Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
16 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Bagi seorang dokter praktik, menentukan harga atau tarif pasien memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memberikan harga dan pelayanan terbaik. Sebab, bila salah melakukan perhitungan tersebut akan berdampak pada kepercayaan masyarakat dalam hal ini pasien yang akan memeriksakan diri ke klinik Anda. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda memperhatikan cara menyusun strategi harga dan tarif praktik dokter berikut ini.

Terapkan Strategi Harga Per Tindakan

Strategi harga praktik dokter yang biasa digunakan adalah dengan tarif per tindakan. Sederhananya, biaya per tindakan ini dihitung berdasarkan biaya tetap + biaya variabel + biaya overhead. Kemudian, Anda bisa menentukan harga marginnya yakni harga atau tarif tindakan dengan biaya pokok tindakan.

Keunggulan dari strategi harga per tindakan ini adalah pihak pengelola lebih mudah ketika menentukan berapa harga minimum yang harus dibayarkan pasien. Bila Anda ingin memberikan potongan harga dari tarif per tindakan, pastikan hitung dnegan cermat mengenai manajemen risikonya. Bila semakin tepat Anda menghitung biayanya dengan matang, maka semakin kecil pula risiko dan strategi harga yang akan diterapkan.

Selain itu, untuk menentukan harga per tindakan ini penting juga bagi Anda menghitung beberapa variabel biaya yang berpangaruh apada penentuan harga seperti:

  • Biaya penyusutan alat
  • Sewa tempat
  • Tenaga kerja dalam sebuah klinik
  • Bahan baku dalam melakukan penanganan
  • Biaya obat-obatan

Membandingkan Harga Praktik Dokter di Klinik Lain

Cara ini memang terbilang sangat konvensional. Meski begitu, cara ini cukup efektif dalam strategi penentuan harga praktik dokter. Anda bisa menggali informasi berapa tarif yang berlaku untuk setiap tindakan yang dilakukan dokter di klinik satu dengan klinik lainnya. Dari situ nantinya Anda akan mendapatkan gambaran tentang harga maupun tarif yang umum berlaku.

Anda pun bisa menjadikan harga tersebut sebagai acuan. Sebaiknya, dalam menentukan tarif dalam tindakan yang diambli tidak terlalu mahal atau melebihi tarif umum yang berlaku. Kemudian, Anda bisa memasang harga yang tepat namun dengan menambahkan pula layanan lain yang diberikan. Misalnya, gratis biaya konsultasi selama dua kali tatap muka dan sebagainya.

Atau Anda menawarkan pasien aplikasi maupun software khusus agar lebih mudah dalam berkomunikasi di mana saja dan kapan saja. Dengan cara seperti ini akan banyak mendapatkan respon positif dari masyarakat atau pasien.

Menghitung Simulasi dengan Menggunakan Aplikasi dan Fitur Terbaik

Cara menyusun strategi harga untuk praktik dokter berikutnya bisa Anda lakukan dengan melakukan simulasi per tindakan seperti di atas. Namun, kini seiring berkembangnya teknologi digital, terutama dalam dunia administrasi medis maka tidak ada salahnya bagi Anda menggunakan aplikasi atau software terbaik.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, sekiranya dapat meminimalisir kesalahan perhitungan penentuan harga nantinya. Namun, di sini perlu diingat ketika menggunakan aplikasi dan software tersebut, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu testimoni dari para pengguna sebelumnya. Bila banyak testimoni yang mengatakan aplikasi tersebut sangat membantu, ini sangat layak untuk Anda coba.

Berbicara strategi harga praktik dokter dan pengelolaan klinik, ada salah satu aplikasi dan software terbaik yang patut untuk Anda coba yakni Trustmedis. Dengan menggunakan platform ini Anda semakin mudah dalam menentukan strategi harga dengan memperhatikan keuangan dan sumber daya di klinik. Sebab, semuanya dapat dilakukan secara otomatis sehingga lebih aman, nyaman, dan efisien.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram