Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
2 April 2020
Baskoro Aris Sansoko

Pada situasi seperti ini semua orang rentan terkena Corona atau Covid-19. Mulai dari anak muda hingga orang tua, semuanya rentan terkena virus ini.

Menerapkan social distancing, mengurangi aktivitas diluar rumah, dan menjaga kebersihan tubuh serta sekitar memang penting. Namun mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi juga tidak kalah pentingnya.

Asupan Nutrisi Penting untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Pasalnya dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, maka secara alami dapat meningkatkan imunitas tubuh.  Adapun asupan nutrisi yang perlu anda konsumsi guna meningkatkan imun tubuh yakni:

  1. Vitamin C

Kebutuhan asupan Vitamin C harian orang dewasa adalah 95mg untuk pria, 70mg untuk perempuan, 85mg perempuan hamil, dan 120mg bagi ibu menyusui.

Mencukupi kebutuhan harian Vitamin C sangat lah penting, dikarenakan tubuh tidak dapat memproduksi nutrisi tersebut. Vitamin C dapat membantu membangun imunitas tubuh. Vitamin C juga berguna untuk meningkatkan produksi sel darah putih pada tubuh.

Namun dengan memasak bahan makanan tentu dapat menurunkan kualitas gizi. Maka dari itu anda disarankan mengkonsumsi buah atau sayuran seperti: Wortel, tomat, jeruk, kiwi, pepaya, nanas, dan jambu biji.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 berguna untuk meningkatkan energi, khususnya bagi anda bergerak aktif. Vitamin B6 juga sangat penting dalam mendukung reaksi biokimia tubuh guna meningkatkan sistem imun.

Umumnya Vitamin B6 terdapat pada bahan makanan seperti daging ayam, sapi, salmon, tuna serta telur. Vitamin B6 juga dapat anda temukan pada sayuran hijau sperti buncis, brokoli, kangkung, dan bayam.

  1. Vitamin E

Vitamin E sangat berguna melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh. Vitamin E juga merupakan sumber antioksidan yang berperan penting menjaga sistem kekebalan tubuh, khususnya pada orang lanjut usia. Anda dapat menemukan Vitamin E pada bahan makanan seperti bayam, kacang almond, biji bunga matahri, alpukat, udang, dan tahu.

  1. Vitamin D

Selain menjaga kesehatan tulang dan gigi, Vitamin D juga diperlukan tubuh guna mempertahankan imun saat melawan virus dari luar. Anda dapat menukan Vitamin D pada bahan makanan yakni telur, susu, hati sapi, minyak ikan cod, dan yogurt.

Memenuhi asupan Vitamin D juga dapat dilakukan dengan berjemur dibawah sinar matahari selama 10 menit. Waktu berjemur tidak boleh melewati pukul 09.00. Hal ini dikarenakan sinar UV yang terlalu tinggi dapat merusak jaringan kulit.

Nutrisi Lain yang Penting untuk Imunitas

  1. Zinc

Dilansir dari Healthline Zinc merupakan kandungan mineral yang berperang penting bagi tubuh. Zinc berperan dalam pengaktifan lebih dari 300 enzim pada metabolism tubuh, pencernaan, dan fungsi saraf.

Zinc juga merupakan bagian penting dalam menstabilkan dan meningkatkan sel immune tubuh. Selain itu mineral ini menjadi landasan penting bagi kesehatan kulit, sintesis DNA serta produksi protein.

Anda dapat menemukan Zinc dalam bahan maknaan seperti daging sapi, daging ayam, tiram, udang, kacang merah, kacang tanah, biji wijen, jamur dan bawang putih.

  1. Omega-3

Omega-3 merupakan jenis asam lemak esensial yang berperan penting dalam menekan peradangan dan menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat menemukan Omega-3 pada bahan makanan seperti tuna, sarden, salmon dan kacang kenari.

Dibandingkan mengkonsumsi vitamin tambahan dalam bentuk pil atau tablet, lebih baik jika anda mendapatkan sumber vitamin dari real food. Kualitas sumber vitamin dari real food dinilai lebih alami dan baik bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan konsumsi vitamin dalam bentuk pil atau tablet dapat menyebabkan efek samping jangka panjang pada tubuh jika tidak disertai pemakaian yang bijak.

Dilansir dari Health Harvard gaya hidup yang sehat bukan hanya dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Selain mengkonsumsi makanan bergizi anda juga harus rajin berolahraga, mengatur pola tidur, dan terhindar dari tekanan stress.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram