan perkembangan teknologi di industri farmasi seperti sekarang ini, hal-hal tersebut sudah bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat dibandingkan metode konvensional yang menguras waktu itu.

Sebut saja, dalam pelayanan kesehatan, teknologi sudah digunakan untuk meningkatkan sistem ini, mulai dari melayani pemesanan secara online, proses pengadaan yang semakin cepat karena sudah teratur dalam sistem, dan sebagainya.

Perlu diketahui, dengan perkembangan teknologi ini, penggunaan obat juga bisa-bisa tidak rasional. Sebab, sudah banyak masyarakat awam diluar apoteker yang menjual obat-obatan secara online. Sakit ini itu langsung membeli obat dari online, bahkan tanpa adanya arahan dari medis sedikitpun.

Ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi seorang apoteker. Apalagi jika Anda seorang yang sudah terbiasa dan nyaman dengan metode pekerjaan tanpa ingin melakukan perubahan, sebut saja masih nyaman dengan metode konvensional.

Mau tidak mau, Anda harus merangkul era industri farmasi ini. Sebab, jika masih terus melakukannya dengan cara konvensional tersebut, Anda akan ketinggalan atau malah kalah saing.

Bahkan Anda pun jauh tertinggal dibandingkan apoteker lainnya yang selalu mengikuti era, atau bisa saja penjual obat abal-abal yang banyak muncul di internet lebih maju dibandingkan Anda.

 

Bukan hanya itu, ada beberapa dampak yang akan terjadi apabila tanpa mengimbanginya dengan teknologi, seperti:

  • Tidak ada pencatatan expired date.
  • Bisa mengalami kerugian bahkan resiko yang besar, karena tidak rinci dan teraturnya manajemen.
  • Stock opname tidak berjalan secara rutin.

 

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Stock Opname Apotek

 

Tidak mudah memang beradaptasi dengan zaman yang semakin modern ini, tapi Anda harus bisa melakukannya. Dalam hal tersebut, sebenarnya ada satu solusi yang bisa membantu Anda untuk melakukan modernisasi ini. Khususnya jika Anda adalah apoteker yang sekaligus memiliki bisnis apotek

Kembangkan apotek Anda dengan aplikasi farmasi dari Trustmedis

Dalam menghadapi tantangan industri farmasi modern ini, apotek Anda juga perlu melangkah maju jika ingin bisa bertahan dan berkembang. Untuk itu, percayakan saja semua pada kami Trustmedis.

Disini kami akan membantu dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, serta performa dari apotek Anda. Aplikasi apotek online ini memberikan sistem yang anti ribet, ditambah monitor laporan yang otomatis, serta fitur-fitur lengkap yang sudah terintegrasi.

Bagi Anda yang belum bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi ini, bersama kami Trustmedis siapa saja akan dengan mudah menyesuaikannya. Sebab, sistem di aplikasi farmasi yang kami sediakan tidaklah seribet yang dibayangkan.

Jika Anda mempercayakannya pada kami, berbagai kelebihan akan didapatkan, sebut saja:

1. Melakukan penjualan obat dengan cepat dan mudah

Dengan penerapannya secara online, semua penjualan seperti obat dan alat kesehatan bisa terjual dengan cepat dan mudah. Bahkan, para pelanggan Anda juga dapat melakukan pembatalan penjualan.

Bukan hanya itu, dengan aplikasi dari Trustmedis ini, dengan mudah para pasien mendapatkan e-Resep atau resep obat secara online.

2. Apoteker dapat melakukan pengelolaan obat secara modern

Hanya dengan satu aplikasi, berbagai masalah yang sering terjadi seputar pengelolaan obat akan teratasi. Sebab, Anda akan mendapatkan notifikasi mengenai stok kadaluarsa dan stok obat-obatan yang akan habis.

Disamping itu, aplikasi kami dapat mengelola stock opname multi depo serta rak. Bahkan, dapat melakukan perencanaan mengenai pengadaan obat termasuk alat-alat kesehatan.

3. Lebih mudah mengelola karyawan Anda

Disamping melakukan pengelolaan obat-obatan, aplikasi dan software Trustmedis juga memberi kemudahan dalam mengelola karyawan. Disini, Anda bisa menghitung gaji karyawan dengan cepat dan mudah.

Terdapat notifikasi mengenai kontrak kerja karyawan juga, hingga akan ada pengelolaan mengenai pembayaran THR serta uang lembur para karyawan.

4. Mendapatkan banyak modul

Terpenting, kami akan memberi 8 modul terbaik untuk Anda, seperti halnya Dashboard, Apotek, Purchasing, Inventory, Keuangan, Kasir, Kepegawaian, hingga Penggajian.

5. Mendapatkan bonus yang menarik

Disamping kelebihan-kelebihan yang sudah disebutkan, Anda juga akan mendapat bonus menarik lainnya dari Trustmedis, seperti:

  • Bebas dalam menambahkan user tanpa perlu tambahan biaya.
  • Bisa melayani pasien tanpa limit.
  • Gratis melakukan update fitur, yang mana setiap dua minggu sekali kami akan merelease fitur-fitur terbaru.
  • Free training, yang dilakukan enam sesi training secara online. Ini berlaku 30 hari sesudah introduction.
  • Gratis melakukan migrasi data dari vendor lama (excell) tanpa adanya limit. Ini berlaku selama 14 hari setelah introduction.
  • Mendapat dukungan purna jual terbaik, yang mana setiap hari Anda juga akan mendapat pendampingan dari tenaga ahli kami. Biak itu melalui livechat, telepon, maupun tiket.

Dalam pengelolaan serta penyesuaian apotek yang berbasis digital tentu tidak akan mudah dan memerlukan proses yang panjang. Jadi, jika Anda mempercayakan hal ini pada kami Trustmedis, semua kekhawatiran Anda bisa teratasi dengan sangat baik dan termanage dengan benar serta terstruktur.

Tidak perlu khawatir jika Anda kurang paham dengan cara menjalankannya, sebab aplikasi dan software dari Trustmedis ini cukup mudah diaplikasikan. Bahkan, seperti yang sudah dijelaskan, Anda akan mendapatkan training dalam menjalankannya.

Tantangan apoteker di industri farmasi modern ini tentu akan terus muncul. Jika Anda memang ingin terus bertahan di dunia apoteker ini, maka bergerak dan mengikuti zaman harus dilakukan.

Jangan pernah takut dan khawatir untuk berubah agar lebih berkembang, coba saja dulu. Serta percayakan perubahan apotek Anda yang lebih maju bersama kami, Trustmedis.

Yuk, hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, sekarang juga!

 

Baca Juga : 7 Kegiatan Unit Farmasi untuk Menjamin Mutu Pelayanan[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram