Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
12 May 2020
Baskoro Aris Sansoko

Di era sekarang, tidak hanya bisnis yang dituntut percepatan, tapi semua lini termasuk pelayanan kesehatan pun demikian. Salah satu aspek layanan kesehatan yang juga diminta lebih cepat adalah pengelolaan laboratorium. Dalam pengelolaan laboratorium, arsip laboratorium memiliki posisi penting dan harus dikelola dengan baik.

Keberhasilan laboratorium hari ini juga tergantung dari bagaimana sistem manajemen informasi laboratorium. Tidak hanya tentang permintaan dan hasil tes laboratorium, tapi juga mengenai pertukaran data yang efektif antara sistem informasi laboratorium dan catatan kesehatan. Sebagai penunjang dalam hal ini, pencatatan manual tidak jarang menjadi hal yang memperlambat keefektifan pertukaran informasi ini terjadi.

Perlunya Level Up dari Arsip Laboratorium Manual

Membuat arsip laboratorium manual membutuhkan banyak tenaga dan kecermatan saat menyusunnya. Pada tahap ini, tidak jarang ada kekeliruan-kekeliruan dalam pencatatan dan penyimpanan. Misalnya salah memasukkan data yang dicatat atau bahkan catatan terselip.

Selain itu, pencatatan manual juga membuat pengintegrasian data dengan catatan kesehatan pasien menjadi lebih sulit. Catatan harus dipindahkan atau (jika diperkenankan) digandakan terlebih dahulu dan dilampirkan dalam dokumen catatan kesehatan. Hal ini tentu akan mempersulit proses yang harus ditempuh terlebih ketika ada kondisi yang lebih mendesak.

Melalui pencatatan manual juga, rawan adanya ketidaktahuan atas dokumen-dokumen yang sudah outdated atau sudah ketinggalan zaman. Selain itu, WHO sendiri mengimbau untuk laboratorium mengurangi penggadandaan dokumen-dokumen laboratorium untuk mengurangi kerumitan distribusi dokumen.

Salah satu kerumitan tersebut ada pada sisi kesulitan ketika pembaharuan informasi perlu dilakukan. Saat ada informasi baru, dokumen lama yang telah tersebar lebih baik dihilangkan untuk menghindari kekeliruan perujukan, namun tidak sedikit ada informasi yang luput sehingga dokumen tersebut tetap digunakan. Selain itu, penggandaan dokumen juga bisa membuat penelusuran asal dan asli dokumen menjadi lebih dulit dilakukan.

Pengarsipan Menggunakan Aplikasi HIS

Ada empat aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengarsipan data menurut WHO, yaitu permanence, accesibility, security, dan traceability. Dalam menggunakan aplikasi HIS, keempat aspek ini dapat terpenuhi lebih efektif dengan menggunakan aplikasi HIS. Trustmedis sendiri menyediakan modul Laboratorium untuk memenuhi fungsi ini di dalam aplikasi HIS yang ditawarkan.

Pada sisi permanence atau permanen, melalui aplikasi HIS, Anda dapat melakukan back up data-data Anda secara rutin dengan mudah. Selain itu, menggunakan aplikasi HIS juga lebih terjamin keamanan dan ketangguhan sistemnya karena sudah menggunakan proses yang teraudit dan terbukti andal.

Berikutnya pada sisi accessibility, lewat aplikasi HIS, data lebih mudah diakses kapanpun dimanapun. Selama ada koneksi internet dan gadget, data dapat dilihat dan secara mudah diintegrasikan dengan data lain seperti catatan kesehatan pasien.

Kemudian pasa sisi security, aplikasi HIS seperti Trustmedis memiliki kualitas keamanan yang teruji. Dengan keamanan berbasis cloud system, Trustmedis sendiri memiliki sistem yang seaman bank dan sesuai standar yang ditentukan regulasi. Kerahasiaan data pasien akan terlindungi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terakhir dari sisi traceability atau kemampuan ditelusuri, aplikasi HIS dapat membuat Anda lebih mudah menelusuri rekam jejak data-data Anda. Update lebih mudah dilakukan dan setiap update juga bisa dilihat kapan ia dibuat dan apa yang ditambahkan.

Dengan menggunakan modul Laboratorium di aplikasi HIS Trustmedis, Anda dapat mengelola arsip laboratorium lebih efektif.

Anda dapat mencoba langsung secara mudah. Klik link ini untuk memasuki halaman demo! Dapatkan juga promo spesial Ramadhan Trustmedis #Percaya (Percepat Pelayanan) dengan potongan harga 20% untuk langganan paket Pro dan Enterprise. Peroleh juga komisi 20% khusus untuk yang sudah berlangganan apabila berhasil ajak rekan sejawat gunakan Trustmedis. Khusus bulan Mei, tunggu apalagi!

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram