Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
3 April 2020
Baskoro Aris Sansoko

Semakin bertambahnya angka pasien positif virus corona di Indonesia tentu menimbulkan kekhawatiran, apalagi Indonesia merupakan negara padat penduduk sehingga penularan virus pun pasti akan lebih cepat. Namun, sebenarnya ada beberapa langkah preventif yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menekan kurva pertumbuhan virus corona. Berikut beberapa hal yang telah dilakukan oleh negara-negara lain yang terbukti dapat menekan kurva pertumbuhan virus corona.

Melakukan Tes Massal

Salah satu kunci untuk menekan kurva pertumbuhan virus corona adalah dengan cara melakukan tes secara masal. Hal ini sudah diberlakukan oleh Korea Selatan, yang menyediakan fasilitas drive-thru untuk melakukan tes kepada 20 ribu warga Korea setiap harinya. Hasilnya, dalam kurun waktu dua hari saja, suspect corona di Korea Selatan melonjak tajam hingga lebih dari 8000 orang. Artinya, virus corona tidak serta-merta ditularkan ke banyak orang dalam dua hari tersebut, tetapi banyak orang  telah menjadi ‘carrier’ dari virus ini dan mungkin tidak sadar jika mereka positif corona karena tidak menunjukkan gejala apapun.

Isolasi Suspect Positif Corona

Sebagian besar orang-orang yang positif corona mengaku tidak menunjukkan gejala apapun karena mereka dalam kondisi sehat dan memiliki imun yang kuat. Namun, mereka adalah ‘carrier’ dan bisa menularkan virus tersebut ke orang lain. Oleh karena itu, selain melakukan tes massal, Korea Selatan langsung mengisolasi pasien dengan suspect positif corona. Hal ini terbukti mampu menekan kurva pertumbuhan virus corona, karena orang tersebut tidak akan melakukan kontak dengan orang lain sehingga tidak akan menularkan ke orang sehat lainnya, dan angka pertumbuhan virus pun akan berkurang dengan sendirinya.

Pembangunan Rumah Sakit Khusus Corona

Cara lain yang dapat menekan kurva pertumbuhan virus corona adalah dengan membangun rumah sakit khusus corona yang berada jauh dari pemukiman. Cina adalah negara pertama yang mendirikan dua rumah sakit khusus dalam kurun waktu 10 hari saja yang dikhususkan untuk pasien corona dengan gejala yang serius dan memiliki komplikasi penyakit lain. Pemerintah Cina bahkan juga mengalihfungsikan fasilitas umum seperti stadion maupun gedung pertemuan di berbagai kota sebagai rumah sakit darurat yang dikhususkan untuk pasien corona dengan gejala yang ringan. Terbukti, dalam kurun waktu yang singkat, angka pertumbuhan virus corona di Cina menurun drastis.

Bilik Desinfektan

Cara lain yang inovatif untuk menekan kurva pertumbuhan virus corona adalah membuat bilik desinfektan, yang pertama kali dicetuskan oleh Vietnam. Negara ini merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara dengan kasus virus corona sebanyak 16 pasien dan telah berhasil sembuh pada awal Maret. Selain melakukan isolasi bagi warganya, pemerintah Vietnam telah menciptakan beberapa bilik desinfektan yang diletakkan di berbagai daerah dengan kasus infeksi virus corona. Bilik ini mampu membersihkan hingga 90% bakteri dan virus di seluruh tubuh secara gratis, dan mampu membersihkan hingga 1000 orang per hari.

Transparansi Pemerintah

Peran pemerintah sangatlah penting dalam menginformasikan segala sesuatu kepada masyarakatnya. Sebut saja pemerintah Singapura yang sangat sigap dan transparan dalam menyampaikan segala macam informasi terkait virus corona. Pemerintah Singapura melalui menteri kesehatan senantiasa mengupdate informasi tentang corona kepada masyarakat. Begitu pula dengan Korea Selatan dan Cina yang memberikan update melalui media sosial maupun SMS kepada setiap warga tentang jumlah pasien suspect positif, pasien sembuh, serta hal-hal lain yang perlu diketahui oleh warganya.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas, terbukti kurva pertumbuhan virus corona dapat ditekan, sehingga virus corona pun tidak semakin menyebar dan dapat berkurang dari hari ke hari. Semoga Indonesia turut menerapkannya sehingga angka pertumbuhan virus corona di negara ini pun akan berkurang dan pandemic ini segera berakhir.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram