Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
18 May 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Ketahui Jenis Perizinan Tenaga Bidang Kesehatan

Sebagai seseorang yang berprofesi memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, selain harus memiliki ilmu di bidang kesehatan sesuai fungsi profesinya. Tenaga kesehatan juga wajib dalam memiliki surat izin salah satunya ialah STR. 

STR merupakan Surat Tanda Registrasi sebagai bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi. STR ini dapat dimiliki jika tenaga kesehatan telah memiliki ijazah dan juga sertifikat uji kompetensi setelah dinyatakan lulus ujian program pendidikan dan uji kompetensi. Surat ini memiliki masa berlaku hingga lima tahun dan dapat diperpanjang setelah lima tahun. nah, sebagai profesi yang berurusan dengan nyawa seseorang maka para tenaga medis ini perlu yang surat izin. Dengan tujuan, segala pelayanan yang diberikan bersifat legal, sesuai prosedur, dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain STR terdapat SIP dokter dan beberapa jenis surat ijin lainnya bagi pelayanan medik dasar. 

Surat Izin Praktik Apoteker atau Surat Izin Kerja Apoteker

Saat sedang mengalami kondisi tubuh yang kurang baik, Apotek menjadi pilihan tercepat untuk membeli jenis obat untuk menangani kondisi yang anda alami. Tidak hanya obat, anda dapat membeli segala kebutuhan vitamin atau suplemen, tes tensi darah. Nah, karena masih erat kaitannya dengan medis. Seseorang yang menjabat sebagai apoteker wajib memiliki SIPA yakni Surat Izin Praktik Apoteker. Surat ini berfungsi untuk bekerja dalam menjalankan pekerjaan kefarmasian. 

Jika seorang apoteker sebagai tenaga medis tidak memilikinya dalam menjalankan pelayanan kesehatan, dapat dipidana denda paling banyak 100 juta.

Surat izin praktik perawat

Perawat merupakan profesi tenaga kesehatan yang erat dalam memberikan asuhan kepada individu, kelompok, keluarga, dan masyarakat baik dalam kondisi sakit maupun dalam kondisi sehat. Seorang perawat wajib dalam menempuh pendidikan tinggi keperawatan untuk dapat menjalankan profesi dengan baik.

Tidak cukup sampai disitu saja, seorang perawat juga wajib memiliki surat ijin praktek agar dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal dan bertanggungjawab. Surat izin praktik perawat atau SIPP merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada perawat sebagai pemberian kewenangan dalam menjalankan praktik keperawatan. Sehingga profesi yang dijalankan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga : Atasi Masalah Keuangan di Faskes Anda Dengan Tips Berikut Ini

Surat izin praktik dokter umum atau dokter gigi

Kemudian profesi yang memiliki kedudukan terbilang sangat penting yakni dokter. Sebagai profesi yang menjalankan tugas pelayanan kesehatan secara langsung kepada pasien. Seorang dokter wajib memiliki SIP Dokter. Menurut Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setiap dokter dan juga dokter gigi wajib memiliki SIP (Surat Ijin Praktek) saat menjalankan praktik kedokterannya. SIP ini dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Daerah, dengan mempertimbangkan keseimbangan jumlah Dokter dan juga Dokter Gigi dengan kebutuhan pelayanan kesehatan.

Sebab, dokter yang secara langsung melakukan pemeriksaan serta diagnosa terhadap kondisi pasien. Selain itu, dokter juga bertugas dalam membuat resume medis untuk pasien yang dirawat. Sehingga Surat Izin Praktik ini sangatlah dibutuhkan, agar dokter dapat menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati dan memperoleh kepercayaan penuh dari pasien.

Surat Ijin Bidan

Selain SIP Dokter, seorang bidan yang menjalankan fungsi kebidanannya juga wajib memiliki surat izin. Profesi yang berhubungan dengan bayi dan ibu hamil ini untuk dapat menjalankan praktik wajib memiliki STRB atau Surat Tanda Registrasi Bidan dan juga memiliki SIPB atau Surat Izin Praktik Bidan. Kedua surat izin ini tidak dapat berdiri sendiri. pembedanya STRB dimiliki bidan yang memiliki sertifikat kompetensi sedangkan SIPB dimiliki bidan yang telah diberikan kewenangan dalam menjalankan praktik kebidanan.

Baca juga : Lakukan Hal Ini Agar Manajemen Klinik Anda Lebih Optimal

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap.Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram