Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
3 August 2022
chanafi@trustmedis.co.id

Mengakses layanan kesehatan di masa sekarang cukuplah mudah karena ada layanan BPJS Kesehatan. Namun, untuk menggunakannya di layanan kesehatan tidaklah bisa secara langsung. Pasien haruslah mencetak laporan SEP terlebih dulu.

Cetak laporan SEP secara langsung dengan SIMRS Trustmedis bisa mempermudah pasien serta meningkatkan pelayanan di layanan kesehatan. Selain itu, antrian yang panjang pun tidak akan terjadi dan membuat suasana layanan kesehatan terasa sangat menyesakkan. Tapi, apa itu laporan SEP?

Apa Itu Laporan SEP ?

SEP (Surat Eligibilitas Peserta) adalah produk baru dari BPJS Kesehatan. Diluncurkannya SEP ini ialah untuk memperluas cakupan dan mempermudah peserta BPJS untuk memperoleh layanan kesehatan. Layanan kesehatan yang dimaksud ialah layanan kesehatan tingkat lanjutan, seperti rumah sakit misalnya.

Saat ini SEP dapat dilakukan secara mandiri atau disebut dengan self check-in oleh pasien yang merupakan peserta BPJS Kesehatan. Dibuatnya kebijakan cetak SEP mandiri ini ialah sebagai alternatif agar penumpukan antrian di loket BPJS Kesehatan Center layanan kesehatan tingkat lanjutan bisa berkurang.

Biasanya pasien BPJS Kesehatan haruslah membawa surat rujukan dari layanan kesehatan tingkat pertama untuk mendaftar di rumah sakit. Dengan surat rujukan tersebut, SEP bisa dicetak oleh rumah sakit dan dimiliki oleh pasien.

Namun, rumah sakit yang bisa mencetak SEP hanyalah rumah sakit yang sudah memiliki akses VCLAIM. VCLAIM adalah aplikasi langsung yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Selain dengan VCLAIM, rumah sakit juga bisa mencetak SEP dengan aplikasi SIMRS jika sudah memilikinya. Tapi aplikasi tersebut haruslah sudah bridging dengan Web Service VCLAIM.

Sebelum adanya bridging antara sistem rumah sakit dengan BPJS, pasien harus melalu empat tahap antrian :

  1. Pasien mengantri di BPJS Kesehatan untuk mencetak SEP
  2. Pasien mengantri pendaftaran rumah sakit untuk mendapatkan rekam medis
  3. Pasien mengantri di poliklinik untuk mendapatkan pelayanan kesehatan
  4. Kemudian, pasien mengantri di unit farmasi untuk mendapatkan obat

Dari proses, total waktu yang harus dihabiskan pasien hanya untuk mengantri adalah 8 jam. Tidak hanya itu, petugas pun harus melakukan double input ke sistem rumah sakit dan ke sistem BPJS. Namun, dengan adanya integrasi ini dapat memangkas waktu antri pasien dan beban tugas hingga 50%.

Sebelum membahas mengenai cetak SEP, penting bagi Anda mengetahui apa itu VCLAIM. VCLAIM BPJS Kesehatan merupakan aplikasi digital yang dapat digunakan oleh peserta BPJS Kesehatan untuk mendapat layanan di rumah sakit.

Selain peserta, rumah sakit juga dapat menggunakan VCLAIM. Caranya ialah seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya. VCLAIM dapat digunakan diberbagai macam perangkat, seperti smartphone, laptop, maupun komputer, asalkan ada akses internet yang mumpuni.

Baca Juga : Strategi Ampuh untuk Menjadi Faskes Pilihan Masyarakat

Blog CTA Image Asset

Inilah Alasan Mengapa Bisa Cetak Laporan SEP Secara Langsung dengan SIMRS Trustmedis!

Trustmedis adalah aplikasi layanan kesehatan berupa SIM (Sistem Informasi Manajemen) yang mampu menjadi solusi digital dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pasien. Baik itu layanan kesehatan berupa klinik, apotek, klinik kesehatan, laboratorium, hingga rumah sakit.

Dikarenakan untuk mencetak laporan SEP diperlukan bridging dengan Web Service VKLAIM. Berita bagus untuk Anda, karena SIMRS Trustmedis sudah ter integrasi dengan berbagai layanan BPJS, termasuk Web Service VKLAIM.

Sehingga pasien hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan BPJS kepada petugas pendaftaran. Kemudian petugas dapat langsung mencetak laporan SEP dari pasien terkait. Proses ini berjalan secara langsung dan satu waktu, tidak perlu lagi double input.

Trustmedis bahkan memberikan layanan update aplikasi gratis setiap adanya pembaruan dari pihak BPJS Kesehatan. Dengan layanan tersebut, Anda sebagai pemilik faskes tidak perlu menyiapkan tim IT khusus ketika menghadapi masalah yang mengharuskannya menyesuaikan aturan - aturan terbaru saat terjadi update VCLAIM BPJS Kesehatan.

Tunggu apa lagi? Segera gabung bersama Trustmedis dan dapatkan kemudahan manajemen serta pengelolaan layanan kesehatan!

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram