Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
9 August 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Cara Membangun Brand yang Kuat untuk Klinik Anda

Apa itu branding dalam perawatan kesehatan? Pencitraan brand layanan kesehatan pada dasarnya adalah proses membentuk bagaimana klinik Anda dipersepsikan oleh pesaing Anda, tim Anda, dan yang paling penting, pasien Anda. Membangun brand yang kuat memastikan klinik Anda dipandang dengan cara yang diinginkan, misalnya, sebagai pemimpin industri yang tepercaya dan berpengalaman. Mengapa klinik membutuhkan strategi dalam membangun brand? Saat ini, pasien lebih diberdayakan dengan lebih banyak pilihan. Membangung Brand untuk klinik Anda lebih penting dari sebelumnya. Semakin banyak penyedia layanan kesehatan yang telah mengadopsi pendekatan branding langsung ke konsumen menawarkan banyak pilihan dan solusi kepada pasien untuk kebutuhan perawatan kesehatan mereka.

Oleh karena itu, penting bagi klinik Anda untuk membedakan dari pesaing, untuk menonjol di persaingan yang semakin ramai. Lalu bagaimana cara membangun brand klinik yang kuat? Menumbuhkan brand yang kuat lebih dari sekadar tagline dan logo. Anda perlu mengetahui brand klinik Anda dan bagaimana Anda ingin hal itu dirasakan, membangun sistem yang kohesif dengan strategi dan pemosisian brand yang membangkitkan elemen dan perasaan yang ingin Anda kaitkan, dan yang terpenting, jalankan pesan yang konsisten di seluruh titik kontak brand Anda. Melansir dari laman Unotech, berikut adalah cara membangun brand yang kuat untuk klinik Anda. Lakukan hal ini, dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk membangun brand yang kuat untuk klinik Anda.

Baca juga : Rekam Medis Elektronik untuk Praktik Dokter Pribadi

Lakukan riset brand untuk mengetahui persepsi brand klinik Anda

Setiap praktik branding yang sukses didasarkan pada fakta. Sebelum membuat langkah apa pun untuk mengubah citra klinik Anda, lakukan riset brand yang mendalam untuk mengetahui pasar dan bagaimana persepsi klinik Anda. Lakukan audit terhadap pesaing utama brand Anda. Anda perlu memahami pasar Anda untuk menangkap peluang yang berarti untuk diferensiasi. Lakukan survei online dan wawancara mendalam dengan staf dan pasien Anda untuk mengetahui bagaimana persepsi dan pengalaman pemangku kepentingan terhadap klinik Anda, yang juga merupakan ukuran pasti kinerja brand Anda. Ingatlah untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang dianggap pasien Anda sebagai keunggulan dan keunikan Anda. Ini bisa menjadi elemen kunci dari branding Anda yang membuat klinik Anda menonjol di antara para pesaing. Berdasarkan bukti yang dikumpulkan dalam penelitian brand, ubah citra klinik Anda dengan cara yang lebih sesuai. Ini jauh lebih baik daripada berjuang untuk mempertahankan brand yang tampaknya tidak cocok untuk Anda.

Identifikasi faktor-faktor yang membuat klinik Anda menonjol

Setelah penelitian menyeluruh, mundur selangkah dan analisis klinik Anda untuk mengidentifikasi apa yang membuat klinik Anda menonjol dari yang lain. Anda mungkin memiliki beberapa sorotan solid yang dikumpulkan dari pasien Anda. Selain itu, mulailah dengan alasan mengapa klinik Anda ada sejak awal. Ingatlah demografi pasien Anda. Anda harus selalu mengidentifikasi pasien yang akan Anda layani dan mengetahui pasien Anda saat ini maupun yang potensial. Faktor pembeda Anda harus selalu menarik mereka, memenuhi dan bahkan melebihi harapan mereka terlebih dahulu. Cari elemen yang membuat klinik Anda benar-benar unik di bidang dan industri ini. Apakah Anda sebuah klinik khusus yang berfokus pada peningkatan kesehatan total untuk semua pasien Anda? Apakah Anda melampaui norma dalam mendiagnosis dan merawat kondisi pasien Anda?
Setelah Anda menunjukkan dengan tepat aspek dan faktor unik dari klinik Anda, jalin elemen-elemen tersebut ke dalam presentasi brand Anda. Salah satu contoh sukses adalah Mayo Clinic yang telah membangun brand layanan yang kuat dan merek perawatan kesehatan terkemuka di AS. Ini dengan jelas mengidentifikasi faktor-faktor yang membuatnya menonjol seperti yang ditunjukkan di halaman beranda situs webnya. Sementara faktor-faktor tersebut dengan jelas menunjukkan merek sebagai penyedia layanan yang kuat, faktor-faktor tersebut juga didasarkan pada fakta.

Tentukan bagaimana Anda ingin dianggap

Ingat, brand klinik Anda adalah janji bagi pasien Anda saat ini dan calon pasien – janji yang berbeda dari pesaing Anda. Dengan mempertimbangkan keunikan klinik Anda, tetapkan strategi dan posisi brand Anda untuk menentukan janji Anda. Kerangka strategi brand dan pemosisian harus mengkomunikasikan siapa brand Anda, mengapa brand itu ada, dan bagaimana brand tersebut berinteraksi dengan pasien. Tujuan penentuan posisi adalah untuk menentukan blok bangunan fundamental brand Anda, dan strateginya adalah proses memetakan jalur menuju kesuksesan. Yang penting untuk strategi dan pemosisian adalah membangun kompas brand di sekitar pesan inti brand Anda. Ini membutuhkan elemen yang menentukan seperti tujuan, visi, misi, dan nilai klinik Anda.
Misalnya, Mayo Clinic dengan jelas mengartikulasikan misi, visi, dan nilai-nilainya pada halaman “Tentang Mayo Clinic” di situs webnya. Sementara itu mendefinisikan dirinya sebagai pusat medis yang berfokus pada praktik klinis terpadu, pendidikan, dan penelitian, itu juga menekankan nilai "kebutuhan pasien adalah yang utama", memperkuat citra mereknya sebagai penyedia layanan medis yang kuat. Dengan pesan inti di kepala Anda, Anda dapat membuat kompas brand untuk menavigasi jalan di depan. Pastikan tim Anda juga sangat menyadari pesan inti brand Anda. Selain pesan inti, strategi dan pemosisian mengharuskan Anda untuk mengetahui elemen seperti kepribadian dan budaya brand Anda, pembeda utama, dan posisi pasar yang dapat dipertahankan untuk diintai.

Komunikasikan identitas brand Anda

Identitas brand Anda adalah apa yang banyak pasien bayangkan ketika mereka memikirkan klinik Anda, yang harus diinformasikan secara mendalam oleh penelitian dan strategi yang telah Anda lakukan. Penting bahwa identitas brand Anda mempresentasikan visi, misi, dan kepribadian brand Anda sambil membedakan klinik Anda dari pesaing. Hal pertama yang dilihat orang selalu memainkan peran penting dalam memicu perasaan mereka terhadap klinik Anda. Elemen visual, termasuk logo, palet warna, tipografi, dan ikonografi, dengan demikian mewujudkan identitas brand Anda sejak awal. Desain elemen visual Anda harus selalu terlihat profesional dan meningkatkan rasa percaya di antara pasien Anda.

Bangun brand klinik Anda secara konsisten

Strategi branding yang kuat bergantung pada bagaimana Anda membuat kehadiran offline dan online yang konsisten di semua situs web dan platform media sosial. Pesan dari jaminan pemasaran, situs web, akun media sosial, dan posting blog Anda semuanya harus selaras dengan brand Anda. Tidak hanya elemen visual yang harus mengikuti pesan, tetapi bahasa dan nada juga harus konsisten, kuat, dan profesional. Secara keseluruhan, mereka menghadirkan klinik Anda sebagai ahli terpercaya di bidang yang dapat diandalkan oleh pasien. Sementara itu, jangan lupa untuk menggunakan platform media sosial untuk secara konsisten berinteraksi dengan pasien Anda saat ini dan calon pasien serta memproyeksikan klinik Anda sebagai pemimpin industri. Ketika Anda membangun kesadaran brand Anda secara konsisten, berhati-hatilah saat berhadapan dengan tren. Jangan biarkan brand klinik Anda menjadi budak tren. Klinik Anda dapat berpartisipasi dalam tren, tetapi hanya jika itu menambah nilai untuk membangun kesadaran brand yang berarti atau merupakan bagian dari nilai brand Anda.

Baca juga : Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar

Trustmedis juga berupaya membantu fasilitas kesehatan untuk dapat diketahui lebih banyak pasien yakni melalui website fasilitas kesehatan yang resmi.  Medisite adalah layanan website khusus untuk fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan dapat memulai branding dengan menyajikan galeri foto, jadwal dokter, layanan telekonsultasi maupun booking online di websitenya. Dapatkan secara WEBITE GRATIS untuk fasilitas kesehatan anda dengan mengajukan  di link berikut www.medisite.id/demo atau hubungi 0811 34 1212[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram