Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
18 January 2022
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

BPJS VClaim, PCare, dan Aplicares diresmikan oleh BPJS Kesehatan pada tahun 2014.

 

 

Menurut Cambridge Dictionary, Bridging digunakan untuk membuat dua hal berbeda menjadi kecil atau lebih sederhana lagi. Sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa Inggris, “Bridge” atau jembatan, Bridging dapat menghubungkan jaringan yang tidak berada di satu tempat. 

 

Bridging mempunyai banyak kegunaan, seperti:
  • Menjadi jembatan antar 2 (dua) jaringan meskipun berjauhan
  • Mengakomodasi beban jaringan 
  • Memecah satu jaringan besar menjadi dua jaringan lebih kecil 
  • Menaikkan performa jaringan

 

Kemudian, Network Bridge menyatukan dua jaringan yang terpisah, yang memungkinkan antara dua jaringan dan menyediakan cara untuk mereka bekerja menjadi satu jaringan.

 

Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab kepada Presiden, tujuannya adalah memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia dengan layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayarkan oleh Pemerintah.

 

BPJS resmi beroperasi pada tgl 1 Januari 2014 dan bergerak di bidang kesehatan.

 

Trustmedis, sebagai aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia, mendukung seluruh rumah sakit beserta klinik di Indonesia untuk terintegrasi dengan BPJS. Di era serba digital, teknologi mempunyai peran penting dalam mempermudah urusan seseorang. Tidak terkecuali urusan kesehatan. 

 

Trustmedis menjadi platform kesehatan di Indonesia satu-satunya yang dapat menghubungkan mitra Trustmedis dengan VClaim, PCare, dan Aplicare secara digital tanpa ribet.

 

  • VClaim 

Virtual Claim (VClaim), memudahkan seseorang dalam pembuatan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) dan pengajuan klaim dari rumah sakit. Fungsi lain dari VClaim adalah mengirimkan soft file tagihan pelayanan dari rumah sakit ke BPJS Kesehatan.

 

Kemudian, proses Klaim terasa menjadi mudah.

 

  • PCare 

Primary Care (PCare) mempermudah pendaftaran, terapi pengobatan, pelayanan laboratorium, dan penegakan diagnosa. PCare launching di tahun 2014 dan berbasis website dan aplikasi, dirancang agak terhubung dengan rumah sakit dan klinik yang menerima layanan BPJS Kesehatan di Indonesia.

 

  • Aplicares

Aplicares adalah wujud keterbukaan informasi tentang faskes baik tingkat 1 maupuna tingkat lanjut, sistem ini dapat diakses oleh publik dan dapat diakses melalui website maupun aplikasi. Aplicare ini juga sangat berguna untuk JKN-KIS BPJS Kesehatan.

 

Di Trustmedis, kami menyediakan Modul dan aplikasi untuk ketiga sistem BPJS ini tanpa ribet dan cepat.

 

  • Modul VClaim

Fitur VClaim dari HIS Trustmedis memberikan kemudahan dalam validasi data proses VClaim BPJS, dengan menggunakan modul VClaim dari HIS Trustmedis proses klaim BPJS lebih mudah dan cepat. Karena dengan satu kali klik, seluruh data BPJS tervalidasi.

 

Terdapat beberapa keuntungan menggunakan Modul BPJS VClaim dari Trustmedis, meliputi:

  • Menyetak SEP: Pihak faskes dapat dengan mudah melakukan penyetakkan SEP BPJS.
  • Laporan Penerbit Rujukan SEP: Tampilan ini memudahkan anda untuk mencetak laporan penerbit SEP BPJS dengan otomatis dari sistem.
  • Laporan Penerbitan SEP: Kemudian, tampilan ini memudahkan anda untuk membuat laporan penerbitan SEP di faskes yang dimiliki.

 

  • Modul PCare 

Trustmedis mengsupport integrasi antara tiap rumah sakit dan klinik dengan sistem BPJS P-Care. Anda dapat mengakses secara langsung data yang tersimpan di server BPJS. Terdapat beberapa fitur yang sesuai dengan keperluan, namun untuk mengakses fitur-fitur tersebut anda harus mempunyai ConsID yang dapat diperoleh di BPJS Kesehatan. 

Layanan HIS Trustmedis modul PCare sangat mudah dan gampang untuk di akses, fiturnya pun lengkap dan mudah dipahami.

 

Terdapat beberapa fitur-fitur yang ada di HIS Trustmedis BPJS PCare mengakses berbagai fiturnya seperti:

 

  • Modul Aplicares

Dengan menggunakan modul BPJS Aplicares dari Trustmedis, mitra dapat melihat fasilitas apa saja yang sedang tersedia di rumah sakit. Dengan satu kali klik, anda dapat melihat jumlah kamar dan bed operasional yang tersedia.

 

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, pelayanan kesehatan juga dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat. Perkembangan teknologi di bidang kesehatan ini ditujukan untuk mengurangi keluhan-keluhan yang dialami setiap hari oleh pengguna BPJS dan meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan.

 

Dengan menggunakan modul HIS Trustmedis yang terintegritasi dengan BPJS VClaim, PCare, dan Aplicare dalam satu sentuhan dari hape ataupun komputer, faskes Anda bisa dengan mudah mengakses HIS Trustmedis dan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan.

 

Khusus untuk Anda pembaca setia artikel Trustmedis, dapatkan diskon 50% beralangganan HIS Trustmedis di bulan JANUARI. Klaim diskonnya dengan klik tombol di bawah ini⏬⏬⏬

Klaim Diskon Sekarang

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Jika ingin tahu lebih dalam modul VClaim, PCare, dan Aplicares dari HIS Trustmedis atau ingin mencoba untuk demo, dapat klik form ini.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram