Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
30 November 2020
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Di era digital dan juga era revolusi industri 4.0, Fasilitas Kesehatan (faskes) dituntut untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan secara prima kepada pasien. Kendala yang masih sering dialami sebagian besar faskes terlebih rumah sakit di Indonesia adalah panjangnya waktu tunggu pasien untuk mendapatkan layanan Kesehatan. 

Mengutip laman Kompascom, Survei yang dilalukan The Malay Mail (2017) menunjukkan statistik yang mengejutkan tentang persepsi masyarakat Malaysia, utamanya terkait masa tunggu di rumah sakit. Alasan utama 26 persen responden meninggalkan perawatan medis di rumah sakit yaitu proses pelayanan yang terlalu lama.  

Hasil survei tersebut memperlihatkan rata-rata waktu tunggu untuk menemui dokter di rumah sakit dalam 12 bulan terakhir, setidaknya memerlukan waktu hingga empat jam. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan kerugian tersendiri bagi rumah sakit. Paien akan beralih ke faskes lain, dan juga kredibilitas rumah sakit Anda akan menurun.

Untuk itu, layanan digital sudah saatnya diterapkan di setiap rumah sakit guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada pasien agar lebih efisien. Salah satu layanan digital yang dapat mendukung pelayanan Kesehatan adalah Sistem Informasi Manajemen (SIM) rumah sakit. Dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Kesehatan, rumah sakit menjamin setiap pasien mendapatkan layanan medis yang cepat dan juga efisien.

Setiap rumah sakit pasti memiliki pelayan dokter dengan sepesialis tersendiri. Setiap dokter spesialis pun memiliki jadwal praktek yang berbeda-beda. Bahkan terkadang Ketika dokter yang berhalangan hadir harus digantikan oleh kolega dokter yang lain. Satu lagi masalah yang sering terjadi adalah manajemen ruangan atau unit kerja yang digunakan oleh dokter tersebut.

Berdasarkan fakta diatas, manajemen jadwal dokter dan juga ruang praktek bukanlah hal yang mudah. Pemanfaatan SIM rumah sakit dinilai dapat membantu penjadwalan dokter dan juga memangkas sejumlah tahapan yang selama ini diperlukan rumah sakit untuk beroperasi melayani pasien. 

Salah satu SIM kesehatan yang membantu mempermudah pengelolaan jadwal dokter adalah SIM Trustmedis. SIM Trustmedis sebagai aplikasi fasilitas kesehatan on-line nomor satu di Indonesia, memiliki fitur untuk mengelola jadwal dokter dengan cepat. Fitur kelola jadwal dokter ini terdapat pada Modul Admisi yang ada pada SIM Trustmedis. Dengan Fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengelola jadwal layanan dokter untuk semua kategori pasien, termasuk kuota pasien beserta estimasi waktu pelayanan tiap pasien yang akan dilayani.

Selain pengelolan jadwal dokter, Modul Admisi Trustmedis juga memiliki kelebihan lain, seperti: 

  • Pencarian pasien dengan nomor rekam medis, nama, alamat, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor kartu BPJS, nomor KTP/NIK, nomor rujukan BPJS, nomor SEP BPJS serta validasi kepesertaan BPJS
  • Fitur yang lain ialah booking dokter online dan eKIOSK (Pendaftaran Mandiri Poli).
  • Pendaftaran Rawat Jalan, Rawat Darurat, Rawat Inap, Bedah (OK dan VK), MCU (Medical Check Up), Laboratorium, Radiologi, Hemodialisa, Patalogi Anatomi.
  • Cetak ID card, Stiker, Status Antrian, FJK, Blanko, Kartu Bed dan cetak semua laporan pendaftaran pasien.

Modul Trustmedis juga memiliki fitur-fitur yang dapat membuat pekerjaan administrasi rumah sakit anda lebih cepat dan efisien, diantaranya: 

 

 

Baca Juga : Atur Antrian Pasien Otomatis dari SIMRS

 

 

  • Antrian

Dengan menggunakan SIM Trustmedis, antrian setiap pasien akan lebih cepat dan otomatis. Semua pasien dapat dengan mudah melakukan pendaftaran serta melakukan monitoring antrian semua pasien, baik pasien umum, BPJS, perusahaan, asuransi dll.

Pada saat rumah sakit Anda menerima pendaftaran pasien, proses verifikasi pendaftaran pun harus dilakukan dengat cermat dan akurat. Trustmedis akan membantu Anda memudahkan dan mempercepat proses tersebut.

  • Booking Online, eKiosk, dan Jadwal Dokter

Dalam rangka mempermudah pasien dalam melakukan pendaftaran, Trustmedis menyediakan pendaftaran mandiri pasien, melalui online booking. Selain itu pasien juga bisa melakukan pendaftaran melalui eKiosk (Pendaftaran Mandiri Poli) yang bisa anda sediakan di tempat-tempat yang dibutuhkan. Selain itu, pasien juga bisa melihat jadwal dokter yang sedang tersedia sesuai dengan keluhan dari pasien

  • Cetak kartu pasien, blanko, status, gelang, stiker dan kartu bed 

Semua pasien yang mendaftar, bisa dengan cepat dilayani dan segera di cetak berkas kebutuhannya, sehingga mempermudah pekerjaan Anda karena semua dikerjakan dengan otomastis.

Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan SIMRS teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Coba Trustmedis sekarang, Gratis. Klik dibawah  atau hubungi Call Center di 0811 34 1212.

Baca juga : Modul Inventory, Cara Mudah Untuk Memonitor Stok Barang Faskes Anda[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram