Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
25 June 2020
chanafi@trustmedis.co.id

Indonesia bisa jadi hotspot virus covid-19 disebabkan oleh buruknya penanganan kasus virus covid-19 sejak awal. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik peningkatan jumlah kasus virus covid-19 di Indonesia, dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia. Dilansir dari bbc.com (24/06/2020), dari 47.896 pasien, pasien yang telah sembuh sebanyak 19.241 orang, sedangkan pasien yang meninggal dunia sebanyak 2.535 orang.

Sejak 6 April 2020, penambahan kasus pasien positif di Indonesia mulai bertambah cepat yakni sekitar 200-300 orang per hari. Selanjutnya melaju lebih banyak lagi naik 300-400an kasus baru per hari. Pada bulan Juni ini, grafik bergerak fluktuatif antara 400-an kasus hingga lebih dari 1.000 kasus baru per hari.  Hingga kini, Indonesia masih tercatat menghasilkan lebih dari 1000 kasus penambahan pasien positif covid-19. Dampaknya, Indonesia kini menjadi negara dengan kasus covid-19 tertinggi di Asia Tenggara.

Seperti yang dilansir dari media luar negeri yaitu media dari Australia, Sydney Morning Herald (SMH), menilai Indonesia akan menjadi hostpot virus covid-19 dunia selanjutnya. Hal itu dikarenakan pemerintah masih belum berhasil melandaikan grafik jumlah kasus covid-19. Berbagai kebijakan dari pemerintah telah diterapkan, namun jumlah kasus covid-19 di Indonesia masih meningkat hingga tembus lebih dari 1000 pasien per harinya. Tenaga medis pun telah berguguran satu per satu saat menjalankan tugasnya.

Penerapan tatanan new normal yang dikeluarkan oleh pemerintah beberapa pekan terakhir, menimbulkan pertambahan kasus baru covid-19 meski telah dilakukan sejumlah protokol kesehatan. Disisi lain, faskes sedang mengalami kebingungan karena penurunan pendapatan yang signifikan. Hal itu disebabkan oleh kunjungan pasien dan masyarakat ke faskes turun secara drastis sejak adanya pandemi.

Tenaga Medis Harus Apa?

Saat masa pandemi, tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan covid-19. Mereka rela bekerja selama 8 jam secara terus menerus tanpa makan dan minum, karena apabila melepas Alat Pelindung Diri (APD) dapat berpotensi  tertular virus.

Telah banyak pahlawan medis yang berguguran dalam penanganan wabah covid-19 ini. Beberapa hari terakhir, media asing mengklaim Indonesia diprediksi akan menjadi hotspot covid-19 dunia selanjutnya sebab penanganan covid-19 yang buruk.  Lalu, tenaga medis harus apa?

Mentaati Kewajiban Prosedur Sesuai Standar

Sesuai dengan kewajiban prosedur,penanganan pasien yang terkonfirmasi positif virus covid-19, para tenaga medis diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD). Alat pelindung diri (APD) terdiri dari hazmat suit, pelindung mata (face shield), masker N95 atau ekuivalen, sepatu boot, sarung tangan bedah karet steril dan sekali pakai, penutup kepala serta apron.

Hindari Physician Burnout

Dalam studi di Amerika Serikat, ada peningkatan dokter yang mengalami physician burnout dari 74% di tahun 2016 menjadi 77.8% di tahun 2018. Di masa covid-19 ini, diprediksi peningkatan physician burnout akan semakin besar. Lalu, apa yang menyebabkan physician burnout? Penyebab dari physician burnout salah satunya adalah sistem manajemen faskes yang merepotkan. Namun, jangan khawatir! Kini telah ada software faskes “Trustmedis” yang dapat memberikan kemudahan layanan administrasi, sehingga dokter tidak perlu ribet lagi dan dapat fokus melayani pasien.

Beralih Layanan Konsultasi Secara Online

Kemenkes RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor Hk.02.01/Menkes/303/2020 tentang “Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)”. Surat Edaran tersebut bertujuan sebagai acuan dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Diharapkan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat menekan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Telemedis merupakan produk baru dari Trustmedis, sebuah layanan konsultasi dokter dan resep secara online. Telemedis mendukung upaya Kemenkes RI melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19. Aplikasi ini diberikan secara gratis untuk seluruh faskes di Indonesia. Cek staging-wp.trustmedis.com/telemedis untuk mengetahui informasi selengkapnya!

Yuk mari kita bantu tenaga medis menuntaskan wabah covid-19 ini dengan saling bekerja sama melandaikan grafik kasus covid-19 ini sampai sukses! Kembangkan pelayanan faskes Anda menjadi lebih baik dengan berintegrasi staging-wp.trustmedis.com/demo untuk request demo secara gratis.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram