Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
15 February 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Bagaimana Meningkatkan Manajemen Rawat Inap Rumah Sakit?

Rawat Inap menjadi bagian penting di dalam manajemen klinik dan rumah sakit. Bertambahnya jumlah penduduk membuat jumlah ruangan untuk rawat inap juga meningkat. Manajemen rawat inap yang memiliki kualitas baik tentu saja akan disenangi dan digunakan oleh pasien yang membutuhkannya. Ruangan atau unit rawat inap merupakan salah satu unit yang selalu ramai. Bahkan, terkadang rumah sakit atau klinik harus melakukan rujuk ke rumah sakit lain. Hal ini tentu saja berkaitan dengan manajemen rawat inap yang ada pada rumah sakit tersebut. Berikut adalah cara agar manajemen rawat inap rumah sakit atau klinik Anda dapat meningkat sehingga menimbulkan kepuasan terhadap pasien.

Disiplin dalam Menaati Peraturan yang sudah Ada

Rawat inap memiliki peraturan tersendiri yang harus ditaati oleh petugas maupun pengunjung. Hal yang sering terjadi di rawat inap ini adalah peraturan yang dibiarkan dan tidak ditepati karena merasa memiliki kekuasaan. Banyaknya peraturan yang dilanggar seperti jam besuk yang melebihi batas dan jumlah orang yang masuk membuat manajemen rawat inap sebuah rumah sakit atau klinik. Menjadi turun. Evaluasi kembali aturan yang ada dan melaksanakannya dengan tingkat disiplin yang tinggi akan meningkatkan manajemen rawat inap sebuah rumah sakit. Hal ini akan membuat unit rawat inap yang ada di rumah sakit atau di kalian bisa melakukan performa yang maksimal terhadap pelayanan pada pasien.

Menyampaikan Informasi Sejelasnya Pada Awal Pendaftaran

Pada saat awal pendaftaran pasien yang ditempatkan pada unit rawat inap, Informasi harus dijelaskan dan disampaikan kepada keluarga pasien secara jelas dan informatif. Jelaskan poin-poin yang dirasakan sulit diterima dan dipahami oleh pasien dan keluarganya agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa mendatang. Hal ini juga harus ditambah dengan kecakapan petugas untuk bisa memberikan informasi yang mudah diterima oleh pasien dan keluarganya ketika terjadi sesuatu yang mengharuskan dilakukannya tindakan tertentu. Memberikan peraturan atau informasi tanpa menjelaskan tentu saja akan membuat pasien dan keluarganya merasa bingung dan hanya mengikuti apa yang diinstruksikan oleh pihak rumah sakit atau klinik tanpa memahami sendiri informasi awal yang ada.

 

 

Baca juga : Rekapitulasi Laporan di Rumah Sakit

 

 

Menjalankan tugas dan struktur kepegawaian

Salah satu upaya untuk dapat menerapkan manajemen keperawatan di ruang rawat inap dengan baik diperlukan seorang kepala ruang yang kompeten sebagai manajer. Setiap individu mempunyai tugas sesuai jabatan dan fungsi masing-masing. Di beberapa faskes peran seorang kepala ruang yang seharusnya bertugas sebagai supervisi belum dapat berjalan. Sehingga menimbulkan lemahnya pengawasan kinerja jabatan dibawanya. Untuk mendukung tercapainya visi faskes khususnya di unit rawat inap perencanaan & pengawasan mesti dilakukan setiap hari.

Laporan yang Sistematik dan Lengkap

Pemeriksaan yang rutin dan dibentuk dalam laporan yang sistematik merupakan cara meningkatkan manajemen rawat inap rumah sakit agar bisa menjadikan hal itu patokan untuk tindakan ke depannya. Tidak melewatkan hal kecil sekalipun dalam proses penyembuhan pasien yang ada di unit rawat inap mulai dari awal datanya pasien hingga selesai adalah hal yang harus dilakukan oleh petugas rumah sakit. Apa itu membagikan angket kepuasan pasien terhadap manajemen rawat inap rumah sakit atau klinik juga akan menambah poin terhadap laporan yang dibuat. 

Dukungan aplikasi manajemen rumah sakit dan klinik akan membantu pelaporan lebih mudah dan terstruktur. Semisal laporan jumlah pasien per kamar, per jenis pendaftaran atau berdasarkan cara masuk pasien. Proses pencatatan asuhan keperawatan juga sudah bisa dipermudah melalui aplikasi. Terbukti aplikasi SIM RS/Klinik Trustmedis menyediakan modul-modul perihal manajemen Rawat Inap. Modul Rawat inap dan Asuhan keperawatan yang sudah terintegrasi dengan semua unit akan membuat medical record pasien terpusat(menghindari redudansi data).

Baca juga :Tips Aman Simpan Rekam Medis Sesuai Permenkes

Penggunaan SIM RS atau Klinik juga akan mendukung proses layanan pasien, yakni demi membantu proses pendaftaran, pencatatan tindakan, penyimpanan data rekam medis maupun pembayaran tagihan. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes Anda dengan klik tombol dibawah ini 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram