Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
21 May 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Bagaimana Membangun Sistem Manajemen Rumah Sakit yang Ideal

Sistem Manajemen Rumah Sakit yang baik dapat menjadi solusi yang tepat, yang akan membantu mengatasi tantangan, membantu dokter, membantu staf mengelola dokumen dengan cepat, dan melakukan tugas-tugas menjadi lebih efisien. Untuk menjalankan rumah sakit secara efektif, tidak hanya dibutuhkan tenaga ahli, namun juga diperlukan sistem manajemen yang sangat optimal dan sistematis. Lalu bagaimana membangun sistem manajemen rumah sakit yang ideal?

Industri Kesehatan saat ini menghadapi begitu banyak tantangan, seperti krisis operasional, birokrasi yang yang terlalu bertele-tele, serta praktik manajerial yang sudah usang. Tantangan ini turut meningkatkan biaya layanan kesehatan dan menurunkan efisiensi kerja karyawan, dan membuat lingkungan kerja menjadi tidak produktif. Untuk itu, sistem manajemen yang baik sangat diperlukan demi peningkatan mutu pelayanan dan kenyaman konsumen. Kenyamanan, ketepatan, dan juga kecepatan pelayanan menjadi salah satu faktor yang membuat konsumen percaya kepada rumah sakit Anda.

Baca juga : Lakukan Hal Ini Agar Manajemen Klinik Anda Lebih Optimal

Seperti perusahaan dan industri lainnya, Rumah Sakit membutuhkan sistem informasi manajemen (SIM) yang tepat untuk mengkoordinasikan karyawan, berkomunikasi dengan dokter, dan menetapkan tugas dan tanggung jawab di antara staf. Petugas rumah sakit menangani data pasien. Mengingat sifat data yang sangat sensitif, dan bahkan kesalahan kecil dapat menyebabkan pelanggaran yang menghabiskan banyak uang, diperlukan SIM rumah sakit yang aman dan sangat canggih demi keamanan data klien.

Pada dasarnya, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah perangkat lunak berbasis web atau cloud yang mengintegrasikan data dari semua departemen dan mengotomatiskan proses transaksi dan kerja rumah sakit. SIMRS membantu mengotomatiskan proses manajemen rutin dan mengumpulkan serta menyimpan semua informasi yang diperlukan untuk menjalankan rumah sakit. Sistem digunakan untuk mengumpulkan data dari pasien dan menyimpannya. Ini juga digunakan untuk mengakses data dari pemasok, kontraktor, sub kontraktor, dokter, anggota staf, dan personil terkait lainnya yang perlu dikelola. Dengan sistem yang begitu rumit, karyawan rumah sakit memiliki alat digital multiguna yang membantu mereka menangani tugas sehari-hari dengan lebih efektif dan efisien.

Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), memberi rumah sakit keuntungan yang signifikan dengan mempercepat proses manajemen dan meningkatkan efisiensi kerja karyawan. Manfaat SIMRS yang paling disorot adalah sebagai berikut:

Mempercepat Proses Operasional

SIMRS mengotomatiskan seluruh proses dengan mengoptimalkan pengalaman pengguna. Dengan bantuan perangkat lunak jenis ini, pasien dan staf rumah sakit dapat berkomunikasi secara online. Mereka dapat membuat janji dan bertukar informasi melalui SIMRS. Hasilnya, pasien bisa mendapatkan pelayanan dengan cepat dan efisien.

Rekam Medis Digital

Pasien dan dokter dapat mengakses informasi pasien seperti riwayat penyakit, hasil tes, dan perawatan yang diresepkan kapan saja. Pasien dapat membuat janji temu dan memeriksa hasil tes mereka, sedangkan dokter dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat diagnosis dan memantau kesehatan pasien.

One-Stop for Communication 

Dokter membutuhkan hasil tes untuk menentukan diagnosis. Anggota staf harus meningkatkan koordinasi dan kerja tim. Tanpa perangkat lunak ini, akan membutuhkan waktu lebih lama bagi dokter untuk mendapatkan hasil tes yang diminta dan obat yang diresepkan.

Kelola Sumber Daya

Rumah sakit dapat secara efisien mengelola sumber dayanya dengan bantuan SIMRS. Administrasi dapat mengelola rantai pasokan, mengurangi waktu henti peralatan, mengelola staf, dan menghemat waktu yang biasanya digunakan untuk pekerjaan administrasi.

Keuangan dan Manajemen Akun

Rumah sakit dapat dengan mudah mengelola keuangan rumah sakit melalui SIMRS. Mereka dapat menagih pasien, mengirim faktur ke vendor dan pemasok, dan merencanakan pajak atas pendapatan. Kesadaran finansial membantu menganalisis prospek bisnis dan bergerak ke arah yang benar.

Membantu Membuat Strategi Pasar

Semua data yang tersedia di SIMRS membantu manajemen rumah sakit yang lebih tinggi untuk menganalisis dan merancang strategi pemasaran. Ini dapat secara efektif membangun jembatan yang kuat antara pasien, dokter, pemasok, dan penyedia layanan pemasaran.

Kelola Klaim Asuransi

Administrasi dapat mengintegrasikan opsi asuransi di SIMRS. Pasien dapat mengklaim asuransi dengan mengirimkan rincian mereka di SIMRS.

Menghemat waktu

Karena proses otomatisasi, tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merekam data pasien dalam file. Ini menghemat waktu dari dokumen serta manajemen file. Semuanya bisa diakses hanya dengan beberapa klik.

Layanan Mandiri untuk Pasien

SIMRS tidak hanya bermanfaat bagi staf rumah sakit, tetapi juga membantu pasien membuat janji dengan dokter, memeriksa hasil tes lab, memeriksa diagnosis dokter, dan riwayat kesehatan mereka.

Pengalaman Pelanggan yang Luar Biasa

SIMRS dapat menawarkan bantuan setiap waktu kepada pelanggan. Itu dapat diintegrasikan dengan obrolan langsung atau pusat panggilan. Pasien bisa mendapatkan nasehat dari dokter melalui telepon dan melakukan pembayaran secara online.

Menerapkan Sistem Informasi Manajemen rumah sakit (SIMRS) pada faskes Anda akan membantu faskes untuk mencapai transformasi kesehatan digital dan pelayanan rumah sakit yang lebih ideal. Untuk itulah Trustmedis hadir menjadi solusi. Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia menyediakan layanan Sistem Informasi Manajemen (SIM) faskes berbasis cloud yang memungkinkan Anda beroperasi secara instan melalui gadget yang anda gunakan setiap hari seperti smartphone, tablet, maupun komputer. Dengan demikian, pelayanan terhadap pasien akan lebih cepat, tepat, efektif dan efisien. 

Baca juga : Lakukan Hal Ini Agar Manajemen Klinik Anda Lebih Optimal

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Dapatkan aplikasi Trustmedis untuk meningkatkan manajemen faskes Anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram