Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
29 April 2020
Baskoro Aris Sansoko

Ketika akan mendirikan praktek dokter tentunya membutuhkan ijin praktek. Namun tidak hanya itu saja, terdapat hal-hal lainnya yang perlu diketahui. Hal-hal tersebut seperti istilah bisnis yang berkaitan dengan layanan praktek. Sangat penting untuk mengetahui istilah-istilah bisnis yang berkaitan dengan layanan praktek. Berikut ini istilah-istilah bisnis praktek dokter tersebut.

Beberapa Istilah yang Perlu Anda Ketahui

Accountable Care Organizations (ACO)

Istilah ini merujuk kepada organisasi perawatan yang menjaring dokter, rumah sakit dan tenaga kesehatan lainnya dengan pasien untuk melakukan mitra dalam keputusan perawatan.

Praktisi Keluarga

Istilah ini adalah sebutan untuk dokter medis yang telah menyelesaikan residen praktek keluarga serta telah memiliki sertifikasi atau memenuhi syarat. Lingkup praktek dari praktisi keluarga ini yaitu anak-anak dan juga orang dewasa.

Jadwal Biaya Dokter Medicare

Jadwal biaya dokter medicare ini digunakan untuk menentukan tarif layanan dalam praktek audiologi.

Network

Dalam dunia kesehatan, diperlukan jaringan antar dokter dengan sesama dokter maupun dengan penyedia asuransi kesehatan hingga rumah sakit. Hal ini untuk membantu dalam proses pemenuhan fasilitas praktek yang dibutuhkan dalam layanan perawatan kesehatan.

Praktisi Non-Dokter

Praktisi non-dokter ini berada di bawah pengawasan seorang dokter dalam layanan praktek. Praktisi non-dokter ini untuk membantu dalam layanan praktek medicare. Praktisi ini dapat memberikan diagnostic audiologis dan memberikan rujukan tertulis untuk pasien.

Praktisi Perawat

Selain praktisi non-dokter juga terdapat praktisi perawat. Praktisi perawat merupakan perawat praktik yang telah menyelesaikan pendidikan keperawatan. Praktisi perawat ini dibutuhkan untuk membantu layanan praktek dokter dalam menyediakan pengobatan yang sesuai serta menyiapkan resep obat untuk pasien.

Penyedia Perawatan Primer

Penyedia perawatan primer merupakan layanan perawatan kesehatan untuk kondisi yang tidak darurat. Penyedia perawatan primer ini menyediakan layanan untuk pencegahan penyakit, mengidentifikasi serta mengobati kondisi umum serta membuat rujukan yang sesuai untuk layanan khusus seperti audiologi.

Beberapa Istilah Bisnis Praktek Dokter Lainnya

Studi Kelayakan

Studi kelayakan merupakan sebuah proses yang terkontrol untuk mengembangkan analisis, menentukan manfaat, menentukan biaya, kelayakan proyek serta mengevaluasi hasil dari layanan praktek.

Akuntabilitas dan Asuransi Kesehatan

Hal ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam sistem perawatan kesehatan. Selain itu untuk memastikan cakupan asuransi kesehatan dan juga untuk menjaga keamanan informasi kesehatan.

Analisis Kesenjangan

Analisis ini mengacu pada teknik untuk mengidentifikasi langkah dalam memajukan layanan praktek. Analisis ini meliputi analisis kebutuhan dan penilaian kebutuhan. Untuk membuka layanan praktek audiologi dengan analisis ini, seorang dokter perlu memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh dokter tersebut yaitu tingkat layanan dan langkah tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan.

Superbill

Superbill merupakan formulir standar yang digunakan untuk melakukan klaim atas layanan kesehatan. Superbill dapat mendokumentasikan layanan, biaya, kode hingga informasi lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi. Dengan adanya superbill, klaim yang dilakukan dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Telemedicine

Telemedicine merupakan layanan teknologi telekomunikasi yang memberikan layanan professional dari jarak jauh. Layanan ini memudahkan dokter untuk terhubung dengan pasien maupun dengan sesama dokter untuk melakukan penilaian, intervensi maupun konsultasi.

Itulah beberapa istilah-istilah yang perlu diketahui saat akan membuka praktek dokter. Istilah-istilah tersebut wajib diketahui karena berkaitan dengan layanan kesehatan atas praktek yang dibuka. Dengan mengetahui berbagai istilah tersebut maka layanan kesehatan yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan standar.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram