Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
20 January 2022
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

BPJS VCLAIM, Apa Itu?

Verifikasi Digital Klaim (VEDIKA) adalah generasi yang dibuat sebelum VClaim "lahir."

Seiring berkembang nya teknologi, dimana segala hal dapat dilakukan secara virtual dan digital, penggunaan teknologi sebenarnya telah mulai dilakukan untuk dunia kesehatan. Dimana hasil yang di dapat dijadikan sebagai indikator kepuasan pasien.

VEDIKA, generasi sebelum VClaim, dibentuk untuk mengurangi protes yang bermunculan tentang pembayaran rumah sakit INACBGS dan mengurangi klaim yang terhenti serta mengurangi beban operasional BPJS Kesehatan.

VEDIKA dapat dihubungi melalui telepon dan internet, memperbolehkan mereka mendapatkan pelayanan kesehatan dari tingkat satu hingga tingkat rujukan.

Penelitian yang dilakukan di rumah sakit di Sidoarjo, Jawa Timur, pada tahun 2019, mengungkapkan bahwa rumah sakit telah menyesuaikan dengan VEDIKA.

Tetapi, implementasi nya belum maksimal dalam meminimalisir pengembalian berkas. Sebenarnya, BPJS sudah menggunakan verifikasi digital klaim untuk fasilitas tingkat lanjut di tahun 2018.

 

Setelah itu, BPJS Kesehatan membuat terobosan baru yang disebut dengan BPJS VClaim.

Dibentuk untuk mempermudah urusan masyarakat Indonesia dalam mengklaim tagihan pelayanan dari rumah sakit ke BPJS Kesehatan. Dan, membuat proses Klaim menjadi mudah.

Ini dilakukan agar rumah sakit, yang bermitra dengan BPJS, memperoleh kepastian waktu pembayaran klaim dengan cepat dan akurat daripada manual. 

 

VClaim dapat digunakan jika seseorang berada di luar kota.

 

Pengguna BPJS Kesehatan tidak perlu bingung lagi dalam pengiriman jumlah tagihan pelayanan dari rumah sakit kepada BPJS Kesehatan karena dilakukan secara digital dan otomatis.

 

Fitur VClaim terdiri dari:

  • Pembuatan Surat Eligibilitas Peserta (SEP). 
  • Pengajuan klaim dari rumah sakit.
  • Mengirimkan tagihan pelayanan secara soft file.

 

Lalu apa bedanya VEDIKA dan VClaim?

VClaim adalah aplikasi yang digunakan oleh pihak Rumah Sakit dalam melakukan pembuatan SEP dan pengajuan klaim dari Rumah Sakit.

 

Sedangkan, VEDIKA adalah proses verifikasi klaim yang diajukan oleh FKRTL dengan menggunakan verifikasi digital yang dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang/Kabupaten/Kota.

 

Trustmedis, sebagai aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia, mendukung seluruh rumah sakit beserta klinik di Indonesia untuk terintegrasi dengan BPJS. Apabila Anda sedang mencari sistem informasi manajemen yang telah terintegrasi dengan BPJS, Trustmedis jawabannya.

Ajukan coba gratis aplikasi HIS Trustmedis untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana sistem Trustmedis terhubung dengan BPJS. Klik tombol di bawah ini dan jadwalkan coba gratis aplikasi dengan sales representative kami.

 

Kini mengurus VClaim tidak ribet, cepat, dan satu sentuhan dari hape ataupun komputer jika menggunakan modul VClaim dari HIS Trustmedis.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Baca juga: Klaim BPJS Tanpa Ribet dengan VClaim BPJS Trustmedis.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram