Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
9 May 2020
Baskoro Aris Sansoko

Masalah klasik tapi selalu ada dan jarang terselesaikan dengan baik dalam faskes adalah jumlah antrian yang ramai atau bahkan membeludak. “Apakah antrian ramai merupakan hal yang berdampak buruk?” pertanyaan ini wajar muncul dan jawabannya adalah iya. Booking online faskes bisa Anda terapkan sebagai solusi antrian yang membeludak.

Sebelum masuk bagaimana booking antrian online bisa menjadi solusi antrian yang ramai, perlu kiranya untuk memahami dampak buruk dari antrian yang ramai membeludak. Secara garis besar, antrian yang ramai memiliki dampak buruk baik di sisi kesehatan maupun di sisi bisnis.

“Lho, padahal dengan antrian ramai faskes jadi terlihat laris?”

Sayangnya anggapan demikian seringkali masuk dalam kategori sebatas sudut pandang subjektif. Selama ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa antrian membeludak menjadi daya tarik kuat bagi pasien untuk turut berkunjung ke pasien. Di sisi lain, ada dampak-dampak yang lebih nyata dari keberadaan antrian yang ramai.

Antrian Faskes Ramai dan Dampak Buruknya

Salah satu dampak buruk antrian yang ramai hingga membeludak adalah dari sisi kesehatan. Setiap pengunjung yang berada di ruang tunggu selalu memiliki keluhan masing-masing. Sayangnya, tidak semua pasien memiliki keluhan yang tidak berpotensi tertular. Ada beberapa pasien yang menderita penyakit yang bisa menular melalui udara.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa tingkat risiko penularan penyakit airborne meningkat saat penderita berada dalam ruangan tertutup dan banyak orang. Dengan kerapatan jumlah manusia dalam suatu ruangan, penyakit yang dibawa lebih mudah ditularkan dan berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Tentu hal ini bisa membuat pasien Anda semakin rawan untuk pulang membawa penyakit.

Selain itu, antrian yang ramai dan membeludak juga memperlihatkan pada pasien bahwa manajemen faskes Anda ala kadarnya. Hal ini perlu dilihat dari alasan orang antri hingga ramai. Terdapat tiga faktor yang memengaruhi bentuk antrian dalam faskes, yaitu (1) kedatangan pasien, (2) lama pelayanan, dan (3) jumlah pemberi pelayanan.

Ketika orang melihat antrian banyak, orang itu, menurut suatu penelitian, akan mengasosiasikannya dengan pelayanan yang lama dan jumlah pemberi pelayanan yang sedikit. Bahkan dalam penelitian yang sama disebutkan bahwa 81% pasien yang menunggu lama akan cenderung tidak merekomendasikan faskesnya. Hal ini tentu dapat menjadi preseden buruk untuk faskes Anda.

Booking Online Faskes Solusinya!

Melihat tiga faktor antrian di atas, sebuah penelitian menyoroti bahwa tidak semua faskes memiliki kemampuan untuk mempersingkat lama pelayanan dan memperbanyak kapasitas jumlah pemberi pelayanan. Oleh karena itu, aspek yang dapat diprediksi dan lebih muda dimanipulasi adalah aspek pertama, yaitu kedatangan pasien.

Salah satu penyebab pasien datang dan mengantri lama adalah ketidaktahuan pada pukul berapa ia bisa memperoleh pelayanan di faskes. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah ketidakjelasan jam dokter. Walaupun bisa jadi jadwal dokter tertera secara jelas, manajemen yang kurang baik membuat ada pengalaman dokter molor lama.

Sebab berikutnya adalah tidak tahu akan memperoleh pelayanan jam berapa. Melalui antrian manual, pasien tidak bisa memperkirakan kapan ia akan memperoleh pelayanan dan ia tidak akan mau meninggalkan lokasi karena khawatir didahului orang lain. Tentu jika hanya satu pasien berpikir demikian tidak masalah, namun seringkali hampir semua pasien memikirkan hal yang sama.

Oleh karena itu, sebagai solusi, booking online faskes menjadi hal yang penting untuk diterapkan oleh faskes Anda. Dengan booking online faskes, pasien bisa mengerti jadwal dokter yang akurat, selain itu juga bisa memperkirakan ia akan memperoleh perawatan jam berapa. Saat dua hal ini terpenuhi, pasien tentu akan memilih berada di rumah dengan tenang dan berangkat saat mendekati waktu pelayanan hendak diberikan.

Salah satu modul dari aplikasi HIS Trustmedis adalah modul Antrian. Anda dapat mengelola antrian dengan lebih efisien dengan aplikasi dari Trustmedis, Anda dapat mencoba langsung secara mudah. Klik link ini untuk memasuki halaman demo!

Dapatkan juga promo spesial Ramadhan Trustmedis #Percaya (Percepat Pelayanan) dengan potongan harga 20% untuk langganan paket Pro dan Enterprise. Peroleh juga komisi 20% khusus untuk yang sudah berlangganan apabila berhasil ajak rekan sejawat gunakan Trustmedis. Khusus bulan Mei, tunggu apalagi!

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram